Di dunia kerja untuk sukses ada 2 jalan yang bisa Anda tempuh, yaitu menjadi seorang profesional atau menjadi seorang pengusaha. Kali ini saya membahas bagaimana cara menjadi karyawan teladan.

Karyawan yang dicintai oleh atasan, karyawan yang disayangi oleh teman-teman di kantor. Apa yang harus dilakukan untuk menjadi seorang karyawan teladan? Minimal ada 3 karakter yang perlu dimiliki oleh seoranng karyawan teladan, yaitu Speed, Quality, dan Attitude.

Pertama, Speed. Secara bahasa Indonesia artinya adalah cepat. Cepat di sini adalah bagaimana Anda mengerjakan segala sesuatu yang tertuang di dalam job description atasan Anda dengan cepat, tepat, dan benar. Jika Anda sudah menyelesaikan pekerjaan Anda sebelum waktu pulang tiba, ada baiknya Anda mengerjakan hal yang bisa dikerjakan besok untuk dikerjakan hari ini juga. Ingat, perlu latihan terus menerus untuk mendapatkan performa terbaik dari speed ini.

Analoginya adalah seorang pelari yang handal. Dia akan terus berlatih pagi, siang, dan sore untuk meningkatkan stamina, fleksibelitas, dan kecepatan dirinya. Seorang karyawan teladan akan terus belajar untuk mengelola dirinya dengan baik, mengelola waktunya dengan baik, dan mengelola segala sumber daya yang dimilikinya dengan optimal.

Kedua,  Quality. Terkadang di dunia profesional, beberapa di antaranya ada yang merasa bahwa dirinya seharusnya digaji lebih tinggi dari pendapatannya hari ini karena merasa bahwasannya dia memiliki kemampuan yang lebih. Akibat gaji tak kunjung naik juga. Alhasil dia memutuskan untuk menurunkan performa kinerjanya di kantor. Aha, apakah hal ini dibenarkan? Jika ingin menjadi seorang karyawan teladan. Maka cara di atas tidak dibenarkan. Seorang karyawan teladan harus memiliki mindset bahwasannya kerja adalah ibadah.

Sehingga waktu yang dihabiskan selama di kantor dan diperjalanan yakinlah bahwasannya Allah menilai hal tersebut. Jika sudah mampu memahahi bahwasannya kerja adalah ibadah. Maka nilai-nilai lain seperti kejujuran, integritas, dan seterusnya akan terjaga. Percayalah jika Anda selalu memberikan yang terbaik dari diri Anda ketika berkerja. Allah punya rencana yang indah bagi mereka yang terus berjuang, berusaha, dan beribadah kepada-Nya.

Ketiga, Attitude. Inilah hal yang suangat amat penting. Kedua hal di atas tanpa hal ini. Nothing! Defisini saya di sini adalah bagaimana sikap dan perilaku Anda dalam keseharian tetap menjaga nilai-nilai yang hidup di masyarakat. Seperti tetap menjunjung tinggi nilai sopan santun, menjaga norma dalam bersikap dan berperilaku.

Ya intinya ada pada Adab. Point ketiga ini memiliki defisini yang luas. Mungkin Anda punya defisini lain untuk Attitude? Silahkan bagikan opini Anda melalui kotak komentar di bawah artikel ini.