Menyimpan file dokumen bagi Anda mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Seperti halnya untuk Anda yang sudah lama berjibaku dengan surat-surat penting, membuat daftar harga dan lain sebagainya, sampai membuat poin-poin presentasi, pastinya menggunakan Microsoft office.

Baik word, power poin, excel, pasti kita sudah sangat sering bersinggungan dengan itu semua. Ketika menyimpan file pun demikian. Ketika menggunakan word, maka Anda juga akan menyimpannya dalam bentuk dokumen word.

Sama halnya ketika Anda membuka file excel maka kebanyakan juga akan disimpan dalam bentuk excel. Tidak berbeda dengan power point, ketika membuka atau membuat file dengan power point, maka menyimpannya pun juga akan dengan format ppt.

Sebagian orang yang sudah terbiasa bersinggungan dengan office word, excel, dan power poin, mungkin juga tidak akan bingung ketika ingin menyimpan file dengan format yang lain, seperti ketika menyimpan dokumen word ke dalam bentuk pdf atau mengubah word ke pdf karena caranya juga tidak sulit.

Adapun cara merubah word ke pdf, biasanya Anda tinggal membuka file word yang ingin diubah, kemudian pilih menu File yang ada di pojok kiri halaman, pilih save As dan tinggal mengganti tipe penyimpanan dokumen tersebut ke dalam bentuk pdf.

Cara ini tentunya juga sudah mulai diperkenalkan ketika masa-masa sekolah menengah pertama, atau malah di tataran sekolah dasar yang sudah berbasis komputer.

Bagi para pemula, memang tidak bisa langsung memahami setiap poin yang ada pada fitur PDF dan juga Word atau Microsoft word. Butuh banyak latihan dan juga mencoba agar lihai dalam menggunakan setiap fiturnya.

Biasanya untuk para pengguna pemula, disediakan panduan untuk memakai Microsoft office dan PDF dengan mudah, termasuk di dalamnya ketika ingin mengedit sebuah file dokumen.

Biasanya yang banyak kebingungan adalah mengubah pdf ke word atau cara merubah pdf ke word. Jika sebaliknya mungkin sudah biasa, tapi ketika merubah pdf ke word, maka harus ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Bahkan jika Anda tidak mengerti, sampai ada beberapa aplikasi instan yang menyediakan fitur merubah pdf ke word bagi para pemula.

Perbedaan Format Pdf dengan Word

Sebenarnya baik pdf maupun word memiliki manfaat yang sama baiknya bagi para pengguna Microsoft office. Dimana PDF atau Portable Document Format merupakan sebuah jenis format dokumen yang dipakai untuk kepentingan pertukaran dokumen digital yang memang sengaja diciptakan oleh Adobe System pada kisaran 1993.

Memang pada awal dibuat, format dokumen ini biasa dipakai untuk pertukaran dokumen digital. Akan tetapi saat ini format PDF lebih sering digunakan sebagai bahan presentasi dalam dua dimensi yang bersumber dari citra, huruf, teks, dan juga grafik vector.

Tidak hanya pada hal tersebut, Adobe System Inc ini juga mulai mengembang biakkan salah satu jenis program yakni Acrobat 3-D.

Aplikasi ini ternyata merupakan salah satu bentuk kemampuan terbaru PDF untuk dapat membaca sebuah dokumen dengan tiga dimensi.

Saat ini pula, PDF sudah menjadi standar ISO yang keren dengan kode 32000-1:2008 terhitung sejak periode Juli 2008. Pada penerapan di lapangan, format PDF ini ternyata juga sering dipakai oleh para admin di bagian administrasi perkantoran.

Alasan menggunakan format ini tentunya karena dianggap lebih mudah. Selain itu, fitur yang ada di dalam PDF ini juga memudahkan para pengguna dalam melakukan kegiatan pengarsipan dokumen.

Dari beberapa sumber menyebutkan bahwa salah satu keunggulan yang dimiliki oleh PDF ini adalah mengamankan file atau lebih securable.

Hal ini karena tidak banyak orang yang lihai menggunakan fitur-fitur yang ada pada PDF ini. Alasan lain adalah karena pada format ini, Anda sekalian bisa mengompres file yang ukurannya sangat besar menjadi berukuran setengahnya saja.

Misalkan Anda ingin kompres file PDF yang berukuran 11 MB. Dengan menggunakan format PDF, Anda dapat mengompres file tersebut sampai berukuran 1,5 MB.

Lain lagi dengan fitur Microsoft Word yang merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengolah kata dalam sebuah dokumen.

Microsoft word memang lebih populer pada masa ini, Aplikasi yang juga merupakan pengembangan microsoft ini diketahui masuk dalam satu paket microsoft office.

Adapun isinya tidak hanya microsoft word, akan tetapi juga ada microsoft excel, microsoft office publisher, microsoft power point, microsoft office access dan lain sebagainya. Tentu dari sekian banyak paket tersebut, tidak semuanya digunakan oleh masyarakat.

Mayoritas yang paling sering digunakan adalah microsoft word dengan kedua kawannya yakni power point serta microsoft excel.

Jika dilihat dari sejarah berkembangnya, Microsoft word telah mendapati pengalaman yang banyak, telah berkembang dari tahun menuju tahun yang baru dan dengan penambahan fitur yang menarik.

Perkembangan tersebut dimulai pada saat microsoft word 1998, kemudian berkembang lagi menjadi microsoft word 2003, berkembang lagi dengan nama microsoft word 2007, berganti nama lagi menjadi microsoft word 2010 dan yang paling terbaru adalah microsoft word 2013.

Dari hasil perkembangan itu, microsoft juga telah menambah database dan tool agar microsoft word gampang dipakai. Tentu ini sebagai salah satu misi untuk menyempurnakan fitur yang ada.

Perkembangan yang semakin canggih akan membuat kerja para pengguna Microsoft word dapat lebih mudah dan cepat. Adapun kelebihan lain yang dimiliki oleh Microsoft word adalah pada fiturnya, dilengkapi dengan tool paling dasar.

Ini tentu akan cocok untuk desktop publishing. Dari versi awal sampai versi terbaru, yang membedakan adalah pada fasilitas yang ditambahkan. Fasilitas pada Microsoft 2013 jauh lebih lengkap ketimbang fasilitas yang dimiliki oleh Microsoft 2007 atau juga 2010.

Selain itu, misalkan pada menu insert yang disediakan ketika membuka halaman dokumen Microsoft word. Di dalam menu insert ada banyak fitur menarik yang juga berwarna.

Ada fitur untuk menambahkan gambar, clipart, simbol-simbol, bagan, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menambahkan table sebagaimana di excel dengan beberapa kekhasan yang ada di Microsoft word.

Dalam menu insert juga terdapat fitur smartart, yang berisi banyak template grafis di dalamnya dan dapat dengan mudah digunakan.

Menu baru yang pada Microsoft 2003 tidak disediakan kemudian menjadi ada adalah menu reference. Pada menu ini Anda sebagai seorang akademisi akan sangat dipermudah karena pada menu ini.

Jika Anda ingin membuat daftar pustaka atau juga footnote, maka tinggal menggunakan salah satu fitur yang ada pada menu reference ini. Seperti insert footnote, insert endnote, dan lain sebagainya.

Keunggulan lain yang dimiliki microsoft keluaran terbaru adalah loading yang tidak lama sebagaimana versi sebelumnya. Kemudian untuk ukuran file sendiri juga bisa lebih kecil.

Adapun untuk gaya penulisan nampak lebih banyak dari yang sebelum-sebelumnya. Pengaturan page atau naskah juga dirasa lebih gampang.

Itupun juga kalau sudah terbiasa menggunakannya. Manfaat lainnya adalah pada Microsoft terbaru, ia akan mampu membaca keseluruhan file yang ada di masing-masing versi office yang telah ada.

Hal yang paling membahagiakan bagi para blogger adalah versi terbaru Microsoft ini juga dapat mengunggah atau mengepos tulisan yang ada langsung ke blog Anda. Tipe penyimpanan yang disediakan juga sudah sangat beragam.

Mengenal Aplikasi Edit Online dan Offline

Era ini kita memang telah dimudahkan dengan berbagai jenis aplikasi untuk mengedit berbagai bentuk dokumen, termasuk di dalamnya yang menggunakan format pdf dan atau menggunakan format word documen.

Untuk yang memakai format Microsoft office, ada beberapa aplikasi pendukung untuk mengedit dokumen dengan cepat dan mudah baik online maupun offline. Adapun beberapa aplikasi tersebut antara lain:

1. Microsoft Office Online

Sudah sangat lama aplikasi ini menjadi pegangan bagi para pengguna smartphone, utamanya para pengguna IPhone. Selain untuk mengolah dokumen bentuk word, dan excel, lewat aplikasi ini pengguna juga bisa membuat presentasi dengan power point.

Jika Anda ingin mengambil file dari google drive juga bisa dengan sangat mudah ketika menggunakan aplikasi Microsoft office online ini. Namun sebagaiamana namanya, beberapa fitur hanya dapat digunakan ketika Anda terhubung dengan internet.

Pada layanan Microsoft office online ini juga dilengkapi dengan fitur mengedit dan merubah format file. Jadi misalkan jika Anda berkeinginan mengubah pdf ke word tinggal membuka Microsoft office.

Pilih langsung menu file kemudian Open. Di sub menu itu Anda harus memilih file mana yang ingin Anda ubah. Setelah dipilih, setujui saja pertanyaannya atau klik OK.

Dengan begitu file akan mulai dirubah dari pdf menjadi word, tinggal menunggu saja dan jika sudah selesai, pilih menu File kembali dan save hasil perubahan Anda.

2. Google Drive

Google drive merupakan salah satu bentuk layanan yang memiliki banyak fungsi dan kegunaan. Layanan yang diberikan oleh Google ini memberi kemudahan kepada para masyarakat yang memiliki banyak tuntutan untuk bisa mengakses data di segala tempat dan di segala keadaan.

Maka kehadiran layanan penyimpanan data yang juga dapat digunakan untuk mengedit tentunya menjadi hal yang urgen. Adapun fungsi dari google drive ini ada beberapa, yakni sebagai salah satu tempat menyimpan data.

Dengan menyimpan data di google drive, Anda dapat mengakses dokumen tersebut kapanpun, asalkan Anda dalam keadaan online. Kapastitas yang diberikan layanan ini adalah sekitar 15 Gb, jadi Anda bebas ingin menyimpan apapun pada layanan ini.

Kemudian untuk fungsi yang kedua adalah google drive dapat digunakan untuk membuat dan mengedit dokumen. Jika Anda dalam keadaan terdesak dan harus segera membuat dokumen kerja atau lembar-lembar yang lain, Anda dapat melakukannya dengan cepat lewat bantuan layanan ini.

Selain fungsi-fungsi tersebut, ternyata google drive juga memiliki banyak manfaat yang bisa langsung dirasakan. Dengan menggunakan google drive, Anda dapat mengirim file dengan ukuran yang besar, mengirim foto atau bahkan video kepada orang-orang yang dikehendaki dengan lebih mudah.

Akses data yang dapat dilakukan dimanapun juga merupakan keunggulan yang dimiliki oleh google drive selain juga dapat menyimpan file dengan berbagai format.

3. WPS Office

WPS adalah salah satu aplikasi untuk membaca, mengedit, dan juga menyimpan ulang dokumen-dokumen dalam berbagai format. Aplikasi ini adalah asli dari produk developer Cina dan sudah diunduh oleh puluhan juta pengguna.

Pada awal dirilis, aplikasi ini bukan dengan istilah WPS, akan tetapi bernama Kingsoft office. Maka jika para pengguna belum mengupgrade aplikasi Kingsoft, versi terbaru setelah diupgrade akan secara otomatis berubah nama menjadi WPS.

Di dalam aplikasi ini, Anda tidak hanya akan menemukan dokumen word, akan tetapi WPS juga bisa menyimpan dokumen dalam bentuk excel, pdf, word, dan juga txt.

Keunggulan dari aplikasi ini selain untuk mengedit dokumen juga dapat digunakan sebagai sarana presentasi. Jika Anda ingin menyalin dan menempel materi lain atau gambar juga bisa.

Jadi kelebihan WPS ini bisa dilihat dari sarana copy paste yang diberikan kepada para penggunanya. Selain itu jika Anda ingin mencari dokumen sebelumnya, atau dengan istilah lain melacak dokumen yang telah diedit, maka WPS memberi kemudahan untuk melakukannya.

Nah, dengan manfaat yang dimilikinya, WPS ini ternyata juga tidak memiliki size yang besar. Jika ingin mengunduhnya tinggal membuka Google Play Store dan download saja.

Ukuran aplikasi ini cukup sedikit yakni 50 MB. Meski begitu, tidak lantas membuat laju aplikasi ini lambat. Justru salah satu yang membuat aplikasi ini disukai adalah size-nya yang kecil akan tetapi sangat cepat ketika digunakan untuk mengedit.

4. Polaris Office

Mengedepankan kemudahan pengguna, aplikasi Polaris office ini tidak mengharuskan Anda memiliki koneksi internet untuk menggunakannya. Karena basis dari Polaris sendiri adalah offline app.

Sebagaimana aplikasi yang lain, di dalam Polaris office juga memiliki banyak macam fitur yang semakin memanjakan penggunanya.

Seperti ada fitur untuk presentasi, ada Adobe PDF jika ingin membuka atau menggunakan format PDF, kemudian ada juga fitur spreadsheet.

Selain itu kemudahan dari aplikasi ini, Anda dapat menyimpan file dokumen di kartu memori dan otomatis akan di back up semua data-data atau dokumen yang Anda simpan di dalam smartphone.

Aplikasi Edit Khusus PDF

Di bawah ini akan ditampilkan beberapa aplikasi online dan offline yang juga sama-sama dapat digunakan untuk mengedit file PDF dalam berbagai macam jenis.

Bisa dari yang awalnya adalah pdf kemudian diubah ke dalam format lain, atau juga sebaliknya. Jika Anda adalah seorang pemula, berikut juga akan dijabarkan bagaimana cara merubah atau mengedit file-file dokumen dengan format yang berbeda.

Adapun beberapa aplikasi yang bisa Anda sekalian coba sebagai salah satu cara edit pdf adalah sebagai berikut:

1. Adobe Acrobat Pro DC

Aplikasi ini ada dan memang disediakan untuk Anda yang memiliki kebiasaan convert file. Salah satu cara convert pdf ke word paling mudah adalah dengan aplikasi ini. Langkahnya pun terbilang cukup mudah.

Yakni dengan membuka aplikasi ini di PC Anda sekalian, kemudian buka saja file dokumen yang ingin Anda convert. Jika sudah begitu, pilih menu tools, kemudian export file PDF.

Ada banyak pilihan yang bisa Anda ambil. Jika memang ingin convert pdf ke word, maka pilih saja Microsoft word kemudian pilih lagi ingin word document atau word 97-2003.

Selain mengedit file pdf menjadi word dan beberapa format yang lain, Adobe Acrobat Pro juga dapat digunakan untuk memproteksi file yang diformat PDF.

Biasanya orang-orang memang sering lindungi pdf dengan menggunakan password pada file pdf-nya. Ini bertujuan agar file tersebut tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab atau juga melindungi dari plagiasi dan copy paste.

Saat ini, ada beberapa aplikasi yang mampu membantu Anda memberikan perlindungan dengan password pdf tersebut. Salah satu aplikasinya yakni menggunakan Adobe ini.

Adapun langkah untuk membuat password pdf dengan menggunakan layanan ini adalah dengan memilih menu tools kemudian pilih protection. Di dalam protection terdapat sub menu more protection, klik saja.

Kemudian pilih security properties. Di dalamnya Anda pilih pada security method pilihan password security. Baru setelah itu centang pilihan require a password to open the document untuk mengisikan kata sandi yang Anda inginkan.

2. UniPDF

UniPDF adalah salah satu layanan gratis yang dapat digunakan untuk merubah pdf ke word. Ukuran aplikasi ini tidaklah besar, hanya sekitar 3,6 Mb dan dapat dijalankan di berbagai jenis windows.

Anda bisa menggunakannya pada windows 7, windows 8, bahkan 10. Adapun cara merubah pdf ke word dengan layanan gratis ini juga bisa dibilang tidak ribet. Yang jelas Anda harus mengunduh terlebih dulu layanan ini pada PC.

Jika sudah diinstall, maka hal selanjutnya yang dilakukan adalah ke menu setting dan memastikan bahwa format yang dipilih adalah word.

Untuk langkah selanjutnya tambahkan file yang ingin Anda ubah pdf ke word dan jika nama file termasuk jumlah halaman sudah bisa tertera, pilih word karena akan diubah menjadi word dan pilih convert.

Nah, sangat mudah bukan? Jika semua langkah sudah selesai dan Anda ingin melihat hasilnya, tinggal klik Open output file path dan pilih OK.

3. Pdfjoiner

Salah satu hal yang ingin diketahui oleh banyak kalangan terkait dengan edit pdf adalah menggabungkan file pdf menjadi satu kesatuan yang utuh.

Menggabungkan pdf tentu masih menjadi kebingungan bagi Anda yang belum pernah mempelajari terkait bagaimana file pdf bisa digabungkan atau dipisahkan.

Layanan aplikasi yang hadir untuk mempermudah cara menggabungkan file pdf adalah dengan Pdfjoiner. Langkah-langkahnya yaitu Anda tinggal memastikan untuk online saja untuk lebih cepat.

Pilih maksimal 20 file pdf yang ingin digabungkan. Jika semua file sudah terunggah, seret saja untuk memastika susunan yang sesuai keinginan Anda. Terakhir, klik tombol gabungkan file untuk menyatukan kesemua file pdf tersebut.

4. Smallpdf

Small PDF ini dapat Anda gunakan untuk mengedit dokumen. Pada halaman awal aplikasi ini akan langsung nampak bahwa Small PDF memang dibuat sebagai salah satu cara mengubah pdf ke excel.

Adapun caranya sangat mudah, jika menginginkan versi onlinenya, maka pastikan Anda terhubung dengan internet, kemudian buka alamat smallpdf.com. di halaman depan Anda akan langsung dapat mulai untuk mengonversi file pdf ke dalam bentuk excel.

Caranya yakni dengan mengambil file yang ingin diubah, baik yang berasal dari Dropbox, dari Google Drive, atau dari penyimpanan desktop Anda. jika sudah diupload, maka sistem akan langsung mengonversinya. Tunggu beberapa saat sampai proses pengubahan file selesai.

Jika sudah begitu, maka file yang sudah diubah ke bentuk excel dapat Anda unduh kembali. Small pdf ini memang memudahkan cara mengubah pdf ke excel tanpa ribet dan yang pasti gratis alias tidak akan dipungut biaya.

Namun jika Anda ingin menggunakan versi offlinenya, maka tinggal mengunduh aplikasi small pdf pada desktop Anda. Jadi tidak perlu koneksi internet lagi jika sudah menggunakan small pdf versi offline.

Mengingat kesibukan setiap orang berbeda-beda, maka versi offline ini akan cocok untuk digunakan di banyak waktu tanpa harus menunggu online

Sebenarnya selain untuk mengedit file pdf ke bentuk excel, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengubah jpg ke pdf. Jadi jika Anda memiliki file atau dokumen dengan format jpg kemudian bingung ingin menjadikannya pdf, Anda tinggal menggunakan smallpdf ini agar lebih mudah.

Caranya yaitu dengan bantuan koneksi internet, Anda buka terlebih dahulu laman resmi smallpdf.com/id/jpg-ke-pdf. Nah jika sudah tinggal memasukkan atau include saja file yang ingin di ubah.

Jika file sudah dimasukkan secara sempurna, maka pilih ‘buat pdf anda sekarang’ untuk kemudian file Anda menuju proses convert. Sangat mudah bukan untuk mengubah jpg ke pdf. Jika proses telah selesai, tinggal download hasilnya.

Jika Anda ingin mengedit file pdf dengan merubah formatnya ke dalam bentuk ppt atau sebaliknya, smallpdf ini juga bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa dipakai untuk mengubah file dengan format ppt ke pdf.

Langkahnya juga hampir sama dengan yang lain, yakni mengunggah file ke laman online dan menunggu proses konversi dari ppt ke pdf. Jika ingin memisahkan file pdf juga bisa dengan salah satu fitur di layaan ini.

Cara memisahkan pdf yakni setelah mengunggah file, pilih halaman yang ingin dipisah dan dijadikan halaman baru. Setelah itu tinggal menunggu sampai proses selesai baru bisa didownload.

Hal lain yang juga bisa dilakukan ole layanan ini adalah membantu Anda membuat tanda tangan PDF. Cara yang cepat yakni membuka smallpdf pada bagian tanda tangan pdf. Kemudian unggah file yang ingin dibubuhi tanda tangan.

Gunakan touch pad atau mouse untuk membuat tanda tangan Anda.

5. Pdf Compressor

Sesuai dengan namanya, layanan ini dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran pdf atau memperkecil ukuran pdf Anda. anda bisa menikmati layanan ini secara online maupun offline.

Jika offline, berarti sebagaimana aplikasi lainnya, Anda harus terlebih dulu mengunduh aplikasinya di desktop, baru kemudian dapat digunakan.

Kompres pdf atau file dengan fomat lain ini memang terkadang digunakan oleh masyarakat yang harus mengirim file ke suatu pihak dengan minimal ukuran yang ditentukan.

Biasanya maksimal file yang bisa dikirim hanya berkisar 1 Mb, tidak lebih. Maka cara kompres file pdf berguna untuk mengurangi size atau ukuran file yang terlalu besar.

Adapun cara mengecilkan ukuran file pdf dengan PDF Copressor ini secara online adalah dengan membuka laman resmi aplikasi di pdfcompressor.com.

Upload file pdf yang ingin kecilkan ukurannya. Tunggu sampai proses kompres file pdf selesai. biasanya jika sudah selesai akan muncul pilihan download.

Maka unduh saja karena itu adalah file hasil yang sudah dikecilkan ukurannya. Untuk mengecilkan file, tentunya tidak secara 100%. Biasanya hanya sampai 85% tapi tergantung besarnya ukuran file yang akan dikompres.

Tips Edit Pdf dari Smartphone dan Dekstop

Dari kesekian aplikasi yang telah dijabarkan di atas, kiranya sudah bisa dijadikan sarana belajar untuk para pemula bagaimana cara mengedit pdf yang mudah.

Sebenarnya baik edit pdf lewat smartphone maupun desktop hasilnya akan sama saja. Tergantung tingkat keseringan dan kebiasaan para pengguna dalam mengoperasikan layanan-layanan yang telah tersedia.

Baiknya memang untuk para pemula menggunakan layanan online agar proses menjadi lebih mudah dan cepat, sembari terus belajar dengan mengunduh layanan-layanan offline yang bisa digunakan untuk proses editing.

Untuk pemula disarankan menggunakan aplikasi-aplikasi yang memiliki fitur-fitur mudah dan simple. Jika sudah mahir, boleh kemudian mencoba-coba layanan yang lebih rumit pengerjaannya, untuk mendapatkan hasil yang sesuai keinginan.