Hari ini kita akan mencoba sama-sama belajar untuk menghancurkan mental blok yang ada di dalam diri kita. Saya punya kisah terkait dengan mental blok ini.

Ada seorang peneliti ingin meneliti tentang mental blok. Dalam penelitian tersebut dipergunakanlah seekor ikan buas yang sangat terkenal di afrika yang bernama ikan piranha. Ikan tersebut termasuk golongan ikan karnivora atau makananannya kebanyakan daging.

Agar memudahkan penelitian maka saat ini ikan tersebut dipindakan ke dalam kolam akuarium, lalu ikan tersebut diberi skat atau pembatas kaca transparan. Di sisi lain dari kolam adalah tempat ikan-ikan kecil berada. Makanan dari ikan piranha.

Saat lapar sang ikan piranha langsung mencoba menyergap ikan-ikan kecil tersebut, dicoba dengan upaya yang sangat kuat sekali namun ‘tok’ ikan piranha terpentok dengan skat kaca transparan tersebut. Kembali lagi dicoba dengan usaha yang lebih kuat lagi, ‘Tok’ Semakin kencang, semakin sakit karena terpentok oleh skat kaca transparan.

Pada percobaan yang ketiga sang ikan piranha mendapatkan hasil yang sama, yaitu terpentok oleh skat pembatas kaca. Alhasil beberapa hari kemudian karena tiap lapar dicoba tidak bisa memakan ikan kecil tersebut. Sang Ikan Piranha akhirnya putus asa. Lalu, setelah beberapa hari dibukalah skat dengan kaca tersebut.

Pertanyaaannya adalah apakah ikan piranha tersebut mau memakan ikan-ikan kecil yang sudah bercampur dengan dirinya? Jawabannya adalah tidak. Mengapa? Karena si ikan piranha berpikir seandainya dia mencoba memakan ikan kecil yang ada di hadapannya saat ini, ketika dia mencoba memakannya yang ada dia nanti terpentok lagi.

Kurang lebih itulah gambaran dari mental blok, maka saat ini saya mencoba mengajak Anda untuk mengenali dan mengindentifikasi terlebih dahulu apa hal yang menjadi mental blok Anda. Baik, Anda bisa mempersiapkan kertas dan pulpen atau alat tulis lainnya. Lalu buatlah beberapa tabel seperti gambar di bawah ini:

Identifikasi Mental Blok

Identifikasi Mental Blok

Jika sudah membuat seperti tabel di atas, langsung pikirkan dan rasakan. Kira-kira apa hal yang menjadikan mental blok bagi diri Anda selama ini. Tuliskan kalau bisa hanya satu kata saja. Misalnya: “Gerogi, malu, takut, dst.” Satu kata, di Satu Tabel. Isi penuh 6 tabelnya ataupun klo tidak penuh tidak apa.

Selanjutnya dari 6 tabel yang sudah terisi, pilihlah 1 kata dan 1 tabel yang sama. Hal atau mental blok yang ingin Anda hancurkan. Jika sudah tugas berikutnya adalah simpan catatan Anda dengan baik. Artikel selanjutnya akan membahas tentang bagaimana Anda membuang ketakutan di dalam diri Anda tersebut. Siap?