NordVPN adalah salah satu penyedia jasa VPN terbaik di dunia. Fitur yang ditawarkan juga tidak main-main untuk menjaga privacy penggunanya. Seperti enkripsi standar yang digunakan di kemiliteran, fitur Cybersec yang digunakan untuk melindungi dari situs phising, malware, dan ancaman siber lainnya, serta adanya fitur double VPN.

Fitur keamanan dari NordVPN tersebut ternyata ada yang membuat tidak kompatibel dengan layanan Web WhatsApp. Saat dipindai barcode yang tertera di website, WhatsApp tidak terhubung sebagaimana biasanya. Ternyata fitur Cybersec ini yang membuat WhatsApp tidak dapat terhubung antara smartphone dengan PC.

Jika kamu menggunakan NordVPN baik di laptop, smartphone, dan PC. Pastikan fitur Cybersec pada smartphone dinonaktifkan saja. Caranya yaitu buka menu pengaturan (settings), apabila fitur Cybersec menyala, lakukan klik atau ubah menjadi berwarna abu-abu untuk menonaktifkannya.

Solusi Web WhatsApp tidak terhubung karena menggunakan VPN dari NordVPN

Setelah proses menonaktifkan di atas selesai, kamu bisa disconnect terlebih dahulu. Lalu coba hubungkan kembali ke NordVPN. Jangan lupa untuk melakukan refresh laman Web WhatsApp.

Scan kembali barcode yang ada di website tersebut. Dengan cara ini kamu tetap bisa menggunakan VPN dan WhatsApp secara bersamaan. Oh ya, jika ada masalah dengan jaringan. Kamu juga bisa mengaktifkan protokol TCP.

Seperti gambar di atas, saya juga menggunakan custom DNS milik Cloudflare yaitu di 1.1.1.1 dan 1.0.0.1. Autoconnect juga bisa dipilih yaitu fastest server. Btw NordVPN juga memiliki IP Address untuk wilayah Indonesia lho.

Semoga bermanfaat!