Cara mengatasi Ubuntu 14.04 tidak bisa update karena muncul pesan error seperti ini: ” Not enough free disk space ubuntu. The upgrade needs a total of 84,0 M free space on disk ‘/boot’. Please free at least an additional 24,2 M of disk space on ‘/boot’. Empty your trash and remove temporary packages of former installations using ‘sudo apt-get clean’.”

Untuk menyelesaikan masalah karena tidak bisa update pada OS Ubuntu, coba Anda jalankan dahulu perintah ini ‘sudo apt-get clean’ melalui terminal. Jika sudah dicoba, namun tetap tidak bisa melakukan update Ubuntu. Anda perlu menghapus kernel-kernel lama.

Sebelumnya cek terlebih dahulu versi kernel yang sedang Anda pakai saat ini dengan menggunakan perintah ‘uname -r’ pada jendela terminal. Contoh akan muncul seperti ini 3.16.0-45-generic | Maka versi lama dibawah versi yang Anda pakai bisa Anda hapus dengan menggunakan perintah di terminal atau aplikasi seperti Ubuntu-tweak.

Instalasi aplikasi bisa Anda lakukan dengan cara men-download aplikasinya dan melakukan instalasi dengan menggunakan Ubuntu Software Center. Setelah proses instalasi usai, arahkan ke Menu Janitor> Lalu beri centang pada Old Kernel. Proses selanjutnya Anda tinggal pilih kernel lama yang perlu dihapus saja. Setelah itu OS Ubuntu Anda sudah bisa lagi untuk di-update

Cara Mengatasi Ubuntu 14.04 Tidak Bisa Update

Cara Mengatasi Ubuntu 14.04 Tidak Bisa Update

Sumber gambar: http://askubuntu.com/questions/2793/how-do-i-remove-or-hide-old-kernel-versions-to-clean-up-the-boot-menu