Saat kamu membaca artikel cara mendapatkan modal usaha ini, kemungkinan kamu sedang atau berkeinginan menjadi seorang pengusaha yang sukses. Sekarang jawab pertanyaan di bawah ini.

Adakah dari salah satu pembaca blog.situstarget.com yang ingin berpindah quandrant dari seorang karyawan menjadi seorang business owner? Atau yang tadinya dari seorang self-employee menjadi seorang pelaku bisnis?

Yap. Masalah yang hampir dihadapi oleh semua orang dalam menjalankan atau merintis startup biasanya ada kendala pada modal. Betul?

Nah kali ini saya akan membahas tentang cara mendapatkan modal usaha yang mudah. Pinjaman modal itu tidak melulu harus pergi ke bank dengan segala persyarakatan yang tidak membumi.

Kita bisa mendapatkan modal juga kok dengan cara-cara yang lebih mudah, dengan memanfaatkan ikatan silaturahmi. Tidak percaya?

Berikut ini adalah cara mudah mendapatkan modal usaha:

1. Manfaatkan Jaringan Pertemanan

Bangun relasi pertemanan yang luas dengan siapapun!

Bangun relasi pertemanan yang luas dengan siapapun! Photo Credit: USAG-Humphreys via Compfight cc

Ada peribahasa yang menyatakan, punya seribu teman itu masih kurang, dan satu musuh terlalu banyak. Pada tahapan pertemanan di dunia kerja maupun di dunia kampus.

Anda akan bertemu dengan berbagai macam orang dengan latar belakang ekonomi yang berbeda-beda. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan guna mendapatkan modal untuk usaha, yaitu melalui teman-teman yang ada di sekitar Anda.

Namun sayangnya, sebagian mahasiswa masih ada yang mendapatkan hambatan (mental block) dari pikiran mereka untuk bergerak.

Padahal niat dalam hati untuk berwirausaha sudah ada. Tapi karena gengsi untuk mencari pinjaman modal usaha dari teman-teman di lingkungan kampus. Sehingga mimpi menjadi seorang pengusahapun pudar. Ya, lagi-lagi soal gengsi.

2. Membangun Ikatan yang Kuat dengan Keluarga Dekat dan Jauh

Menjaga silaturahmi dengan keluarga dekat dan jauh

Menjaga silaturahmi dengan keluarga dekat dan jauh Photo Credit: WarzauWynn via Compfight cc

Nah klo cara pertama tidak berhasil. Ada juga nih cara dapetin modal berikutnya dari keluarga dekat atau jauh. Siapa tau karena saudara jadinya ga cuma dipinjemin modal gitu aja. Tapi juga diberikan wejangan-wenjangan buat bekal ngejalanin bisnisnya.

Eh, bisa jadi juga tadinya mau minjemin modal tapi malah dikasih modal gitu aja sama pakde atau bude kan lebih enak to? Semua kemungkinan terbaik dan terburuk bisa saja terjadi. Tapi kalau tidak dicoba sama sekali. Mana tau berhasil atau gagalnya ya kan?

3. Temukan Siapa Angle Investor Anda

Sudahkah Anda menemukan Angel Investor Anda?

Sudahkah Anda menemukan Angel Investor Anda? Photo Credit: The DEMO Conference via Compfight cc

Angel Investor adalah sebuah sebutan bagi orang-orang kaya yang baik hatinya karena mau membantu Anda dalam pemodalan bisnis yang baru saja Anda rancang.

Kenapa dibilang baik? Ya, sekarang gini. Guna menyakinkan orang lain bahwa bisnis Anda memiliki potensi yang luarbiasa untuk menghasilkan profit dan jangka panjang. Itu tidak mudah bukan?

Namun mereka dengan baik hatinya mau mengeluarkan dana dari kantong pribadi mereka guna membantu Anda dalam pemodalan, yang kadang Anda sendiripun ragu dengan bisnis Anda.

Berhasil atau tidak untuk dijalankan. Tetapi mereka seolah tidak melihat Anda berhasil atau tidak menjalankan bisnisnya. Tapi mereka ingin melihat value lain dalam diri Anda. So, Anda wajib sekali menemukan seorang angel investor ini.

4. Modal juga Bisa Berasal dari Tabungan Anda Sendiri

Modal usaha bisa juga berasal dari tabungan sendiri

Modal usaha bisa juga berasal dari tabungan sendiri Photo Credit: lunaticg.blogspot via Compfight cc

Tak selamanya modal usaha itu berasal dari orang lain. Nyatanya dari tabungan Anda sendiri. Anda bisa juga mendapatkan modal. Tabungan yang biasa dipergunakan umumnya yaitu tabungan pensiun, tabungan deposito, tabungan celengan, dan tabungan gaji rutin bulanan.

Adapun besaran yang perlu dikeluarkan dari tabungan bisa Anda ukur dan timbang terlebih dahulu. Apakah profit usaha bisa langsung Anda dapatkan dengan cepat atau tidak. Jika memang dengan membuka usaha, Anda bisa menghasilkan pendapatan baru. Anda bisa coba menyekolahkan emas yang Anda miliki di pegadaian.

5. Modal Dengkul juga Bisa Buka Bisnis

Modal bisnis juga bisa dengan modal dengkul

Modal bisnis juga bisa dengan modal dengkul via Google Plus

Coba dibaca dan diresapi apa yang om Bob Sadino bilang di atas. Jleb to? Nah memang perusahaan-perusahaan besar dunia sebut saja Facebook, Google, Microsoft, dan seterusnya.

Berawal dari para mahasiswa kere yang modalkan dengkul mencoba mengembangkan suatu terobosan baru yang dapat menjadi solusi masal bagi peradaban manusia dengan kecanggihan teknologi. Istilah yang lebih keren dari modal dengkul, yaitu sweat equity.

Nah kelima hal di atas bisa menjadi solusi bagi Anda, guna mendapatkan modal usaha yang mudah. Mudah di sini belum tentu tidak ada tantangannya loh! Tantangan pasti selalu ada, oleh karena itulah kita semakin terus berkembang.

Bagikan juga tulisan ini di Facebook, Twitter, Google Plus, WhatsApp, dan Line Anda. Mention ke temen-temen Anda yang lagi ngejalanin bisnis. Siapa tau bisa jadi solusi bagi mereka yang sedang mencari modal untuk usaha.