Panduan Cara Membuat Daftar Isi Menggunakan Ms Word

Daftar isi adalah daftar bab yang selalu ada di awal sebuah buku dengan mencantumkan nomor halaman yang memberi petunjuk di mana halaman bab itu berada.

Pembuatan secara praktis daftar isi atau lebih dikenal dengan Table of Content (TOC) di Microsoft Word memungkinkan Anda akan lebih mudah dalam proses pembuatan daftar isi.

Microsoft Word juga memperbolehkan Anda untuk menggunakan pilihan pembuatan TOC tanpa menggunakan style atau gaya, menandai satu atau beberapa kata di isi teks, dan menambahkan informasi ke TOC.

TOC di Microsoft Word menggunakan fitur Lead-in Emphasis yang memungkinkan Anda membuat paragraf dengan bagian pertama paragraf memiliki format gaya tajuk dan muncul di TOC dengan paragraf yang lainnya berupa teks normal dan tidak muncul di TOC.

Lebih jelasnya pada artikel kali ini aka dibahas lebih lanjut mengenai cara membuat TOC di Microsoft Word. Silahkan simak langkah-langkah berikut ini :

  1. Langkah awal untuk membuat daftar isi adalah membuka program Microsoft Word.
  2. Buka dokumen Anda yang ingin disisipi TOC.
  3. Terapkan Heading Styles pada setiap judul teks yang ingin Anda masukkan ke dalam TOC. Caranya dengan memblok teks dan pada tab menu Home, pilih salah satu heading, misalnya heading 1.
  4. Klik paragraf kosong yang ingin Anda sisipkan TOC.
  5. Masukkan daftar isi dengan cara Klik tab menu Referensi à klik table of contents à insert table of contents àpilih opsi yang ingin Anda terapkan TOCà klik Ok ( Berlaku di Di Microsoft Office Word 2007 dan Word 2010 ).

*untuk Microsoft Office Word 2003 Klik tab menu Referensi -> Klik indeks dan tabel -> Klik tab daftar isi à klik tampilkan kerangka toolbar -> Pilih opsi yang ingin Anda terapkan TOC -> Klik Ok.

Itu di atas adalah langkah sederhana untuk memasukkan TOC secara otomatis dan mudah. Microsoft Word juga memungkinkan Anda untuk memformat dan atau mengkostumisasi TOC.

Seperti mengaktifkan hyperlinks, mengubah font, jumlah heading level, dan memilih titik-titik atau tanda lain di antara judul bab dan nomor halaman.

Lebih lengkapnya mengenai pemformatan TOC, berikut ini akan dibahas satu persatu :

1. Cara Mengaktifkan Hyperlinks di TOC dengan Satu Kali Klik

Hyperlinks akan memudahkan Anda untuk langsung menuju halaman yang ada di daftar isi dengan menahan tombol Ctrl dan klik.

Namun dengan cara ini Anda dapat langsung menuju halaman dari TOC yang diinginkan dengan satu kali klik, yaitu dengan Klik File -> Options -> klik Advanced ( di kotak dialog Word Options) -> batalkan centang di Use CTRL + Click to follow hyperlink ( di bawah Editing options).

2. Cara Mengubah Level Entry Judul dalam Daftar Isi

Langkah yang sangat mudah untuk mengubah level entry judul dalam daftar isi adalah dengan cara Klik judul yang ingin diubah -> Klik judul yang diinginkan di Style ( di Tab Home ) -> Klik Update table ( di Tab References ) -> Klik Update entire table àklik OK .

3. Cara Mengganti Daftar Isi

Cara mengganti daftar isi adalah dengan meng klik tab References -> References -> Table of Contents -> Custom Table of Contents -> di daftar Show levels ( pada kotak dialog Table of Contents ).

Pilih jumlah level yang diinginkan -> klik OK .Dengan mengganti daftar isi, maka jka Anda memilih jumlah level 2, maka daftar isi akan otomatis menampilkan gaya Heading 1 atau gaya Heading 2.

4. Cara Mengedit Informasi Field Code

Field sudah disisipkan secara otomatis oleh Word dengan menggunakan perintah tertentu. Field code untuk TOC akan otomatis dimaksukkan oleh Word saat membuat daftar isi.

Apabila Anda ingin mengubah field code yang telah Anda buat sebelumnya, cara mengedit informasi field code adalah dengan klik daftar isi -> tekan Alt + F9 -> Informasi field code akan muncul, yaitu Edit informasi field code.

Cara membuat daftar isi di microsoft word

-> Ubah angka dalam tanda petik, contoh hanya untuk menampilkan dua level, maka ubah “1-3” menjadi “1-2” -> Klik Tab References -> Update Table.

5. Cara Mengubah Format Text Daftar Isi

Cara mengubah format text daftar si adalah dengan klik tab References ->Table of Contents -> Custom Table of Contents -> klik Modify , pilih style yang diinginkan -> OK.

6. Cara Mengubah Layout Daftar Isi Anda

Cara mengubah layout daftar si adalah dengan klik tab References -> Table of Contents  -> Custom Table of Contents:

  • Tab leader : untuk menambahkan garis titik-titik di antara setiap judul dan nomor halaman atau menghilangkannya dan juga menggantinya dengan tanda lain.
  • Format : untuk mengubah tapilan dari daftar isi.
  • Shows Level : untuk mengubah dan memilih jumlah level yang diinginkan dan ditampilkan di daftar isi.

Demikian di atas adalah pembahasan tantang cara membuat daftar isi di Microsoft Word dan beberapa informasi terkait.

Dengan fitur –fitur yang telah disediakan oleh Word, harapannya Anda akan tidak ribet lagi dalam memasukkan daftar isi.

Adanya daftar isi tentunya akan membuat pembaca menemuka apa yang dicari dengan cepat, menyusun materi penulisan, memberi garis besar dari dokumen yang dibaca, dan beberapa fungsi lainnya.

Akhir kata semoga artikel dan pembahasan kali ini bermanfaat. Terima kasih telah membaca. ^^