Pernah ngalamin mau install aplikasi di Android tetapi gagal terus lantaran internal storage yang penuh? Kali ini saya akan memberikan tips sederhana dan bermanfaat tentang cara hemat internal storage Android tanpa menggunakan aplikasi apapun.

Untuk menghemat internal storage ada beberapa hal yang perlu dikonfigurasi ulang pada tempat penyimpanan beberapa aplikasi agar menyimpan file mereka pada SD Card. Sebagai contoh, apabila Anda ingin menghemat internal storage Anda dapat melakukan setting pada camera.

Caranya yaitu dengan membuka aplikasi camera. Lalu pilih setting dan pada storage atau penyimpanan. Jika awalnya disimpan pada device. Anda dapat memindahkan settingannya menjadi Memory card. Memang hal ini sederhana sekali untuk dilakukan. Tetapi percayalah, mungkin ketika dahulu pertama kali beli smartphone Android.

Masih banyak space atau ruang kosong pada internal storage Android sehingga semua terlihat tidak ada masalah. Tetapi seiring berjalannya waktu dan file penyimpanan semakin dipenuhi foto dan video. Akhirnya pada saat Anda ingin melakukan instalasi aplikasi baru pada Android, sistem Android menolaknya karena internal storage penuh.

Atau bisa juga ketika Anda ingin update aplikasi Android Anda. Sistem Android menolaknya karena hal yang sama. Oh ya, tips sederhana lainnya, yaitu install-lah aplikasi-aplikasi Android sesuai dengan kebutuhan Anda sehari-hari. Jika ada aplikasi yang jarang Anda pakai atau tidak Anda benar-benar butuhkan. Anda bisa menghapus aplikasi tersebut untuk menghemat internal storage pada Android Anda.