Cara Mengetahui Adzan dan Kiblat Melalui Android, waktu libur lebaran kemarin saya dan keluarga besar berlibur di sebuah rumah villa, di daerah Jawa Timur.

Setelah proses bebenah dan main-main usai. Masuklah waktu adzan, untuk menunaikan solat zuhur. Tetapi pada saat kami ingin solat, di rumah villa tersebut tidak ada petunjuk arah kiblat.

Beruntung di ponsel pintar yang saya pergunakan sudah di-install aplikasi yang bernama Salatuk. Dengan aplikasi Salatuk kita bisa mengetahui kapan waktu solat tiba berdasarkan lokasi tempat kita berada, kalender islam, arah kiblat, dan lokasi mesjid terdekat dari tempat kita berada saat ini.

Guna meningkatkan keakuratan dari lokasi tempat kita berada. Anda jangan lupa untuk menyalakan GPS Location pada ponsel pintar Android Anda. Hingga saat ini aplikasi tersebut cukup akurat, akan tetapi pada kondisi tertentu seperti adzan magrib untuk berbuka puasa.

Lebih baik Anda mengikuti waktu adzan yang ada di televisi atau radio lokal tempat Anda berada. Karena sering kali ada perbedaan waktu antara aplikasi salatuk dengan waktu adzan setempat. Cara paling aman apabila Anda tetap ingin menggunakan aplikasi tersebut sebagai penanda adzan, yaitu dengan memberikan jangka waktu tertentu.

Misalnya 10-15 menit setelah salatuk mengumandangkan adzan. Biasanya waktu lokal juga sudah masuk. Selanjutnya, dalam penggunaaan arah kiblat. Penggunaan Wi-Fi akan membuat perangkat ponsel pintar Anda lebih akurat dibandingkan menggunakan mobile data. Tertarik menggunakan aplikasi Salatuk? Download saja di sini.