Tips Mengembalikan Akun Facebook Kamu yang Dibajak Atau Dihack oleh Orang Lain dan Telah Diganti Password-nya

Saat pemilu kemarin di timeline Facebook banyak berkeliaran status dari teman, yang memberitahukan bahwa FB temannya di hack karena ngomongin kandidat X terlalu ekstrim di status facebooknya.

Ada lagi yang putus sama pacarnya, lalu si mantan yang tidak terima cintanya ditolak. Doi malah ngehack akun facebook pacarnya. Terus posting status facebook yang isinya ngejatuhin martabat si mantan.

Duh! Ada banyak kisah lainnya lagi dan motif seseorang ngehack akun facebook. Ciri-ciri akun facebook yang di hack umumnya, kamu tidak bisa login ke akun facebook kamu dengan password yang kamu gunakan sebelumnya.

Klo udah kayak gini gimana? Ada solusinya ga? InsyaAllah ada. Tenang.

Panduan Mengembalikan Akun Facebook yang Diretas

Sekarang akan kita bahas bagaimana cara mengembalikan akun facebook yang telah berhasil dibajak sebelumnya ke tangan pemilik aslinya. Tapi cara di bawah ini mungkin akan berhasil, dan mungkin saja tidak.

1. Apakah kamu masih bisa mengakses akun facebook kamu dari device yang kamu punya?

Saat kamu ga bisa login dari komputer, coba kamu akses melalui aplikasi facebook yang ada di smartphone. Apakah akun facebook kamu masih bisa diakses atau tidak. Karena tidak semua pembajak akun facebook ini langsung ganti password kamu.

Di tahap pertama ini, kalau kamu masih punya kesempatan untuk mengakses akun FB kamu melalui aplikasi facebook yang ada di smartphone. Langkah yang perlu kamu lakukan yaitu mengaktifkan fitur 2FA yang ada di Facebook.

Kalau ternyata si peretas sudah mengganti password akun facebooknya bagaimana? Coba langkah kedua di bawah ini.

2. Coba Reset Password Melalui Halaman Reset Password untuk Mengembalikan Akun Facebook Kamu

Sebelum kamu menggunakan cara yang kedua ini, pastikan kamu menggunakan device yang biasa kamu gunakan untuk login di Facebook. Misalnya kamu sering menggunakan smartphone android kamu, maka gunakan device ini.

Klo kamu lebih sering menggunakan laptop / komputer, maka gunakan device tersebut. Atau gunakan device yang paling terakhir banget kamu pakai saat mengakses akun facebook kamu itu apa. Clear ya sampai di sini?

Setelah itu, kamu klik tombol halaman reset kata sandi facebook, kamu bisa masukkan alamat email kamu atau nomor HP yang terdaftar. Jika tidak ditemukkan juga, kamu bisa mencari Facebook kamu dengan username FB kamu.

Setelah berhasil, yang perlu kamu lakukan yaitu memasukkan kode verifikasi yang tim Facebook kirimkan ke alamat email atau nomor HP yang sebelumnya telah kamu daftarkan. Tahap berikutnya tinggal ganti password facebook kamu.

Sampai di sini kamu sudah bisa mengembalikan akun facebook yang sebelumnya di hack. Ingat, gunakan password yang berbeda dan kuat antara email dan akun facebook ya. Serta, aktifkan selalu fitur 2FA yang ada di Facebook.

Saya sudah coba menggunakan cara kedua, namun belum berhasil juga. Lantas bagaimana? Kamu bisa coba cara ketiga ini.

3. Reset Password Melalui Kontak Terpercaya dari Facebook Teman Kamu

Kontak terpercaya adalah fitur keamanan tambahan yang dapat menjaga akun facebook kamu dari kasus pembajakan akun FB. Cara mengaktifkannya yaitu dengan cara pilih pengaturan > Keamanan dan Info Login >Penyiapan Keamanan Extra. Masukkan kontak terpercaya hingga 3 sampai 5 akun facebook, bisa dari saudara, keluarga, ataupun teman dekat kamu.

Cara mendapatkan kode pemulihan untuk mendapatkan akun facebook kamu kembali melalui kontak terpercaya ini yaitu dengan cara:

  1. Buka halaman facebook.com, lalu pilih lupa akun di halaman login.
  2. Lalu cari dan temukan akun facebook anda, bisa menggunakan nomor telepon, email, nama pengguna maupun nama lengkap.
  3. Di layar akan terdapat daftar alamat email yang tercantum di akun facebook kamu. Jika kamu tidak memiliki akses ke semua alamat email yang sebelumnya didaftarkan, klik tombol Tidak lagi memiliki akses?
  4. Masukkan alamat email dan nomor telepon yang bisa kamu akses, klik lanjutkan.
  5. Klik Perlihatkan Kontak Terpercaya, dan ketik nama lengkap dari salah satu kontak yang kamu percaya tersebut.
  6. Facebook akan memberitahukan kamu mengenai petunjuk disertai link khusus, yang di mana link tersebut berisi kode pemulihan yang hanya dapat diakses oleh Kontak Terpercaya kamu.
  7. Kirim link tersebut ke teman kamu dan minta mereka membukanya
  8. Lalu kode pemulihan akun kamu akan dikirimkan ke kontak terpercaya, dan minta kode tersebut dari mereka.
  9. Gunakan kode pemulihan tersebut untuk mengembalikan akun Facebook kamu.

4. Gunakan Fitur Lapor Akun Facebook telah Dihack

Facebook sendiri punya fitur lapor akun facebook yang telah dihack, secara garis besarnya cara yang digunakan untuk mengembalikan akun facebook pada cara keempat ini sama seperti cara di atas.

Proses recovery akun facebook dengan cara keempat ini, kamu harus mengetahui minimal password terakhir kamu itu apa. Karena kondisi facebook yang di hack itu password-nya sudah diganti (password terkini).

Kamu perlu memasukkan kembali password lama FB kamu yang sebelum di hack itu, untuk konfirmasi kepemilikan akun facebook kamu sendiri. Pusat bantuan untuk akun yang di hack bisa kamu baca di Keamanan Akun Facebook.

5. Hubungi Tim Facebook untuk Meminta Bantuan Kepada Mereka

Jika dari keempat cara di atas belum bisa juga untuk mengembalikan akun facebook yang telah diretas. Kamu bisa meminta bantuan kepada tim Facebook melalui email berikut ini security@facebookmail.com.

Kamu perlu melampirkan dokumen identitas diri seperti eKTP atau Password, serta melaporkan kronologi bagaimana akun kamu bisa diretas oleh orang lain. Namun perlu diingat namanya juga kontak via e-mail.

Laporan dengan kasus akun facebook yang di hack bisa ratusan ribu laporan mungkin per harinya. Jadi jangan berharap masalah kamu akan direspon oleh tim Facebook dalam waktu 1×24 jam. Mungkin butuh waktu beberapa minggu sampai akhirnya laporan kamu diproses oleh mereka.

Saat melaporkan juga pastikan akun facebook kamu itu, bukan akun facebook dengan inisial alay atau facebook yang tidak mencerminkan diri kamu sesungguhnya. Kalau akun alay atau akun bot. Ya, bisa dipastikan tidak akan diproses oleh mereka.

Apakah cara di atas bermanfaat untuk kamu? Bagikan tulisan di atas melalui tombol share artikel yang ada di bawah artikel ini, siapa tahu ada teman atau saudara kamu yang membutuhkan.

Jika kamu punya cara lain yang lebih manjur dari cara di atas. Kamu bisa infokan ke kami melalui kotak komentar yang ada di bawah artikel ini. Yuk share pengalaman kalian juga. Semoga bermanfaat!