Seiring dengan pertumbungan website e-commerce yang semakin melejit dari tahun ke tahun. Nampaknya kedepan bisnis dengan menggunakan website e-commerce akan lebih menjanjikan karena market(pasar) yang besar di Dunia Maya tidak dibatasi oleh jarak letak geografis.

Artinya seller (penjual) memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan buyer (pembeli) potensial dari berbagai negara di dunia. Namun karena banyaknya edukasi dari berbagai element baik pemerintah, swasta, dll tentang cara aman membeli/bertrasaksi online pada website e-commerce yang salah satunya dengan memilih website e-commerce yang menggunakan SSL (Secure Socket Layer) pada website/server mereka.

Sehingga data-data dari buyer akan lebih aman ketika bertransaksi di dunia maya karena jaringannya dienskripsi. Pada pihak website tentunya penggunaan SSL SSL (Secure Socket Layer) pada website/server mereka akan meningkatkan cost(biaya) tersendiri setiap tahunnya.

Adapun kisaran dari biaya SSL berbayar antara Rp. 150.000,- hingga Rp. 4.500.000,- belum termasuk PPN. Adapun perbedaan dari masing-masing SSL tergantung dari jaminan garansi, verifikasi data, dan support yang diberikan masing-masing penyedia Sertifikat SSL. Oleh karena itu pada artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara gratis menggunakan SSL berbayar.

Walaupun gratis, namun ada syarat dan ketentuan lain yang berlaku yang mungkin Anda akan sedikit mengeluarkan biaya sendiri. Jadi memang tidak benar-benar gratis karena ada hal lain. Misalnya apabila hosting Anda tidak mendukung SNI (Server Name Identification)maka Anda perlu menyewa dedicated IP. Adapun biaya per bulan kisaran Rp. 70.000,- hingga Rp. 150.000,- belum termasuk PPN.

Berita baiknya, bagi Anda yang memiliki server hosting atau peyedia hosting Anda memiliki fitur SNI maka Anda tidak perlu lagi menyewa Dedicated IP tambahan. Baik, saya akan memberikan langkah-langkahnya kepada Anda untuk mendapatkan SSL Berbayar dengan Gratis.

1. Daftar Cloudflare

Daftar di cloudflare via hepyorum.com

Daftar di cloudflare via hepyorum.com

Pada tahap awal yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar di website www.cloudflare.com. Hanya butuh satu hingga tiga menit untuk proses pendaftaran. Selanjutnya, jika proses pendaftaran sudah selesai Anda lakukan. Cek Email yang Anda daftarkan lalu klik link konfirmasinya.

Anda akan menggunakan cloudflare sebagai proxy web Anda nantinya. Setelah itu daftarkan website Anda di Cloudflare. Biarkan Cloudflare memeriksa konfigurasi DNS domain Anda. Mari kita tinggalkan dahulu si cloudflare hingga tahap ini.

2. Generate SSL Pada Cpanel

Membuat SSL Self-signed pada Cpanel via ivhosting.com

Membuat SSL Self-signed pada Cpanel via ivhosting.com

Sebelum step pada pembuatan SSL dengan self-signed pada Cpanel, pastikan terlebih dahulu pada layanan hosting Anda sudah memiliki dedicated IP atau mendukung SNI (Server Name Identification). Jika tidak mendukung keduanya maka bisa dipastikan akan muncul halaman eror pada saat mengakses website Anda.

Pada proses pembuatan SSL dengan self-signed ini Anda tidak perlu membeli SSL dengan tandatangan otoritas terpercaya seperti yang saya sampaikan sebelumnya. Lalu apakah halaman website saya akan muncul halaman konfirmasi SSL tidak dipercaya oleh browser nantinya? Jawabannya iya. JIKA Anda tidak menggunakan proxy dari Cloudflare. Jika sudah pembuatan SSL-nya. Mari kita lanjutkan ke tahap berikutnya di konfigurasi CloudFlare.

3. Konfigurasi Cloudflare untuk SSL

Konfigurasi Cloudflare Agar Mengaktifkan Fitur SSL

Konfigurasi Cloudflare Agar Mengaktifkan Fitur SSL

Sekarang saatnya untuk Anda mengkonfigurasikan Cloduflare agar berjalan pada mode SSL. Di sini karena Anda menggunakan SSL sendiri atau istilah lainnya self-signed SSL maka Anda tidak bisa menggunakan fitur Full SSL (Strict). Cukup bagi Anda mengkonfigurasikan pada Full SSL saja. Apakah ada perbedaan yang mencolok di sisi client? Sama sekali tidak ada.

Hanya saja ketika client mengecek informasi tentang pemilik dari SSL maka yang muncul. Informasi kepemilikan SSLnya berasal dari CloudFlare bukan website (domain validated) Anda. Jangan lupa juga, ubah pada DNS manager domain Anda untuk menggunakan DNS dari CloudFlare di akhir konfigurasi pada CloudFlare. Jika semua step sudah Anda lakukan. Selamat! Website Anda sudah berjalan menggunakan SSL gratis tanpa perlu membayar SSL berbayar. Semoga bermanfaat. 🙂