Lupa dengan Nomor Induk Mahasiswa? Berikut Cara Mengetahui NIM Kamu Melalui Situs Forlap Dikti

NIM adalah Nomor Induk Mahasiswa, ada juga yang menyebut dengan NPM (Nomor Pokok Mahasiswa). Keduanya memiliki arti yang sama.
Fungsi NIM atau NPM ini sangat berguna sekali dalam kehidupan kampus, misalnya pada saat sewa buku diperpustakaan, pengajuan beasiswa, hingga peneliatan dan skripsian juga.
Selain itu ada banyak lagi manfaat NIM dan NPM ini. Beberapa universitas juga menggunakan nomor NIM atau NPM sebagai rekening virtual guna memudahkan pembayaran kuliah melalui ATM.

Di sisi lain, apabila kamu sudah lulus dari perguruan tinggi. Perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan akan mengecek dua hal dari pelamarnya yaitu NIM dan keaslian ijazah si pelamar.
Hal ini guna meminimalisir mahasiswa yang ilegal. Sehingga data-data mengenai kemahasiswaan perlu diverifikasi oleh perusahaan. Oleh karena itu pastikan kampus kamu terdaftar di dikti.

Cara mengetahui NIM melalui situs Forlap Dikti seperti apa?

1. Kamu bisa mengetahui nim dengan mengakses situs forlap.ristekdikti.go.id.

2. Selanjutnya pada menu pilih Pencarian Data > Profil Mahasiswa

3. Masukkan Perguruan Tinggi Tempat Kamu Menuntut Ilmu dan Nama Lengkap Kamu

Buat kamu yang mungkin sudah cari nama kampus tapi tidak ketemu juga. Ada beberapa kemungkinanan yang terjadi seperti adanya typo pada nama kamu pada saat pendaftaran.
Mungkin juga bisa karena kamu salah memasukkan nama perguruan tinggi, untuk kamu yang lupa berikut ini daftar politeknik negeri yang mungkin bisa membantu kamu.
Pastikan juga pada captcha pengaman, perhitungan yang kamu masukkan itu benar. Setelah itu klik tombol cari mahasiswa. Di halaman selanjutnya barulah muncul informasi mengenai diri anda.

Cara mengetahui keaslian ijazah mahasiswa melalui SIVIL

Ijazah menjadi salah satu bukti bahwa seorang mahasiswa telah lulus dari sebuah perguruan tinggi. Sayangnya banyak orang menghalalkan segala secara untuk mendapatkan ijazah.
Dahulu memang ijazah bisa diotak atik dengan cara membuat selembar ijazah yang mirip (asli tapi palsu) dengan mengatasnamakan sebuah kampus x atau y. 
Saat ini hampir bisa dibilang cara semacam itu tidak akan bisa lagi dilakukan karena setiap perusahaan bisa mengetahui mana ijazah asli dan yang palsu melalui situs SIVIL.
Apa itu SIVIL? Sivil adalah Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaaan Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
Tinggal kamu masukkan saja nama perguruan tinggi dan nomor ijazah kamu. Di mana saya mengetahui nomor ijazah yang saya miliki? Silahkan kamu lihat ijazah kamu di sana ada informasi mengenai nomor ijazah.
Setelah itu klik tombol verifikasi, nomor yang bisa di trace dan menunjukan hasil pada situs Sivil menandakan ijazah tersebut memang asli, sedangkan yang tidak muncul berarti ijazah tersebut terindikasi palsu.
Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu. Jika ada pertanyaan mengenai hal di atas. Silahkan tinggalkan komentar kamu di bawah artikel ini ya. Yuk kita sharing. 🙂