Jika Anda terbiasa mengembangkan situs di server langsung, itulah yang akan terasa seperti beralih ke lingkungan pengembangan lokal seperti XAMPP. Pengembangan sangat cepat dan keandalan yang luar biasa.

Anda tidak akan pernah bisa kembali ke cara lama. Ini adalah ide yang bagus jika Anda menginginkan situs pengembangan yang dapat digunakan untuk pengujian atau tujuan lain.

XAMPP memungkinkan Anda menjalankan situs web dari komputer Anda sendiri. Dan setelah Anda menyiapkannya, Anda dapat menjalankan penginstallan WordPress baru hanya dengan beberapa klik.

Saya akan menunjukkan kepada Anda cara menginstall XAMPP di PC Windows Anda dan menjalankan situs WordPress (termasuk Multisite) hanya dalam beberapa menit.

Saya juga akan membahas beberapa masalah umum yang mungkin Anda temui dan cara mengatasinya.

Apa itu XAMPP?

Singkatnya, XAMPP adalah server lokal yang dapat Anda install di laptop atau desktop PC Anda untuk meniru server web yang sebenarnya.

Ini sepenuhnya gratis, distribusi server Apache open source dengan MariaDB (sebelumnya MySQL), PHP, dan Perl. XAMPP tersedia untuk semua sistem operasi utama, dan sangat mudah untuk diinstall dan digunakan.

Ini menjelaskan mengapa ini adalah lingkungan pengembangan PHP yang paling populer. Inilah arti huruf dalam XAMPP:

  • X – cross-platform (X), karena mendukung banyak sistem operasi
  • A – Server HTTP Apache
  • M – MariaDB (sebelumnya MySQL)
  • P – PHP
  • P – PERL

Terlepas dari komponen inti yang disebutkan di atas, XAMPP biasanya dilengkapi dengan tools yang berguna lainnya seperti server email Mercury, phpMyAdmin untuk administrasi database, Webalizer untuk analisis log server web, OpenSSL, Apache Tomcat untuk menjalankan kode Java, dan server FTP FileZilla.

Mengapa XAMPP?

Sebagai pengembang WordPress profesional, saya tidak bisa cukup menekankan betapa bermanfaatnya memiliki lingkungan pengembangan lokal. Ini memungkinkan saya mengatur pemasangan WordPress baru dalam sekejap.

Dan karena dihosting secara lokal di komputer saya, tidak ada penundaan dalam mengupload perubahan saya dan melihatnya aktif di browser. Dengan XAMPP terinstall di PC saya, saya dapat terus bekerja di situs saya meskipun saya berada di lokasi terpencil tanpa konektivitas.

Mengembangkan secara lokal juga jauh lebih aman, karena situs Anda sedang offline dan jauh dari mata para peretas.

Mengapa XAMPP untuk WordPress?

Seperti semua perangkat lunak, WordPress memiliki prasyarat tertentu untuk dijalankan. Persyaratan WordPress yang direkomendasikan saat ini adalah:

  • PHP versi 7.4 atau lebih tinggi.
  • MySQL versi 6.0 atau yang lebih baru ATAU MariaDB versi 10.1 atau yang lebih baru.
  • Dukungan HTTPS.
  • Apache ATAU server Nginx.

XAMPP memeriksa semua kotak yang tercantum di atas. Gratis, andal, mudah digunakan, dan berfungsi di semua platform utama. Anda tidak bisa salah dengan itu.

Mari Installl XAMPP di Windows

Langkah 1: Unduh XAMPP

Langkah pertama untuk menginstall WordPress secara lokal adalah mengunduh dan menginstall perangkat lunak XAMPP. Anda dapat mengunduh file penginstall Windows dari Apache Friends.

Baca juga: Tips Melindungi Android dari Virus dan Malware

Ini adalah file besar, sekitar 110 MB, jadi mungkin perlu waktu beberapa menit tergantung koneksi Anda. Mulailah dengan mengunduh XAMPP versi terbaru dari situs web Apache Friends. Versi terbaru XAMPP adalah 7.4.9/ PHP 7.4.10.

Cara Install XAMPP di Windows

Catatan: Jika Anda menggunakan Linux atau OSX, langkah-langkah penginstallannya hampir sama. Pastikan untuk mengunduh versi XAMPP yang sesuai untuk OS Anda.

Langkah 2: Installl XAMPP

Setelah diunduh, jalankan file installer XAMPP.

Cara Memperbaiki User Account Control Windows 10 untuk Aplikasi XAMPP

Anda mungkin mendapatkan peringatan UAC sebelum penginstallan. Klik OK dan lanjutkan saja melalui prompt itu juga. Setelah Anda menyelesaikan semua petunjuknya, Anda akan melihat layar penginstall standar:

Cara Menginstall Aplikasi XAMPP di Komputer Windows 10

Cukup klik Berikutnya untuk melanjutkan.

Di layar berikutnya, Anda dapat memilih komponen mana yang akan diinstall. Untuk menginstall XAMPP dan WordPress, Anda tidak membutuhkan semua komponen. Selain komponen yang diperlukan, yang Anda butuhkan hanyalah:

  • MySQL
  • PHPMyAdmin
  • File Zilla FTP Server

Komponen XAMPP yang diperlukan untuk instalasi WordPress

Sekali lagi, ini semua yang diperlukan untuk menginstall WordPress secara lokal. Hapus centang yang lainnya dan klik berikutnya.

Sekarang Anda dapat memilih folder mana untuk menginstall XAMPP. Saya selalu membiarkannya sebagai default:

Pilih lokasi folder XAMPP di Drive C di WIndows 10

Pilih bahasa dan klik berikutnya :

Pilih bahasa yang digunakan untuk aplikasi XAMPP

Di layar berikutnya, Anda akan mendapatkan prompt yang meminta Anda untuk menginstall Bitnami untuk XAMPP. Anda tidak memerlukan ini untuk menginstall XAMPP dan WordPress, jadi hapus centang pada kotak:

Cara install WordPRess menggunakan Bitnami for WordPress

Setelah Anda mengklik berikutnya , Anda siap untuk menjalankan penginstalan:

Cara install bitnami wordpress di Windows 10

Proses penginstalan mungkin memerlukan waktu beberapa menit:

Proses pemasangan bitnami for XAMPP di Windows 10

Anda mungkin akan melihat Peringatan Keamanan Windows di akhir penginstalan. Anda perlu memasukkan Apache HTTP Server ke daftar putih dari Windows Defender Firewall Anda dengan mengklik tombol Izinkan akses .

Baca juga: Tingkatkan Keamanan Gmail Anda Sekarang Juga

Pastikan untuk memeriksa opsi “Private networks, such as my home or work network” . Ini sangat penting. XAMPP tidak akan berfungsi jika Anda tidak mencentang ini dan klik Izinkan akses.

Selesaikan penyiapan dan jalankan XAMPP Control Panel .

Izinkan firewall untuk menjalankan aplikasi XAMPP

Setelah selesai, Anda dapat meluncurkan panel kontrol untuk mulai bekerja dengan XAMPP:

Halaman berhasil saat menginstall Bitnami

Catatan Instalasi 1: Nonaktifkan UAC di bawah Pengaturan Windows

Anda mungkin melihat peringatan Kontrol Akses Pengguna (UAC) oleh Windows. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Pastikan Anda tidak menginstal XAMPP di bawah Program Files direktori Anda.

Karena UAC dapat mengganggu izin penulisan XAMPP ke direktori ini. Direktori instalasi default adalah C:\XAMPP. Jadi, jika Anda tidak mengubahnya, Anda harus baik-baik saja.

Jika Anda ingin mempelajari cara menonaktifkan UAC (tidak disarankan kecuali benar-benar diperlukan), dukungan Microsoft Windows adalah tempat yang tepat untuk memulai.

Catatan Instalasi 2: Nonaktifkan Antivirus dan / atau Firewall Sementara

Beberapa program antivirus atau firewall dapat menyebabkan masalah dengan instalasi XAMPP Anda. Jika demikian, disarankan agar Anda menonaktifkannya sementara hingga XAMPP berhasil diinstal.

Baca halaman FAQ Windows XAMPP untuk lebih lanjut.

Langkah 3: Mulai Modul dan Uji Server Anda

Untuk menginstal XAMPP dan WordPress dengan benar, Anda harus menjalankan dua modul:

  • Apache
  • MySQL

Anda dapat memulai kedua modul dari panel kontrol XAMPP:

Cara mengaktifkan modul di aplikasi XAMPP

Setelah Anda meluncurkannya, Anda akan melihat statusnya berubah menjadi hijau:

Ciri modul XAMPP yang aktif yang berwarna hijau

Sekarang  Anda harus dapat menguji apakah server lokal Anda berfungsi dengan masuk ke http://localhost/ browser web pilihan Anda:

Tampilan saat localhost berhasil diakses

Jika semuanya berjalan dengan baik, Anda sekarang memiliki server XAMPP yang berfungsi di PC Windows Anda! Tapi sekarang saatnya menginstall XAMPP dan WordPress. Jadi, inilah cara mengaktifkan dan menjalankan situs WordPress di XAMPP.

Langkah 4: Tambahkan file WordPress

Jika Anda pernah menginstal WordPress secara manual, proses selanjutnya akan terasa familier. Pertama, Anda perlu membuka wordpress.org dan mengunduh WordPress versi terbaru.

Baca juga: Cara Mudah Instal Aplikasi Dropbox di Ubuntu 14.04.2 LTS

Kemudian, di Windows, navigasikan ke folder tempat Anda menginstal XAMPP. Bagi saya, itu C://xampp. Itu harus serupa untuk Anda. Kemudian, di folder tersebut, cari subfolder htdocs :

Setelah Anda membuat folder tersebut, ekstrak file .zip WordPress yang Anda unduh dari wordpress.org ke dalamnya:

Ekstrak file WordPress di direktori XAMPP

Langkah 5: Buat Database untuk WordPress

Selanjutnya, Anda perlu membuat database MySQL untuk instalasi WordPress Anda. Untuk melakukan itu, luncurkan PHPMyAdmin dari panel kontrol XAMPP Anda:

Aktifkan module MySQL di XAMPP

Kemudian klik Database di bagian atas:

Tampilan phpMyAdmin saat diakses melalui browser

Dan masukkan nama untuk database Anda dan klik Buat . Nama Anda bisa apa saja – ingat saja karena Anda akan membutuhkannya untuk langkah selanjutnya:

Cara membuat database baru menggunakan aplikasi phpmyadmin

Berbeda dengan menginstal WordPress di live web server, saat Anda menginstal XAMPP dan WordPress, Anda tidak perlu khawatir membuat database pengguna.

Langkah 6: Instal WordPress Secara lokal Melalui Penginstal Di Layar

Saat Anda mengunjungi situs pengujian Anda, Anda akan melihat penginstal WordPress biasa. Ingat, situs pengujian Anda hanya http://localhost/FOLDERNAME:

Proses instalasi WordPress di XAMPP

Satu-satunya langkah di mana proses ini akan berbeda dari penginstalan normal adalah detail database. Saat Anda masuk ke detail database, masukkan seperti ini:

  • Database Name = Nama database yang Anda buat di PHPMyAdmin
  • Nama pengguna = “root”
  • Password = biarkan kosong

cara menggunakan xampp di Windows 10

Kemudian selesaikan sisa proses penginstalan WordPress seperti biasa.

Setelah Anda menyelesaikan prosesnya, Anda akan melihat penginstalan WordPress baru Anda berjalan dengan sempurna di host lokal Anda:

cara menggunakan xampp di Windows 10

Selamat, Anda telah berhasil menginstal WordPress di server lokal Anda.

cara menjalankan xampp di Windows 10

5 1 vote
Bantu berikan rating untuk artikel Ini...