Pernahkah Anda bertemu dengan orang yang Anda anggap sudah sukses dalam suatu forum bisnis tertentu tetapi bingung dengan bagaimana caranya berkenalan dengan mereka? Ya, Anda bingung bagaimana caranya mengenalkan diri Anda terutama, bingung harus berkata apa dan bagaimana.

Sangat disayangkan bukan klo moment yang langka di dalam forum bisnis ini, kita tidak menambah relasi? Saya punya sedikit tips untuk Anda bagaimana cara berkenalan yang berkarisma kepada client atau mitra bisnis Anda. Bingung terjadi biasanya akibat kurang persiapan.

Maka hari ini kita akan mempersiapkan diri jika suatu saat nanti Anda akan bertemu dengan mereka Anda sudah punya jawaban bagaimana dan apa yang harus Anda ucapkan atau katakan saat perkenalan. Jika pada 30 detik pertama saat perkenalan Anda bisa menarik simpati dari lawan bicara Anda. Peluang akan jauh lebih besar untuk Anda untuk bisa berkenalan dengan mereka lebih jauh.

Namun apabila pada saat 30 detik pertama Anda berkenalan biasa-biasa saja maka rasa ketertarikan mereka untuk mengenal Anda lebih jauh akan pupus begitu saja. Lalu apa yang harus saya lakukan agar saya bisa mengenalkan diri saya dengan 30 detik di awal dengan karismatik? Sederhana saja. Pertama yang perlu Anda lakukan adalah perkenalkan nama Anda.

Anda dapat memperkenalkan nama lengkap Anda, lalu nama sapaan akrab Anda. Sudah? Lalu juga ceritakan tentang latar belakang usaha atau bisnis Anda. Sudah? Ceritakan juga sedikit tentang prestasi terbaik Anda saat berbisnis. Bagaimana contohnya? Misalnya: “Perkenalkan nama saya Ferdian Rahmanto, teman disekitar saya memanggil saya dengan Ferdian. Saya seorang business owner dari Perusahaan X. Hari ini perusahaan saya sudah Go International untuk 5 negara. Senang bisa berkenalan dengan bapak Budi”

Di atas hanya contoh, untuk Anda sendiri bisa menyesuaikan. Intinya dalam penyampaian pun jangan terkesan malah sombong atau angkuh. Ekspresi muka, gesture, body language, dan seterusnya sangat mempengaruhi sekali. Jadilah pribadi yang santun, sopan, hangat, ramah, dan murah senyum saat berkenalan. Setidaknya dengan berbicara seperti di atas Anda telah mendapatkan 30 detik pertama yang membuat lawan bicara Anda berpikir.

Bahwa saat ini dia sedang berhadapan dengan orang yang berisi. Apa ini penting? Penting sekali. Karena rata-rata orang sukses jarang yang memiliki waktu luang untuk hal yang bertele-tele atau sekedar mendengarkan kata yang basa-basi. Semoga bisa bermanfaat. Apabila Anda punya cara yang lain mohon sampaikan di kotak komentar di bawah artikel ini. 🙂