Semenjak migrasi dari web sharedhosting ke VPS, terkadang sebagian orang awam akan kebingungan dalam mengelola bahkan tidak harus melakukan apa. Di satu sisi kebanyakan ketika membeli VPS hanya diberikan akses ssh berupa  user dan password root saja. Bagi yan sudah berpengalaman dalam dunia linux hal tersebut bukan menjadi kendala, tapi bagi pengguna user yang tidak biasa menggunakannya akan sedikit kebingungan, ditambah lagi Anda tidak menggunakan layanan tambahan atau addon berupa CPanel. Karena harga lisensi yang bisa dibilang cukup mahal.

So tapi jangan khawatir Anda bisa melakukan apa yang Cpanel lakukan dengan Kloxo, dan Kloxo panel ini gratis. Anda tidak perlu mengeluarkan uang tambahan lagi. Cukup mumpuni untuk mengantikan Cpanel yang berbayar, yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan Kloxo Panel ini adalah pastikan VPS Anda sesuai dengan minimum kriteria yang diberikan Kloxo Panel pada website resminya di www.LXcenter.org yaitu minimum RAM adalah 256MB jika belum dengan standart minimum tersebut misalnya 128MB Anda tetap dapat bisa menggunakan Kloxo Panel ini namun VPS Anda akan terasa lebih berat. Saya sangat merekomendasikan sekali Anda sekarang untuk upgrade VPS anda menjadi 256MB, dan minimal ada free space 2GB untuk kloxo dan aplikasi pendukung lainnya.

Bagi yang sudah mencapai VPS dengan RAM 256MB atau lebih mungkin Anda tinggal mempersiapkan secangkir teh sebelum kita mengeksekusiny. ūüôā Untuk melakukan instalasi Anda hanya perlu butuh waktu kurang lebih berselang antara 5 – 7 menit saja, dan tergantung koneksi Anda tentunya. Oke biasanya setelah membeli VPS di suatu perusahaan hosting Anda mendapat email dari perusahaan tersebut yang berisikan tentang data-data VPS Anda. Gunakan dan koneksikan ke VPS Anda user dan password root melalui ssh.

Jika sudah login ke ssh Anda, maka yang Anda lakukan pastikan dulu Anda sudah login sebagai root, dengan mengeksekusi perintah ini :

su -l root

Disable SElinux jalankan perintah ini :

setenforce 0

Lanjutkan dengan mengeksekusi perintah :

sh ./kloxo-installer.sh --type=master

Tunggu proses instalasinya sampai usai, jika sudah Anda dapat mengakses Kloxo Panel dengan mengakses https://IPVPSAnda:7777 atau http://IPVPSAnda:7778. Anda bisa ‘membenahi’ server Anda sekarang dengan mudah. Jika ada di dalam tutorial ini kesalahan atau ada sesuatu yang kurang Anda pahami atau jika Anda ingin mencicipi kloxo-MR bisa membaca artikel berikut ini,¬† Anda dapat bertanya di komentar box di bawah artikel ini. ūüôā