Cara Mendapatkan Uang dari Youtube Melalui The YouTube Partner Program (YPP)

Media sosial yang ada saat ini telah mulai memberi nilai plus-plus bagi para penggunanya. Tidak hanya untuk menambah jejaring, menambah teman, untuk eksistensi diri, untuk menunjukkan kemampuan di hadapan publik, untuk bersenang-benang atau ngelawak, akan tetapi juga sebagai sala satu cara yang ampuh untuk mendapatkan uang tambahan.

Bagaimana bisa begitu? Saat ini media-media sosial tersebut sudah banyak yang berafiliasi dengan adsense sehingga ketika Anda memiliki akun media sosial apapun, kemudian mendaftarkan akun Anda kepada pihak adsense, dan pihak tersebut bersedia bekerjasama dengan Anda, maka pastinya dalam hitungan bulan, Anda akan bisa mendapatkan uang jajan tambahan.

Mendapatkan Uang dari Youtube

Sebagaimana yang dikatakan di atas bahwa era ini, hampir-hampir semua media dapat dijadikan tempat untuk mendulang rupiah. Tentunya, tidak perlu terlebih dulu mengeluarkan modal untuk dapat menghasilkan pundi-pundi tersebut.

Cukup dengan aktif menggunakan media sosial tersebut. Salah satu media yang sampai saat ini digandrungidan sudah terbukti memberikan pundi-pundi uang untuk para penggunanya adalah youtube.

Siapa yang saat ini tidak kenal dengan situs Youtube? Bahkan anak-anak kecil yang baru saja lahir ke dunia bisa menikmatinya konten-konten yang ada di youtube.

Anak-anak di kisaran usia 3 tahun juga sudah mulai memegang gadget dan membuka youtube untuk sekedar mendengarkan lagu anak-anak, game, dan lain sebagainya.

Bagi yang sudah bukan pemula, tentu ada manfaat lain yang ingin didapatkan dari youtube selain ketenaran. Manfaat tersebut adalah uang.

Jadi, kebanyakan para penggunanya memang sengaja ingin mendulang uang dari youtube. Namun meskipun sudah sangat viral bahwa youtube bisa menghasilkan uang, ternyata tidak semua orang bisa. Masih sedikit yang mengerti langkah-langkah atau cara untuk bisa mendulang rupiah lewat youtube.

Buat Akun Youtube dengan Gmail

Jika Anda sekalian penasaran bagaimana langkah-langkah menghasilkan uang dari youtube, maka Anda harus mempelajari kiat-kiatnya terlebih dahulu.

Seperti bagaimana membuat akun di youtube, atau bagaimana login di youtube dan lain-lain. sebenarnya ada salah satu cara mudah untuk bisa login ke youtube, yakni dengan membuat akun dengan gmail terlebih dahulu. Bagaimana caranya?

Nah, buat para pemula, memang kesulitan mendasar adalah memahami tiap perangkat yang ada dalam sebuah dunia maya. Misalkan saja penggunaan gmail.

Sebenarnya gmail ini berguna untuk membuat akun email Anda sekalian. Jadi tiap-tiap informasi nantinya bisa ditampung lewat satu email saja.

Cara membuat akunnya cukup mudah, yakni dengan membuka gmail.com, kemudian buat akun dengan mengisi setiap kolom data diri yang disuguhkan, kemudian daftar.

Jika sudah begitu, daftarkan akun Anda di youtube untuk bisa login dan mulai membuat Channel youtube pribadi. Sebenarnya ini akan lebih sederhana apabila langsung dipraktekkan.

Buat Channel Youtube dan Monetesi

Jika Anda sudah bisa sign in ke youtube, maka jangan berhenti saja sampai di situ. Anda juga harus membuat channel di youtube agar orang-orang bisa melihat dan menikmati video yang ada unggah dengan lebih mudah.

Pastikan nama channel yang Anda buat sesuai dengan video-video yang ditampilkan, buat yang unik sehingga lebih nampak menarik. Adapun cara monetesi channel yakni setelah sign in langsung pilih menu information account.

Di dalam menu tersebut silahkan Anda klik Creator Studio. Pilih menu channel kemudian pilih status and features. Jika sudah, pilih atau klik enable monetisation dan setujui ketentuannya.

Tentunya masih tidak cukup sampai pada tahap itu. Ada beberapa tahap lain yang harus Anda persiapkan untuk dapat membuat channel yang dibuat mampu menghasilkan pengunjung dan menarik lebih banyak pengunjung setiap bulannya.

Salah satu hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah menghubungkan channel Anda dengan Adsense. Hal itu jika Anda memang ingin menghasilkan uang dari youtube. Adapun bentuk kerja sama channel Anda dengan Adsense adalah Adsense akan membayar apabila iklan yang dipasang pada channel Anda mendatangkan pengunjung, di klik, dan lain sebagainya.

Untuk youtube pemula, memang tidak bisa langsung mendatangkan banyak pengunjung, jadi harus bersabar untuk dapat memiliki viewer yang melimpah. 100 viewer untuk golongan pemula sudah sangat membahagiakan, maka jangan putus asa jika di awal bergelut dengan youtube Anda belum bisa mendapatkan penghasilan.

Adsense sendiri tidak bisa langsung approve setiap bentuk kerjasama yang datang pada pihak adsense. Maka pastikan selama menunggu approve dari pihak adsense Anda senantiasa mengoptimalkan channel yang dimiliki. Setidaknya ada beberapa hal yang bisa dicoba untuk dapat mengoptimalkan tampilan channel, antara lain:

1. Buat video yang friendly

Karakter video yang Anda unggah tentu akan memengaruhi para pengunjung channel Anda. maka buat video yang user-friendly agar semakin hari, pengunjung yang tertarik dengan channel Anda juga semakin banyak. Monetisasi konten yang menarik akan lebih cepat dan pendaftaran google adsense Anda juga akan dengan cepat di approve.

2. Jangan lupakan Kreativitas

Membuat sebuah video yang mainstream pastinya juga akan membuat penikmat youtube bosan atau bahkan tidak akan berminat mengunjungi channel Anda. Jika itu terjadi, otomatis saja tidak akan ada penghasilan.

Jadi perlu adanya kreativitas dan inovasi untuk bisa menghadirkan sebuah tontonan yang lain dari yang lain, yang lebih segar, tidak monoton, dan tentunya tetap bermanfaat sebenarnya ada cara membuat video yang kreatif, edukatif, dan menarik.

Caranya adalah dengan banyak-banyak melihat contoh video yang sudah lebih dulu ada di youtube. Hindari plagiasi atau copy paste dari channel milik orang lain.

Biasanya video-video yang kreatif lahir sebagai tutorial, ilustrasi, tips dan trik, dan lain sebagainya. Adapun untuk edukasi, Anda bisa membuat video-video yang berhubungan dengan pendidikan, motivasi, video untuk anak-anak dengan kemasan yang menarik.

Kemudian bisa juga membuat video yang berkesan untuk para penikmat youtube. Contohnya saja video tentang dakwah. Akan menarik jika video dakwah dikemas dengan hal lucu, tidak kaku, dan full musik, atau bisa dengan hal lain lagi.

3. Aturan Baru Google Mengenai Adsense

Ada aturan menarik dari om Google di awal tahun 2018 ini, yaitu mengenai 4.000 jam waktu tonton dalam 12 bulan terakhir dan 1.000 pelanggan/subscriber jika Anda ingin akun anda di approve adsense-nya.

Bolehkah saya membeli subscriber robot? Jawabannya tidak. Buat apa beli subscriber robot yang notabene bukan manusia, tidak ada interaksi, hanya menambah angka pada jumlah subscriber tapi tidak bisa di apa-apain.

Kalau subscriber yang didapatkan itu pakai cara instan, kerugiannya yaitu Anda akan sulit untuk meningkatkan penghasilan adsense youtube anda di kemudian hari.

Mekanisme Pembayaran Youtube Adsense

Setelah mendapatkan approve dari pihak adsense, hal yang kemudian harus rutin Anda lakukan adalah memperbanyak kiriman video atau konten ke channel Anda.

Dengan rutin dan konsisten mengunggah konten ke channel akan membuat channel Anda mudah dilihat oleh para pengguna, sehingga memiliki kemungkinan semakin banyak untuk ditonton.

Jika sudah begitu, maka otomatis akan banyak yang mengklik video-video Anda. program pay per clik yang disuguhkan adsense pada channel Anda tentunya akan membuat penghasilan Anda meningkat sedikit demi sedikit.

Lalu kalau dana yang dihasilkan dari adsense sudah banyak terkumpul, pertanyaan selanjutnya yang sering muncul adalah, bagaimana mekanisme pembayaran uang dari youtube adsense ini? Apakah lewat rekening?

Jadi Anda bisa menggunakan rekening bank Anda untuk dapat mencairkan uang dari youtube adsense. Rupiah yang didapat tentunya langsung ditransfer jika sudah melewati minimum hold sebesar Rp. 1.300.000,-.

Selamat mencoba.