Sebagian besar pengguna WordPress tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah plugin. Plugin memudahkan proses penambahan fitur pada WordPress.

Bagi pengguna yang tidak ahli dalam hal koding, plugin merupakan sesuatu yang sangat berguna. kamu tinggal menginstal dan mengikuti instruksi yang ada jika ingin menambahkan fitur baru pada WordPress.

Ada banyak sekali jenis plugin untuk WordPress. Banyak orang menggunakan WP Mail SMTP, baik itu untuk WordPress skala kecil ataupun skala besar.

Apa Itu WP Plugin WP Mail SMTP?

Langkah-langkah pengaturan plugin WP Mail SMTP

Banyak orang menggunakan plugin ini untuk memudahkan proses konfigurasi SMTP pada WordPress. Salah satu plugin SMTP terbaik adalah WP Mail SMTP.

Plugin tersebut memungkinkan kamu untuk mengirimkan e-mail WordPress dengan mudah. WP Plugin SMTP ini membuat proses pengiriman pesan email menjadi aman. Server SMTP juga yang membuat proses pengiriman email menjadi aman.

Pada saat proses pengaturan situs WordPress, mungkin kamu tidak mendapatkan email apapun dari WordPress. Email tersebut biasanya berisi pemberitahuan ataupun plugin kontak WordPress.

Alasan kamu tidak mendapatkan email tersebut adalah karena biasanya WordPress biasanya menggunakan fungsi PHP mail (). Fungsi tersebutlah yang WordPress gunakan untuk mengirimkan email.

Namun, sebagian besar dari perusahaan hosting tidak mengkonfigurasi fungsi tersebut dengan benar bahkan ada yang menonaktifkan fungsi tersebut. Sehingga kamu tidak mendapatkan email apapun dari WordPress kamu.

Masalah tersebut dapat kamu atasi dengan menggunakan WP Mail SMTP. Dengan menggunakan protokol SMTP, maka pesan email kamu akan terjamin keamanannya.

Sebagian besar dari perusahaan hosting biasanya menawarkan alamat email gratis yang dapat digunakan dengan menggunakan nama domain kamu sendiri. Namun, lebih baik kamu menggunakan alamat email terpisah untuk situs WordPress.

Kamu dapat menggunakan email tersebut untuk mengirim email pada WordPress. Akan tetapi, kamu perlu memberitahu WordPress agar dapat terhubung dengan server email kamu.

Pada bagian inilah plugin WP Mail SMTP dimasukkan sehingga memungkinkan kamu untuk mengirimkan email WordPress. Proses pengiriman email ini dilakukan melalui SMTP dengan cara memasukkan SMTP credentials.

Cara Menginstal Plugin WP Mail SMTP

Agar bisa digunakan, tentu saja kamu harus menginstall plugin WP Mail SMTP terlebih dahulu. Ada tiga cara yang dapat dilakukan dalam menginstall plugin WordPress, diantaranya adalah:

Cara Menambahkan Plugin Melalui Dashboard Admin WordPress

Kamu dapat menginstall plugin WordPress dengan menggunakan plugin search. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dalam menginstall plugin pada WordPress.

Akan tetapi cara ini memiliki kelemahan, yaitu plugin yang akan diinstall harusnya berada di dalam direktori plugin WordPress. Plugin yang berada di dalam direktori tersebut merupakan plugin gratisan.

Cara menginstal melalui plugin search adalah dengan pergi ke menu Plugins kemudian pilih Add New. Kemudian, kamu dapat mencari plugin yang akan diinstal pada kotak pencarian yang ada di bagian kanan atas halaman, cari plugin...

Setelah menemukan plugin yang dicari, kamu dapat mengklik button “Install Now”. WordPress akan mendownload dan menginstal plugin.

Setelah terinstall, buttonInstall Now” akan berubah menjadi “Active”. Selanjutnya klik button tersebut untuk mengaktifkan fungsi dari plugin yang telah diinstall, kemudian lakukan konfigurasi pada plugin tersebut.

2. Menggunakan WordPress Admin Plugin Upload

Cara Unggah Plugin Menggunakan Format .Zip Pada Dashboard WordPress

Cara ini digunakan apabila plugin yang ingin diinstall tidak tersedia di dalam direktori plugin WordPress. Biasanya jenis plugin tersebut merupakan plugin berbayar atau premium.

Pertama, download plugin yang akan diinstal dalam ekstensi zip. Kemudian pada WordPress, pergi ke menu Plugin dan pilih Add New.

Klik button “Add Plugin” pada bagian atas halaman. Kemudian tambahkan plugin yang telah di download sebelumnya dengan memilih pilihan “choose file”.

Setelah itu, klik button “Install Now” dan WordPress akan menginstall plugin yang telah ditambahkan tadi. Jika sudah terinstall, maka kamu dapat mengaktifkan plugin tersebut dengan mengklik pilihan “Active Plugin”.

3. Menginstall Secara Manual Menggunakan FTP

Terdapat beberapa kasus di mana penyedia hosting untuk WordPress membatasi file plugin. Dengan demikian, bisa saja kemampuan WordPress dalam menginstall plugin dari area admin menjadi terbatas.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat menggunakan FTP untuk menginstall plugin secara manual. Namun, proses penginstallan ini cukup rumit terutama bagi pemula.

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengunduh plugin yang akan diinstall dalam bentuk zip. Kemudian ekstrak file tersebut di dalam komputer.

Kemudian unggah file yang telah diekstrak tersebut ke dalam situs web kamu dengan menggunakan klien FTP. Kamu juga perlu mengakses host melalu manajer FTP.

Jika tidak mengetahui nama pengguna dan kata sandi, maka hubungi penyedia hosting yang kamu gunakan dan tanyakan. Selanjutnya buka klien FTP melalui komputer dan sambungkan pada situs website dengan melalui kredensial login.

Setelah terhubung, pergilah ke folder / wp-content / plugins / pada situs kamu. Silahkan kamu unggah folder yang telah diekstrak tadi pada server website.

Untuk melihat plugin sudah terpasang atau belum, kamu dapat mengunjungi area admin WordPress. Kemudian, klik tautan plugin pada menu admin.

Setelah ada, kamu dapat mengaktifkan plugin tersebut dengan mengklik pilihan “Activate”. Selanjutnya silahkan lakukan konfigurasi terhadap plugin yang telah kamu aktifkan sebelumnya.

Cara Mengkonfigurasi WP Mail SMTP

Sebelum menggunakan WP Mail SMTP, kamu perlu melakukan konfigurasi terlebih dahulu. Konfigurasi ini biasanya meliputi:

  • From Email: Semua email yang akan dikirimkan haruslah memiliki alamat. Kamu harus mengisi bagian ini dengan benar agar tidak terjadi kesalahan.
  • From Name: Email yang dikirimkan akan menggunakan nama. Akan lebih baik jika kamu menggunakan judul situs website sebagai nama.
  • Mailer: Kamu harus memilih “other SMTP” pada proses konfigurasi ini, Ha1 ini dikarenakan kamu akan mengirim email menggunakan server SMTP milik hostmu.
  • Return Path: Agar kamu bisa mendapatkan pemberitahuan mengenai pengiriman pesan, maka centang kotak ini. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan pemberitahuan jika pesan telah terkirim ataupun pesan terpental.

Jika kamu menggunakan mailer pihak ketiga, maka email WordPress dapat dikirim melalui Gmail SMTP. Selain itu, apabila kamu ingin tetap selalu menggunakan host milik sendiri maka kamu harus memilih “other SMTP”.

Proses konfigurasi ini dapat kamu lihat pada gambar di bawah ini.

Pengaturan Pada Plugin SMTP di WordPress

Langkah selanjutnya adalah memasukkan pengaturan server SMTP. Perusahaan hosting biasanya telah menyediakan pengaturan server tersebut secara lengkap. Kamu juga harus mengonfigurasi beberapa hal, daintaranya adalah:

  • SMTP Host: Merupakan alamat dari host SMTP. Biasanya perusahaan hosting yang bersangkutan akan menyediakan alamat email bagi penggunanya, umumnya pada hosting yang menggunakan panel, seperti cPanel, Plesk, dst.
  • Enkripsi: Server email bisanya menggunakan aturan enkripsi ini. Aturan server ini yang akan mengirimkan email dengan aman.
  • Port SMTP: Merupakan port yang akan digunakan oleh server sebagai jalan keluarnya email.
  • TLS Otomatis: Pada saat melakukan konfigurasi, pengaturan ini harus disetel menjadi keadaan “ON”
  • Autentikasi: Harus disetel menjadi “aktif”.
  • Nama Pengguna SMTP: Biasanya menggunakan alamat email yang digunakan untuk mengirimkan email.
  • Kata Sandi SMTP: Merupakan kata sandi yang kamu gunakan untuk mengirimkan email. Kamu sebaiknya menyimpan kata sandi ini di dalam file wp-config.php.

Agar terhubung dengan server SMTP dimana saja, kamu harus melakukan konfigurasi. Namun, setiap perusahaan hosting memiliki value yang berbeda2 dalam melakukan konfigurasi SMTP di server mereka.

Berikut ini merupakan beberapa cara melakukan konfigurasi ataupun set up WP Mail SMTP berdasarkan beberapa jenis perusahaan hosting.

1. Konfigurasi WP Mail SMTP Pada Bluehost

Salah satu jenis perusahaan hosting yang cukup terkenal adalah Bluehost. Perusahaan ini merupakan salah satu dari perusahaan hosting terbesar di dunia.

Selain WordPress, hosting provider dari perusahaan ini juga sangat cocok untuk website bisnis kecil. Hosting ini memiliki tampilan dan pengaturan yang sangat ramah bagi pemula

Konfigurasi yang harus di perhatikan ketika menggunakan WP Mail SMTP pada hosting Bluehost antara lain adalah:

  • SMTP Host: mail.example.com
  • Enkripsi: TLS
  • SMTP Port: 587
  • SMTP Username: kamu dapat mengisinya sesuai dengan alamat email WorPress
  • SMTP Password: password akun email kamu

2. Konfigurasi WP Mail SMTP Pada SiteGround

Perusahaan hosting lainnya yang populer adalah SiteGround. Mereka menawarkan layanan shared hosting yang terkelola dengan sangat baik.

Banyak orang menggunakan jasa perusahaan hosting ini karena menawarkan kualitas dan pelayanan yang baik. Cara konfigurasi WP Mail SMTP pada SiteGround antara lain adalah:

  • SMTP Host: example.com
  • Enkripsi: TLS
  • SMTP Port: 587
  • SMTP Username: isi sesuai dengan alamat email WordPress yang kamu miliki
  • SMTP Password: password akun email kamu

3. Konfigurasi WP Mail SMTP Pada HostGator

HostGator juga merupakan salah satu hosting yang cukup populer. Ada banyak sekali website-website menggunakan hosting ini, baik itu skala besar ataupun skala kecil.

HostGator memiliki value yang berbeda yang kamu harus isi ketika mengonfigurasi WP Mail SMTP, sama seperti kedua perusahaan hosting sebelumnya. Value yang harus diisi tersebut ketika menggunakan server HostGator antara lain adalah:

  • SMTP Host: full.servename.com
  • Enkripsi: TLS
  • SMTP Port: 465
  • SMTP Username: isi sesuai dengan alamat email WordPress yang kamu miliki
  • SMTP Password: password akun email kamu

Jika menggunakan HostGator sebagai hosting, domain atau server hostname lah yang digunakan untuk mengisi SMTP Host. Kamu dapat menemukan domain itu pada dashboard cPanel.

Kamu hanya perlu login pada akun cPanel. Kemudian lihat pada panel bagian kanan dan pada bagian paling bawah, kamu akan melihat server hostname.

4. Konfigurasi WP Mail SMTP Pada Dreamhost

Perusahaan hosting lainnya yang terkenal adalah Dreamhost. Perusahaan yang telah berdiri sejak 1997 ini menawarkan shared hosting untuk WordPress serta manajemen dan perencanaan untuk VPS hosting.

Jika kamu menggunakan WP Mail SMTP pada Dreamhost, maka ada beberapa pengaturan SMTP yang harus atur. Pengaturan sesuai hosting Dreamhost antara lain adalah:

  • SMTP Host: smtp.dreamhost.com
  • Enkripsi: TLS
  • SMTP Port: 465
  • SMTP Username: isilah sesuai dengan alamat email WordPress yang kamu miliki
  • SMTP Password: password akun email kamu

Kamu dapat melihat bahwa pada proses pengaturan SMTP, Dreamhost tidak menggunakan nama domain sebagai server email. Untuk proses pengelolaan email, hosting ini menggunakan server yang berbeda.

Oleh karena itu, kamu harus mencari tahu dahulu mengenai server mana yang digunakan oleh akun hosting. Setelah itu baru lakukan konfigurasi SMTP. Caranya adalah dengan masuk ke dalam panel hosting Dreamhost.

Setelah masuk, kamu dapat pergi ke halaman Support kemudian Data Centers. Kamu perlu men-scroll ke bawah halaman mail service section.

Kamu akan menemukan nama cluster email pada bagian bawah kolom rincian yang berada di sebelah nama domain. Selanjutnya, kamu hanya perlu mengunjungi halaman konfigurasi email Dreamhost.

Gulir kursor ke bawah menuju bagian ‘Where to find your mail hostname (cluster) name’. Pada bagian tersebut, kamu dapat mencocokkan nama host email dengan nama yang ada di tabel dan salinlah alamat outgoing server untuk dijadikan SMTP host.

5. Konfigurasi WP Mail SMTP Pada InMotion Hosting

Adapun konfigurasi SMTP yang harus kamu lakukan jika menggunakan InMotion Hosting adalah:

  • SMTP Host: server##.inmotionhosting.com
  • Enkripsi: TLS
  • SMTP Port: 465
  • SMTP Username: isi sesuai dengan alamat email WordPress yang kamu miliki
  • SMTP Password: password akun email kamu

Kamu harus mengganti tanda pagar dengan nomor hosting yang dimiliki. Cara menemukan nomor server tersebut adalah dengan cara masuk ke dalam dashboard cPanel dan klik ikon Account Technical Details.

6. Konfigurasi WP Mail SMTP Pada GoDaddy

GoDaddy merupakan domain name register yang paling populer di dunia. Perusahaan ini telah mengelola lebih dari 76 juta nama domain dan memiliki lebih dari 17,6 juta pelanggan.

GoDaddy menawarkan banyak sekali paket hosting dengan jenis yang beragam. Kamu dapat mengkonfigurasi WP Mail SMTP agar bisa digunakan pada paket hosting GoDaddy dengan mengisi value seperti:

  • SMTP Host: mail.example.com
  • Enkripsi: TLS
  • SMTP Port: 587
  • SMTP Username: isi sesuai dengan alamat email WordPress yang kamu miliki
  • SMTP Password: password akun email kamu

7. Konfigurasi WP Mail SMTP Pada iPage

Untuk menghubungkan WP Mail SMTP dengan server hosting iPage, kamu dapat melakukan konfigurasi SMTP dengan cara mengisi beberapa value, diantaranya adalah:

  • SMTP Host: smtp.ipage.com
  • Enkripsi: TLS
  • SMTP Port: 587
  • SMTP Username: isi sesuai dengan alamat email WordPress yang kamu miliki
  • SMTP Password: password akun email kamu.

8. Konfigurasi WP Mail SMTP Pada GreenGeeks

Berikut ini merupakan beberapa pengaturan SMTP yang dapat digunakan untuk menghubungkan WP Mail SMTP dengan server hosting GreenGeeks

  • SMTP Host: mail.example.com
  • Enkripsi: SSL
  • SMTP Port: 465
  • SMTP Username: isi sesuai dengan alamat email WordPress yang kamu miliki
  • SMTP Password: password akun email kamu.

9. Konfigurasi WP Mail SMTP Pada JustHost

Berikut ini merupakan beberapa pengaturan SMTP yang dapat kamu gunakan untuk menghubungkan WP Mail SMTP dengan server hosting JustHost:

  • SMTP Host: mail.example.com
  • Enkripsi: SSL
  • SMTP Port: 465
  • SMTP Username: isi sesuai dengan alamat email WordPress yang kamu miliki
  • SMTP Password: password akun email kamu.

10. Konfigurasi WP Mail SMTP Menggunakan Layanan Pihak Ketiga

Beberapa perusahaan penyedia hosting tidak menawarkan layanan email. Oleh karena itu, untuk mengirimkan email menggunakan SMTP kamu membutuhkan layanan dari pihak ketiga.

Layanan Google Suite dapat menjadi pilihan terbaik yang bisa kamu gunakan. Layanan ini memungkinkan untuk membuat alamat email bisnis yang profesional.

Layanan ini menggunakan nama domain yang ada dengan aplikasi Google populer, seperti Gmail, Google Drive, Kalender dan masih banyak lagi.

Selain layanan GSuite, kamu juga dapat menggunakan layanan MailGun, SendGrid, dan Zoho Mail untuk mengirimkan email WordPress, Keduanya juga memiliki layanan yang profesional dan dapat memudahkan kamu dalam proses pengiriman email.

Demikianlah artikel mengenai WP Mail SMTP dan cara konfigurasinya. Semoga dapat membantu kamu yang ingin mempelajari mengenai cara melakukan konfigurasi pada WP Mail SMTP.

Sumber Referensi:

How to Set up WP Mail SMTP with Any Host (Ultimate Guide)