Hal yang paling saya suka dari produk Google adalah hampir keseluruhan produk yang diciptakan, bisa saling terhubung dan mendukung satu sama lain.

Contohnya Google Translate, bisa juga digunakan pada Google Sheets. Kalau menerjemahkan bahasa asing melalui Google Translate rasanya sudah biasa ya, ini di Google Sheets loh.

Kamu bisa menerterjemahkan bahasa asing ke bahasa Indonesia maupun sebaliknya melalui layanan Google Sheets. Untuk proses pembuatan report dengan bahasa Inggris misalnya terkait pekerjaan atau tugas kampus.

Jadi lebih mudah, tinggal buat draft bahasa Indonesianya dulu, terus diterjemahkan pakai formula di Google Sheets. Cara jadul dengan menerjemahkan manual, sekarang tidak perlu dilakukan lagi.

Proses menerjemahkannya juga bisa secara bulk, jadi tidak perlu diterjemahkan satu per satu. Tinggal masukkan rumusnya lalu lakukan drag sampai baris tertentu, hasilnya sudah bisa terlihat langsung.

Proses ini membutuhkan koneksi internet ya. Lantas bagaimana cara melakukannya?

Cara Menerjemahkan Bahasa di Google Sheets

Tips menerjemahkan bahasa dengan formula di bawah ini hanya berlaku di Google Sheets ya. Jika kamu mencobanya di Microsoft Excel tidak akan pernah bisa. Secara yang satu produk Google, yang satu lagi produk Microsoft.

Adapun formulanya sebagai berikut:

=GOOGLETRANSLATE(“text”, “sumber bahasa asing”, “diterjemahkan ke bahasa”)

Nama rumusnya yaitu =GoogleTranslate untuk menerjemahkan bahasa secara otomatis di Google Sheets. Kata Text bisa diubah menjadi sebuah cells pada Google Sheets atau langsung ke kata, frasa, atau kalimat bahasa asing juga bisa.

Sedangkan untuk Sumber bahasa asing bisa kamu isi dengan asal bahasa tersebut dari negara apa (masukkan kode negaranya).

Selanjutnya bagian diterjemahan ke bahasa adalah kata tersebut ingin diterjemahkan ke bahasa dari negara apa (masukkan kode negaranya).

Oh ya untuk kode pendek dari setiap bahasa dan negara bisa kamu lihat dari ISO 639-2. Berikut ini video tutorialnya:

Sebagai catatan untuk proses penerjemahan bahasa asing tidak 100% akurat. Beberapa frase atau kalimat yang panjang masih membutuhkan editing manual.

Menurut kamu apakah fitur semacam ini diperlukan juga untuk Microsoft Excel? Yuk kirimkan komentar kamu di bawah artikel ini ya. Jangan lupa untuk di share jika kamu rasa artikel ini bermanfaat untuk teman-teman kamu. 🙂