Tutorial kali ini akan membahas tentang cara mudah install Anti Virus di Ubuntu 14.04.2 LTS. Antivirus di ubuntu tidak sebanyak antivirus yang ada di sistem operasi windows kok. Nah inilah list penyedia anti virus untuk sistem operasi linux ubuntu, yaitu Comodo Anti-Virus for Linux, Avast! Linux Home Edition, AVG Antivirus, Avira Antivirus, BitDefender Antivirus, F-PROT Antivirus for Workstations (home users), Panda Antivirus, dan beberapa pilihan lain.

Ada informasi juga terkait salah satu dari nama-nama yang disebutkan di atas, yaitu berasal dari Avira Anti Virus bahwa per bulan juni 2016 nanti. Avira tidak akan memproduksi antivirus untuk linux. Informasi ini bersumber dari website resmi avira.com.

Tutorial kita kali ini akan menggunakan anti virus untuk ubuntu 14.04.2 LTS dari Comodo Anti-Virus. Download terlebih dahulu program antivirusnya di halaman berikut ini.

Selanjutnya, pilihlah sistem operasi ubuntu, versi bit yang Anda pakai apakah 32 atau 64 bit. Lalu tunggu hingga proses download usai. Adapun spek komputer yang dibutuhkan kurang lebih seperti ini:

Minimum Hardware yang Dibutuhkan

  • CPU: 2 GHz
  • RAM: 2 GB
  • Disk: 40 GB

File Details:

Size: 32 bit = 24.3 MB (25,543,954 bytes) dan 64 bit = 24.7 MB (25,921,630 bytes)

Ketika proses download selesai, Anda dapat mengklik dua kali pada aplikasi tersebut. Lalu akan muncul Ubuntu Sofware Center. Masukan password jika dibutuhkan untuk proses instalasi. Biarkan instalasi berjalan hingga usai.
Jika sudah, maka aplikasi anti virus dari Comodo tersebut siap untuk di update database virusnya. Setelah itu bisa Anda pergunakan untuk scanning file yang ada di komputer Anda. Mudah kan?