Sebelum Anda lanjut membaca tulisan ini, ada baiknya Anda membaca terlebih dahulu tulisan saya yang sebelumnya yang berjudul Beberapa Hal Inilah yang Membuat Emas Cepat Kusam.
Tulisan ini dan tulisan sebelumnya memiliki korelasi.
Berbicara perawatan perhiasan emas sebenarnya tidak sulit dan relatif lebih mudah dilakukan sendiri.
Perhiasan Emas memang bisa jadi cepat kusam lantaran kegiatan aktivitas pemakainya yang terkadang “ceroboh” pada saat menggunakan emas di kegiatan-kegiatan tertentu (penjelasannya ada di link paragraf awal).
Oleh karena itu kali ini kita akan membahas solusinya, yaitu

Cara Membersihkan Perhiasan Emas

1. Gunakan Sabun Mandi, Sikat Gigi Bayi, dan Handuk yang Lembut

Membersihkan Perhiasan Emas bisa juga dengan Peralatan yang Sederhana

Membersihkan Perhiasan Emas bisa juga dengan Peralatan yang Sederhana


Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan perhiasan emas, yaitu dengan menggunakan sabun mandi cair, sikat gigi yang lembut (sikat gigi bayi), dan handuk yang lembut (bisa juga menggunakan jenis lap untuk membersihkan lensa).
Cara membersihkan perhiasan emas dengan metode ini, yaitu Anda taruh air di sebuah wadah, lalu diberi sedikit sabun cair untuk mandi ke dalam wadah. Kocok air yang sudah diberikan sabun tadi.
Masukan perhiasan emas ke dalam wadah tersebut. Rendam sebentar saja, hanya beberapa detik. Kisaran antara sepuluh hingga lima belas detik. Tidak perlu terlalu lama.
Jika bercak kotoran sulit dihilangkan, coba Anda bersihkan dengan menyikatnya menggunakan sikat gigi yang lembut. Bilas hingga bersih dengan air, lalu keringkan dengan handuk yang lembut.
Pastikan pada saat membilas perhiasan emas, cairan sabun sudah benar-benar bersih. Karena sisa-sisa dari cairan sabun yang tidak dibilas dengan bersih akan menimbulkan bercak-bercak pada perhiasan emas.
Kalau memang dirasa perhiasan emas tidak terlalu kotor, Anda dapat membersihkannya dengan cara menggosok-gosokan ke pakaian.

2. Cara Membersihkan Perhiasan Emas juga Bisa dengan Menggunakan Alat Ultrasonic Cleaner

Nama alat untuk membersihkan perhiasan emas dan perak, yaitu Mini Ultrasonic Cleaner

Nama alat untuk membersihkan perhiasan emas dan perak, yaitu Mini Ultrasonic Cleaner via sperdirect.com


Cara kedua, untuk membersihkan perhiasan emas dan perak bisa menggunakan alat yang bernama Ultrasonic Cleaner. Harganya berkisar antara Rp. 500.000,- hingga Rp. 1.200.000,- tergantung ukuran dan fitur dari alat tersebut. Cara penggunaan dari alat ini mirip dengan mesin cuci.
Anda cukup menaruh air di dalamnya, beri sabun pencuci, dan taruh perhiasan emas dan perak di wadah alat tersebut. Dan alat Ultrasonic Cleaner akan membersihkan perhiasan emas tadi selama beberapa menit. Selesai, tinggal Anda lap dan keringkan saja. Agar lebih mudah dipahami, berikut ini video gambaran proses pembersihan emas menggunakan alat Ultrasonic Cleaner:

3. Cara Membersihkan Perhiasan Emas Berikutnya dengan Menggunakan Layanan Jasa Toko Emas

Emas yang sudah berumur akan lebih sulit untuk dibersihkan dengan dua cara di atas

Emas yang sudah berumur akan lebih sulit untuk dibersihkan dengan dua cara di atas


Emas yang sudah berusia tua atau berumur terkadang tidak dapat dibersihkan dengan cara-cara di atas karena perhiasan emas tersebut sudah mulai pudar warnanya.
Sehingga Anda perlu membawanya ke toko emas atau toko perhiasan emas untuk dipoles secara profesional. Emas yang sudah dipoles akan terlihat seperti baru lagi.
Proses pemolesan akan sedikit mengikis permukaan emas. Perhiasan emas yang terkikis nilainya akan sedikit berkurang. Pada poin ketiga ini, Anda jangan sekali-kali mencoba melakukannya sendiri tanpa didampingi oleh orang yang profesional atau ahli.
Karena dari teknik pembersihan dan bahan kertas yang dipergunakan pada saat proses pemolesan itu menggunakan kertas khusus yang sengaja dibuat untuk memoles emas.
Apabila Anda salah dalam memilih bahan kertas yang dipergunakan untuk memoles, bisa jadi Anda malah merusak perhiasan emas yang ingin dibersihkan tadi.

Semoga beberapa hal di atas dapat membersihkan perhiasan emas Anda sehingga nampak bersih dan mengkilap lagi.
Mohon bantu sebarkan artikel ini di Facebook, Twitter, Google Plus, WhatsApp, dan Line jika Anda rasa artikel ini memiliki manfaat untuk teman-teman Anda.
Terimakasih ya! 🙂