Segmentasi pasar merupakan salah hal yang sangat penting di dalam dunia bisnis. Kamu harus menentukan itu dalam perencanaan bisnis.

Keberhasilan membuat segmentasi terhadap target pasar akan menentukan keberhasilan bisnis. Berikut akan diulas beberapa cara menentukan target pasar bisnis.

6 Cara Menentukan Target Pasar Bisnis Kamu

Target pasar akan memudahkan kamu untuk mempromosikan produk maupun jasa yang dijual. Berikut adalah 10 cara menentukan target pasar kamu :

1. Lihat Latar Belakang Customer Existing Kamu

Pelajari customer existing untuk menemukan target pasar

Untuk menentukan taget pasar langkah pertama yaitu dengan mempelajari customer existing. Carilah informasi apakah alasan yang mendasari mereka tertarik dengan produk yang dijual.

Ketertarikan mereka akan menyimpulkan keunikan dari produk maupun jasa yang dijual. Pertahankan karakter produk yang ditawarkan.

Selanjutnya pelajarilah latar belakang customer existing. Hal ini akan mempermudah kamu untuk mensegmentasi dari calon customer.

Kumpulkanlah banyak informasi tentang customer existing. Hal tersebut dapat berperan ganda selain sebagai untuk menentukan target pasar juga untuk menjaga mereka agar loyal.

Ketika kamu menjual sepatu basket tentunya pembelinya adalah orang yang gemar main basket. Nah itu merupakan salah satu cara dalam membuat segmentasi.

Apabila kamu kesulitan untuk menemukan informasi tersebut maka lakukanlah pembuatan survei berhadiah. Umumnya hal tersebut berjalan dengan baik.

Customer kamu akan mengisi dengan senang hati dan mendapatkan imbalan yang menarik. Jangan khawatir mengenai biaya hadiah karena informasi tersebut lebih bernilai untuk perkembangan bisnis.

Buatlah rekapan dari informasi tersebut di dalam sebuah sistem yang mudah untuk dianalisis. Selanjutnya buatlah hasil rekap dan mulailah menentukan target pasar bisnis kamu.

2. Cek Toko Sebelah

Analisa apa yang menjadi target pasar dari kompetitor

Untuk membuat sebuah segmentasi terhadap target pasar, kamu bisa mempelajari pesaingmu. Hal ini sangat membantu untuk dilakukan.

Kumpulkanlah informasi sebanyak banyaknya mengenai perusahaan pesaing. Cari tahu target pasar yang di tuju perusahaan tersebut.

Kamu dapat menjadi seorang mystery shoper untuk menggali informasi perusahaan sebelah. Cara ini relatif cukup mudah dan aman.

Jangan gentar apabila menemukan target dan segmentasi bisnis yang sama dengan perusahaanmu. Jadikanlah hal tersebut sebuah challange untuk perkembangan diri.

Gunakanlah keunggulan dari produk dan jasa yang kamu tawarkan untuk menarik minat konsumen. Pelajari kegemarannya dan dapatkanlah hati dari calon customer.

Produk yang unik dan berbeda akan mendapatkan tempat khusus di hati setiap customer. Janganlah ragu sebelum melangkah.

Penolakan, ketidaksukaan, serta ketidakramahan customer menjadi bumbu penyemangat. Buatlah hal tersebut menjadi motivasi bagi diri kamu.

3. Analisa Keunggulan Produk dan Jasa Kamu

Customer focus

Untuk membuat segmentasi, kamu harus paham benar produkmu. Pengetahuan akan produk membuat penentuan target pasar menjadi lebih mudah.

Buatlah sebuah list dan database mengenai keunggulan produkmu satu per satu. Tulislah dengan rinci dan detail setiap informasi yang didapatkan.

Selesai kamu mendata berbagai keunggulan dari produk yang ditawarkan, tulislah manfaatnya. Manfaat tersebut akan dapat mengarahkan pada tujuanmu yaitu untuk menentukan target pasar.

Sebagai contoh keunggulan merk jaket produkmu yaitu tahan akan air. Maka produk tersebut cocok untuk bikers dan akan laku keras dijual pada lokasi yang curah hujan tinggi.

Contoh lainnya, misalnya produk sepatumu memiliki bobot yang ringan dan nyaman untuk berlari maka cocok bagi sprinter maupun orang yang suka jogging. Hal seperti itu yang perlu di perhatikan.

Buatlah keunggulan dan manfaat produk pada media yang unik dan berbeda. Hal tersebut akan dapat menarik dari calon customer kamu.

Fokuslah kepada manfaat dari produk bagi customer. Ketika customer sudah merasa nyaman dan timbul trust maka persiapkanlah diri kamu untuk menjadi seorang pengusaha sukses.

Kunci dari setiap produk yaitu customer focus. Dengar, amati, dan manjakan mereka maka kamu akan mendapatkan hati dari mereka.

4. Kumpulkan Informasi dan Pilih Target yang Spesifik

Pilih target pasar yang spesifik

Informasi merupakan kunci dalam menentukan target pasar dalam bisnis. Informasi tersebut harus valid dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Beberapa informasi seperti umur, jenis kelamin, tempat tinggal, pendidikan, pekerjaan, agama, pendapatan dapat sangat membantu. Hubungkanlah berbagai faktor tersebut.

Buatlah berbagai skenario kemungkinan terhadap produk dan jasa dapat diterima oleh konsumen. Pelajari tiap detail dari hal yang telah disimulasikan.

Setiap faktor akan mempengaruhi seseorang dalam memutuskan membeli sesuatu. Oleh sebab itu, buatlah berbagai kemungkinan yang akan terjadi.

Sebagai contoh ketika seseorang membeli sebuah skin care yang dilengkapi oleh anti aging. Umumnya faktor usia yang memengaruhi keputusan membeli customer.

Contoh lainnya ketika sesorang membeli sebuah hijab untuk fashion yang digunakan. Faktor penentunya yaitu jenis kelamin.

Pilihlah target pasar yang spesifik. Hal ini akan memudahkan kamu untuk mempromosikan berbagai keunggulan dari produk yang di pasarkan.

5. Pertimbangkan Karakteristik Calon Target Pasar Kamu

perhatikan karakteristik dari customer bisnis

Informasi mengenai karakteristik calon customer akan membantu dalam menentukan target pasar. Pelajarilah kebiasaan dari calon customer dalam membeli suatu barang maupun jasa.

Beberapa informasi yang cukup membantu seperti, tata nilai, lifestyle, kebiasaan, personality, dan hobi. Galilah sebanyak-banyaknya informasi mengenai hal tersebut.

Kebiasaan seperti membaca koran di pagi hari, membuka artikel online, maupun membaca rubrik gosip di berita online dapat berguna. Kamu jadi dapat menentukan produkmu cocok atau tidak.

Produk yang memiliki banyak customer karena branding dan segmentasi jelas. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui karakter dari calon customer untuk melakukan branding dan segmentasi produk.

MC Donalds merupakan perusahaan fastfood ternama di dunia, mereka membaca karakteristik customer yang suka dengan hal yang instant. Terbukti pada saat ini perusahaan mereka sangat maju.

iPhone sangat mengenal setiap customer yang suka akan teknologi. Hal tersebut membuat perusahaan iPhone tetap maju dan berkembang hingga saat ini.

Mempelajari karakteristik seseorang juga membantu perusahaan untuk melakukan service excelent kepada tiap customer. Hal itu akan membuat customer loyal terhadapmu.

6. Evaluasi Keputusanmu

Evaluasi Keputusan bisnis kamu

Setelah kamu mempelajari point 1 hingga 5 tentunya sudah terbayangkan dan memutuskan untuk menentukan target pasar perusahaan. Tunggu, jangan terburu buru.

Kamu harus melakukan evaluasi mengenai target tersebut. Buatlah beberapa pertanyaan seperti manfaat produk, apakah standar produk sesuai keinginan customer dan lainnya.

Buatlah list pertanyaan yang tujuannya untuk mengevaluasi dari keputusanmu. Fokuskan manfaat dan alasan customer membeli atau menggunakan jasa bisnismu.

Kemudian setelah membuat list tersebut maka lakukanlah survei di lapangan. Apabila hasilnya di atas 80 persen maka target pasar bisnismu sudah teruji.

Hasil di bawah 50 persen mengharuskan kamu mengavaluasi kembali hasil dari keputusan tersebut. Menentukan target pasar membutuhkan usaha yang lebih.

Menentukan target pasar bisnis kamu dapat dilakukan dengan 6 cara seperti yang di jelaskan di atas. Buatlah target pasar yang jelas untuk memajukan perusahaan kamu.

Fokuslah kepada kebutuhan customer. Customer yang loyal akan membuat perusahaanmu akan terus maju dan berkembang.