Cara Mengetahui dan Menemukan IP Address di Smartphone Anda

Apakah anda tahu bahwa selain Windows atau Mac di komputer anda, IP address ternyata juga dimiliki oleh telepon genggam atau smartphone anda? Tahukah anda cara menemukan IP address telepon genggam anda dan juga kegunaan dari IP address tersebut?

Hal tersebut akan dibahas di dalam artikel ini. Sebelum memulai, apakah anda semua mengerti apa itu IP address? Untuk sebagian orang yang telah berkecimpung dan mengenal dunia komputer serta jaringannya, IP address adalah hal yang sangat umum namun tidak untuk masyarakat kebanyakan.

IP address sendiri merupakan singkatan dari Internet Protocol address yang merupakan suatu identitas numerik yang dilabelkan pada suatu alat seperti komputer, router atau bahkan printer yang terdapat dalam suatu jaringan komputer yang menggunakan internet protocol sebagai sarana komunikasinya.

Lebih sederhananya lagi IP address adalah ‘alamat rumah’ bagi komputer anda. Dengan begitu, itu akan memudahkan pengiriman paket data dan memuat informasi keberadaan komputer anda ke dalam jaringan internet.

Fungsi dari IP address sendiri selain sebagai ‘alamat rumah’ anda adalah sebagai alat identifikasi host pada jaringan internet. Hal ini selayaknya sebuah nama bagi orang. Sehingga dengan IP address anda dapat mengenali orang-orang yang ada di dalam jaringan komputer ataupun internet.

Fungsi IP Address yang Perlu Anda Ketahui

Biasanya, dalam satu jaringan orang memiliki dua IP address, yang pertama adalah IP address global atau umum dikenal sebagai public IP address dan yang kedua adalah local IP address. Public IP Address adalah bagaimana semua orang di dunia maya atau internet melihat atau mengenal di jaringan anda baik itu di komputer, gadget ataupun alat lainnya yang terhubung dengan jaringan internet di rumah anda.

Sedangkan local IP Address adalah identitas dari perangkat itu sendiri. Satu perangkat hanya memiliki satu local IP address di dalam jaringan LAN. Biasanya digunakan untuk penomeran komputer dalam jaringan rumah, sekolah, atau lainnya yang terdapat banyak perangkat komputer dan juga gadget yang terhubung dan memungkinkan mereka untuk berkomunikasi satu dengan lainnya.

Perlu anda ketahui bahwa IP Address memiliki keunikan tersendiri dimana antara satu IP address dengan yang lainnya tidak akan pernah memiliki kesamaan. Hal inilah yang mendasari pentingnya bagi anda untuk memahami dan mengatahui cara mudah menemukan IP Address.

Cara Menemukan IP Address Global / IP Publik Anda

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa semua perangkat yang ada di rumah anda yang terhubung dengan jaringan internet tentunya memiliki IP Address global.

Apakah itu penting? Tergantung dengan penggunaan anda dan kebutuhan anda berselancar di dunia maya. Tapi tidak ada salahnya kan untuk tahu caranya? Sebenarnya bagaimana cara menemukan public IP address anda sangatlah mudah dan sederhana untuk dipraktikkan.

Hal tersebut dikarenakan segala perangkat di internet dapat menemukannya dengan mudah. Anda juga dapat melihatnya dengan mengunjungi beberapa laman website yang akan langsung menunjukkan IP address anda secara langsung.

Trik utama untuk menemukan IP Address adalah anda dapat menggunakan Chrome Search Engine pada smartphone ataupun Safari jika menggunakan iOS, dari sana arahkan laman website anda ke alamat website :

1. IP Chicken

Merupakan salah satu website yang paling umum dan banyak dipergunakan untuk menemukan IP Address smartphone dan menemukan IP Address komputer. Website ini menjadi sangat digemari sebab anda tidak perlu melakukan berbagai macam perintah pada laman website hanya untuk mengetahui IP Address yang anda gunakan.

Caranya sangat mudah dan singkat, dimana sebagai langkah pertama anda hanya perlu mengakses laman IP Chicken. Setelah anda terhubung dan proses pemuatan laman selesai maka anda langsung akan diarahkan masuk ke halaman yang akan memberikan anda informasi seputar IP Address anda, Remote Port, dan juga search engine yang sedang anda gunakan.

Sehingga pada dasarnya anda hanya perlu mengakses website IP Chicken untuk melihat IP Address anda.

2. WhatIsMyIP

Jika anda ingin mengetahui lebih detail lagi mengenai klasifikasi IP Address anda, maka website WhatIsMyIP ini sangat cocok untuk anda. Saat anda mengakses laman ini, maka anda akan diarahkan pada halaman homepage website ini.

Dimana pada halaman tersebut anda akan menemukan sedikit deskripsi mengenai website ini serta fitur-fitur yang bisa anda gunakan pada website ini.

Selain itu ada beberapa kegiatan yang bisa anda lakukan melalui website ini diantaranya anda dapat menemukan IP Address anda, mengetahui alamat IP Publik anda, mengetahui daftar IP Address yang termasuk dalam blacklist, mencari informasi mengenai Hostname dan DNS, serta melakukan pengecekan proxy.

Sehingga website ini memang lebih digemari oleh profesional dalam dunia digital karena dapat memberikan informasi yang rinci tanpa proses yang susah dan lama.

3. What Is My IP Address

Saat anda mengakses laman ini maka anda akan diarahkan pada halaman yang berisi informasi mengenai alamat IP anda baik alamat IPv4 dan alamat IPv6 jika anda memilikinya. Selain itu anda juga dapat mengetahui informasi mengenai ISP atau Internet Service Provider yang anda gunakan untuk mengakses jaringan internet.

Lebih lengkap lagi anda akan melihat daftar kegiatan atau pengecekan yang bisa anda lakukan pada bar di sisi sebelah kiri halaman yang terdiri dari pengecekan jejak email asli, mengetahui alamat IP address milik perangkat lain, menyembunyikan alamat IP, dan menyediakan informasi mengenai perbandingan beragam VPN.

Selain itu dengan menggunakan website ini anda juga bisa mengetahui kecepatan kinerja komputer anda, mengetahui daftar IP yang di blacklist, dan membantu anda memilih IP Tools yang sesuai dengan kinerja perangkat anda.

Oleh karena itu website ini menjadi salah satu media untuk menemukan IP Address smartphone dan menemukan IP Address komputer yang paling banyak digunakan. Disana akan muncul secara langsung alamat IP address anda beserta lokasi dan nama ISP (Internet Service Provider) yang anda gunakan.

Cara Mudah Menemukan Public IP Address Menggunakan Chrome

IP Address memuat informasi semacam itu, namun tidak dapat dengan tepat memberikan lokasi anda ataupun dimana anda tinggal secara akurat hingga ke rumah anda. Yang terlihat hanyalah kota dimana anda tinggal.

Selain menggunakan cara diatas, anda juga dapat menggunakan cara yang lebih sederhana yaitu dengan membuka Google Chrome dan mengetikkan public IP address di kolom alamat, Chrome akan langsung menunjukkan public IP address anda.

Anda juga dapat melihat IP address public anda dengan melihatnya di halaman admin router anda. Halaman itu akan menampilkan alamat IP address public anda dan juga informasi lain yang berkaitan dengan koneksi internet anda.

IP address publik anda juga akan berubah apabila ISP anda memberikan IP address yang baru atau misalnya pergantian router internet baru.

Cara Menemukan Local atau Private IP Address Pada Smartphone Android Anda

Melihat cara diatas, memang mudah untuk menemukan IP address anda. Karena itu bisa dideteksi dengan mudah mengingat jaringan internet pun dapat membaca IP address global anda. Yang menjadi sedikit permasalahan adalah bagaimana cara menemukan IP address lokal anda, dan dalam kasus ini smartphone anda.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, semua perangkat yang terhubung dengan jaringan rumah anda, memiliki IP address lokal mereka masing-masing dan tiap-tiap IP address tersebut unik. Dan tidak semua orang tahu bahwa smartphone mereka pun memiliki IP address lokal.

Lantas, bagaimana cara anda menemukan IP address lokal di smartphone android anda? Mari simak caranya. Pertama, buka pilihan Setting/Pengaturan pada smartphone anda, lalu carilah pilihan Network & internet. Lalu setetelah anda masuk ke dalamnya, pilihlah pilihan Wi-Fi.

Pastikan sebelumnya anda terhubung dengan jaringan Wi-Fi anda di rumah, jika tidak, hubungkan smartphone anda dengan jaringan Wi-Fi rumah atau dimana pun anda berada saat itu. Dan yang terakhir, disana anda akan melihat bagian IP address yang berada di bawah bagian IPv6 addresses.

Apa itu IPv6 addresses? Apakah sama dengan IP address? Akan kita bahas di lain waktu. Begitulah cara anda menemukan IP address lokal dari smartphone android kesayangan anda.

Cara Menemukan IP Address Lokal di iPhone Anda

Diatas kami memberikan informasi mengenai bagaimana tahu atau menemukan IP address lokal pada smartphone android saja. Agar berimbang, kami juga akan memberitahukan bagaimana cara menemukannya di perangkat yang disupport oleh iOS, yaitu Iphone. Tidak terlalu berbeda dengan di smartphone android, anda hanya perlu masuk ke dalam setelan/setting.

Lalu pilih Wi-Fi dan pastikan pula anda sudah terhubung dengan jaringan Wi-Fi di tempat tinggal anda. Setelah masuk ke dalamnya, anda akan melihat bagan IP Address anda terdapat di bawah tulisan IPv4 Address. Oleh karena itu anda sudah pasti bisa untuk mengetahui IP Address karena caranya sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan.

Perbedaan IP Address Dinamik dengan IP Address Statis

Setelah kita mendapatkan ilmu dan tahu apa itu IP address lokal atau private serta global atau juga publik, ternyata masih ada lagi ilmu yang kita bisa dapatkan tentang IP address kita.

Tahukan anda bahwa IP address anda itu memang sebuah ‘alamat’ dan unik, tapi tidak semua IP address itu tidak dapat berubah. Perlu anda ketahui bahwa terdapat dua jenis dasar dari sebuah IP yakni IP Address Dinamik dan IP Address statis.

Berikut perbedaan diantara kedua jenis Internet Protocol Address ini, yakni:

  1. IP Address statis, merupakan jenis alamat IP yang tidak dapat mengalami perubahan dan lebih banyak digunakan pada jaringan lokal. Kelebihan dari jenis IP ini adalah dapat mengenali alamat IP yang menggunakan bandwith standard atau bandwith yang besar.
  2. IP Address dinamik, merupakan jenis alamat IP yang memiliki batasan waktu penggunaan dan batasan alamat IP. Biasanya jenis IP ini merupakan IP yang dipinjamkan oleh pelanggan dari sebuah ISP untuk dipergunakan sesuai dengan masa lamanya berlangganan.

Cara Menyembunyikan IP Address

Setelah anda mengetahu cara untuk menemukan IP address yang ternyata sangat mudah maka wajar jika anda merasa khawatir mengenai tingkat kemanan IP address anda sebab dapat diketahui dengan sangat mudah. Untuk mengatasi hal tersebut, maka anda dapat menyembunyikan IP address anda dengan menggunakan bantuan sebuah VPN.

Sehingga lalu lintas penjelajahan internet anda akan masuk ke dalam jaringan yang terkunci dan tidak dapat dilihat oleh orang lain. Dimana VPN yang direkomendasikan adalah OpenVPN karena mudah untuk digunakan.

Demikian artikel yang membahas mengenai cara menemukan IP Address ini, semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

Berlanggan Artikel

Daftarkan email kamu melalui kotak subscribe di bawah ini.