Status online di WhatsApp bisa menjadikan awal mula pertengkaran, si pacar kirim pesan sudah centang dua tapi belum biru nih (belum dibaca) tapi saat dicek kok status akun WhatsApp lawan bicaranya sedang “online”.

Saat kirim pesan seseorang bisa membaca isi pesan yang dikirim tanpa mengubah dua centang abu-abu menjadi berwarna biru (already read). Misalnya dengan membaca isi pesan melalui notification panel.

Ada lagi cerita lain, si karyawan mendapatkan chat dari big bos. Kasusnya sama, di chat sudah dua centang berwarna abu-abu, statusnya sedang online. Karena si big bos tahu pesannya bisa dibaca melalui notification panel.

Akhirnya di rapat si karyawan disindir karena lambat saat membalas chat si big bos. Berabe kan tuh! Fitur last seen ini memang sedikit mengusik privasi sih. Nah buat kamu yang ngerasa status online di WhatsApp itu ganggu privasi.

Kamu bisa kok menyembunyikan status online di akun WhatsApp, caranya berikut ini:

Cara Menyembunyikan Status Online WA

Cara menonaktifkan status online di aplikasi WhatsApp cukup mudah, pertama kali yang kamu harus lakukan yaitu:

  1. Membuka aplikasi WhatsApp.
  2. Klik menu pengaturan dengan simbol titik tiga vertikal disebelah pojok kanan atas.
  3. Klik Settings.
  4. Pilih tulisan Account (Privacy, Security, Change Number).
  5. Pilih menu Privacy.
  6. Pada tulisan Last Seen, kamu bisa pilih Nobody.

Tips di atas bisa meningkatkan privasi kamu saat menggunakan aplikasi WhatsApp. Sebenarnya ada hal lain yang bisa dilakukan yaitu mematikan fitur read receipts, foto profil, dan status.

Namun pilihan untuk menonaktifkan beberapa fitur tersebut disesuaikan dengan kebutuhan saja. Misalnya nomor WhatsApp digunakan untuk jualan online, tapi di satu sisi juga digunakan untuk keperluan pribadi.

Sebaiknya fitur last seen, read receipts, foto profil, dan status memang disembunyikan saja. Namun jika sudah dipisah antara nomor WhatsApp yang digunakan untuk pribadi, kantor, dan untuk urusan bisnis.

Settingan default saja sebenarnya sudah aman.

Menurut kamu fitur penting apa yang harus disembunyikan atau dinonaktifkan selain fitur status last seen di WhatsApp? Yuk kita sharing di Forum.Situstarget.com.