Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dari waktu ke waktu, saat ini tidak menutup kemungkinan seseorang bisa membeli ponsel pintar, mobil, motor, atau bahkan yang lebih besar lagi dari ketiga hal tersebut, yaitu membeli sayuran juga bisa dilakukan melalui ponsel pintar yang mereka miliki, dari tempat manapun dan kapanpun. Serius? Iya serius. Hehe #KeliatanBercanda
Lalu klo mau membeli emas, melalui toko emas online. Bisa juga dong? Ya, bisa juga. Anda mau beli perhiasan emas, emas batangan, dan emas koin bisa juga membelinya secara online. Ah, saya takut ditipu?! Tenang, hari ini kita akan membahas tentang cara mengetahui toko emas online terpercaya.
Beberapa tips berikut akan meminimalisir resiko penipuan ketika Anda membeli emas secara online. Jika Anda punya pengalaman ditipu atau tertipu karena membeli emas secara online. Mohon kirimkan cerita pengalaman Anda melalui kotak komentar di bawah artikel ini ya. 🙂

1. Perhatikan Legalitas dari Perusahaan yang Memiliki Toko Online Emas Tersebut

Cek Legalitas Perusahaan yang Menjadi Pemilik Toko Online Emas Tersebut via kcdee.org

Cek Legalitas Perusahaan yang Menjadi Pemilik Toko Online Emas Tersebut via kcdee.org


Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya pada artikel ciri investasi bodong emas bohong, ternyata penting bagi kita untuk mengenali perusahaan pemilik dari toko online sebelum kita melakukan transaksi. Anda bisa mendapatkan informasi tentang perusahaan pemilik dari toko online tersebut biasanya melalui menu yang ada di website toko online tersebut.
Adapun informasinya biasanya dapat Anda baca melalui menu about usour company, sejarah perusahaan, informasi tentang perusahaan, dan seterusnya. Jika memang benar toko online tersebut berbadan hukum, biasanya rekening yang dipergunakan juga atas nama perusahaan bukan individu. Lebih menyakinkan lagi apabila toko online emas tersebut juga melampirkan informasi tentang legalitas perusahaannya pada website toko online mereka.

2. Pilih Toko Online yang Memiliki Site Seals dan Security Seals

Pilih Toko Online yang Memiliki Site Seals and Security Seals via getrooster.com

Pilih Toko Online yang Memiliki Site Seals and Security Seals via getrooster.com


Jika Anda ingin membeli sesuatu di toko online, dalam hal ini membeli emas. Pastikan data-data Anda selama transaksi dilindungi oleh SSL (Secure Socket Layer) sehingga data-data sensitif seperti password, kartu kredit, identitas Anda, dan hal-hal sensitif lainnya terproteksi dan tidak dapat “dibajak” oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Biasanya situs SSL ditandai dengan beberapa contoh security seals seperti yang ada di gambar atas, meskipun ada juga yang tidak menggunakan security seals tetapi tetap toko online tersebut harus diakses dengan https. Mutlak bagi Anda mengakses toko online yang mendukung SSL dengan https:// bukan http:// biasa. Https:// bertanda toko online tersebut menggunakan SSL. Sejauh ini ada juga toko online yang masih menggunakan http:// yang tidak memiliki enskripsi. Agar perlidungan data Anda terjamin keamanannya, saran saya pilihlah toko emas online yang mendukung fitur SSL.

3. Perhatikan Syarat dan Ketentuan yang Berlaku dalam Pelayanan Toko Online

via kimcorealty.com

Perhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku di toko online emas tersebut via kimcorealty.com


Ketika Anda berbelanja online, perhatikan dengan baik syarat dan ketentuan yang berlaku di toko online emas tersebut. Misalnya jika Anda membeli emas perhiasan secara online. Berapa lamakah barang akan sampai? Dan layanan kurir apa yang akan dipergunakan untuk mengantar barang tersebut sampai ke lokasi Anda. Oh ya, sebagai bocoran pada artikel selanjutnya kita akan membahas layanan pengiriman barang yang biasanya digunakan dalam pengiriman emas ya.
Selanjutnya ada lagi, misalnya bagaimana cara penyelesaian apabila emas perhiasan. Contohnya cincin, tidak muat dijari Anda. Bagaimana proses pengiriman barang ulang ke si penjual, lalu adakah jaminan uang kembali jika barang yang diterima cacat, rusak, atau tidak sesuai dengan yang disepakati bersama. Siapakah yang akan bertanggung jawab apabila barang hilang ketika proses antar, dan masih banyak lagi informasi yang bisa kita dapatkan melalui syarat dan ketentuan.
Beberapa orang ada yang malas membaca, karena banyaknya bacaan yang tertera di syarat dan ketentuan. Tapi menurut saya hal ini perlu Anda baca secara teliti. Agar Anda paham hak dan kewajiban Anda sebagai pembeli dan hak dan kewajiban perusahaan pemilik toko online sebagai penjual.

4. Minta Kartu Nama dan Rekomendasi Toko Emas Online Terpercaya

via copelandcoaching.com

Minta Kartu Nama Toko Emas Terpercaya Anda via copelandcoaching.com


Nah jika Anda telah memiliki sebelumnya channel atau relasi dengan penjual toko emas, baik itu toko yang menjual emas perhiasan, emas batangan, atau emas koin. Anda bisa meminta kartu nama mereka. Lalu, Anda bisa bertanya kepada mereka langsung. Apakah mereka menjual emas secara online juga. Jika ia, mintalah alamat website dari toko online emas mereka. Hal ini lebih aman dibandingkan Anda bertransaksi di toko online emas yang tidak Anda kenal siapa pemiliknya.

5. Jalin Kemitraan dengan Peserta (Exhibitor) Pameran Emas Perak atau Logam Mulia Lainnya

via kidsandfamilyexpo.com

Jalin Kemitraan dengan Peserta Pameran Emas, perak, dan logam mulia via kidsandfamilyexpo.com


Di Indonesia sendiri pameran perhiasaan, pameran tentang Emas, atau pameran-pameran yang mengangkat tema tentang emas, perak, dan logam mulia lainnya sudah banyak jumlah peserta pameran yang mengikutinya. Ketika Anda sedang mengikuti suatu agenda pameran di Jakarta Convention Center(JCC), Jakarta International Expo (JIExpo),  Indonesian Convention Exhibition (ICE), atau Indonesia International Expo (IIE).
Ada baiknya, Anda juga berkenalan dengan para peserta pameran (exhibitor). Pameran di sini maksudnya juga pameran emas dan perak ya. Setelah berkenalan, Anda bisa melakukan tradisi “tukar kartu nama” dengan mereka, tidak ada salahnya jika Anda tertarik dengan produk mereka. Anda bisa tanyakan pula apakah mereka memiliki toko emas atau perak online. Sehingga suatu saat apabila Anda ingin membeli barang-barang yang ditampilkan pada saat pameran, Anda bisa membelinya juga secara online tanpa perlu ke toko tempat mereka berjualan secara nyata.

6. Bacalah Review Komentar dari Klien-klien yang Sudah Pernah Menggunakan Layanan dari Toko Online Emas itu Sebelumnya

via bestmagentoextensions.net

Bacalah testimoni dari pembeli toko online tersebut via bestmagentoextensions.net


Testimonial dari para buyer (pembeli) dari sebuah toko online bisa meningkatkan citra dan kepercayaan dari toko online tersebut, atau malah bisa sebaliknya. Jika Anda ingin membeli emas secara online. Tak ada salahnya, jika Anda membaca kumpulan testimonial dari beberapa pembeli sebelum Anda, yang tersebar di internet. Pada tulisan blog atau website pribadi, komunitas online, maupun group tertutup seperti di Facebook.
Sekiranya tingkat kepuasan mereka sebelum, ketika, dan sesudah proses pelayanan. Apakah mereka puas atau tidak dengan pelayanan toko online emas tersebut. Jika review ternyata hasilnya banyak yang komplain, bermasalah, dan banyak komentar negatif lainnya. Lebih baik Anda tinggalkan saja. Cari toko online emas yang lain.

7. Ceritakan Pengalaman Anda Melalui Tulisan Review Singkat

via kinja-img.com

Tulislah review singkat pada blog atau komunitas online via kinja-img.com


Agar mempermudah orang lain yang sama seperti Anda dulu, yaitu bingung mencari toko online emas yang terpercaya dan baik hasilnya. Anda bisa membantu mereka dengan menuliskan review pelayanan toko online emas, di mana dahulu Anda pernah menggunakan layanan produk dari toko emas online tadi. Pada blog pribadi Anda, atau komunitas online seperti Kaskus, bisa juga dengan menulis di group Facebook. Sehingga orang lain bisa mendapatkan gambaran tentang pelayanan toko emas online yang Anda maksud.
Semoga artikel di atas bisa bermanfaat, baca juga dua tulisan saya yang lain tentang cara cek harga emas antam terkini via laptop, dan cara cek harga logam mulia hari ini dengan menggunakan ponsel pintar.