Screenshot atau juga dikenal dengan istilah screen capture dan print screen merupakan sebutan untuk gambar yang diambil untuk merekam hal yang sedang dilihat dari layar laptop maupun smarthphone seseorang.

Asal mua screenshot dimulai dari pada tahun 1988, Polaroid meluncurkan kamera Spectra ( 9.2 X 7.3 ) yang sangat cocok untuk mengambil gambar ratio 4 X3 dari monitor CRT (Cathode Ray Tube).

Kegitaan screenshot ini dapat dilakukan menggunakan aplikasi atau secara langsung dengan menggunakan kamera di laptop maupun smarthphone.

Screenshot menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan dewasa ini seiring dengan banyaknya informasi yang ingin kita simpan secara instan dan atau ingin membagikannya ke publik melalui laptop maupun smarthphone.

Namun, banyak orang awam yang mash bingung untuk mengambil screenshot ini, nah pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi cara untuk mengambil screenshot di laptop maupun smarthphone, yaitu android dan iphone Anda.

Yuk simak pembahasan berikut ini.

1. Cara Screenshot di Laptop

Mengambil screenshot di laptop sangatlah mudah yaitu dengan menekan tombol “Prt Sc atau Prnt Scr”. Penggunaan tombol ini untuk mengambil screenshot bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu :

  • Menekan tombol tersebut -> Membuka aplikasi paint -> Menakan tombol ctrl+v atau klik kanan – paste -> Simpan hasil screenshot dengan menekan tombol Ctrl + S atau dengan klik file – save.

Keterangan : Jika tidak berhasil mengambil screensot dengan menggunakan tombol Prt Sc atau Prnt, maka gunakanlah tombol kombinasi Fn + Prt Sc.

  • Menekan Tombol Windows dan Prt Sc atau Prnt Scr Secara Bersamaan.

Keterangan : Untuk membuka file hasil screenshot dengan cara ini adalah dengan membuka MyComputer atau This PC -> Buka Folder Pictures -> Buka Folder Screenshot.

Selain kedua cara di atas, untuk mengambil screenshot di laptop juga dapat dilakukan menggunakan aplikasi utility yang sudah tersedia pada sistem operasi Windows, yaitu Snipping Tool.

Caranya adalah dengan buka aplkasi Snipping Tool -> Pilih New -> Pilih bagian dari layar laptop yang ingin di screenshot dengan from free-form ( Bentuk Bebas tak beraturan ), rectangular ( Bentuk Persegi ), window ( Jendela kerja saja ), atau bentuk full-screen ( seluruh layar).

  1. Cara Screenshot / Capture Screen di Android

Terapat beberapa cara untuk mengambil screenshot di Android, berikut adalah beberapa cara yang dapat digunakan :

  • Tekan dan tahan tombol Home + Power
  • Tekan dan tahan tombol Back + Power
  • Tekan dan tahan tombol Back -> Tekan tombol Home sebanyak dua kali
  • Tekan dan tahan tombol Volume Down + Power.

Beberapa cara di atas pada setiap masing-masing android biasanya hanya dapat berlaku dengan salah satu cara saja.

Sehingga dalam penerapannya harus disesuaikan dengan merek maupun jenis dan versi dari android yang digunakan.

3. Cara Screenshot di Iphone

Iphone memiliki pengoperasian yang berbeda dengan smarthphone lain seperti android. Untuk mengambil screenshot di Iphone Kamu harus menekan tombol Home dan tombol Lock secara bersamaan.

Sebagai tambahan informasi, pada kesempatan kali ini penulis juga akan berbagai cara untuk merekam game di screen laptop, android, dan iphone.

Nah bagi Kamu para gamers pasti penasaran dong ? Bagaimana sih cara merekam permainan dari Laptop, android, dan iphone ? Yuk siimak penjelasannya berikut ini :

Cara Merekam Game yang Berjalan dari Laptop

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk merekam game dari laptop dan bekerja di berbagai versi windows, seperti windows 7, windows 8, dan windows 10. Berikut ini adalah beberapa caranya :

1. Dengan menggunakan aplikasi perekam layar FRPAS

Aplikasi ini merupakan keluaran dar Beepa yang memiliki fitur untuk merekam game, mengambil screenshot, serta melihat FPS (Frame Rate) pada game yang berfungsi untuk mengecek kelancaran game.

Untuk menggunakan aplikasi ini caranya adalah dengan mendownload aplikasi FRAPS di www.fraps.com.

Buka aplikasi ->  Buka tab movies -> Video Capture Hotkey -> Atur tombol default untuk merekam atau tetap membiarkan tombol perekam yaitu F9 -> Buka game yang diinginkan untuk direkam -> Tekan Tombol F9 untuk Merekam.

2. Dengan menggunakan aplikasi perekam layar Bandicam

Bendicam juga dapat digunakan untuk merekam layar sebagaimana FRPAS. Cara merekam game dari aplikasi ini pun hampir sama dengan FRPAS.

Caranya adalalah dengan mendownload bandicam di www.bandicam.com.

Buka aplikasi -> setting tab video dan tab output -> Buka game yang diinginkan untuk direkam -> Tekan tombol hotkey untuk mulai merekam.

3. Dengan menggunakan aplikasi perekam layar Camstudio

Camstudio merupakan aplikas pereka layar laptop yang memiliki tampilan yang sagat simpel dan memiliki size yang juga kecil sebagaimana kedua aplikasi di atas, yaitu hanya 2 MB saja.

Untuk melakukan perekaman dari aplikasi ini adalah dengan mendownload dulu aplikasi Camstudio di www.camstudio.org.

Buka aplikasi -> Klik region – full screen -> Tekan tombol bulat merah untuk merekam -> Bua game -> Save.

Cara Merekam Game yang Berjalan dari Android

Pada kesempatan kali ini penulis hanya akan membagi dua cara untuk merekam game yang berjalan dari andoid, berikut ini adalah caranya :

1. Dengan menggunakan aplikasi perekam layar AZ Screen Recorder

Apliikasi AZ Screen Recorder dapat Kamu temukan di Play Store baik gratis maupun berbayar.

Cara merekam game dari android melalui aplikasi ini adalah dengan membuka aplikasi ini yang telah sebelumnya di download di Play Store.

Pilih menu Setting -> Pada menu Video Configuration, pilih resolusi yang sesuai dengan spek HP Kamu -> Aktifkan audio configuration untuk mengaktifkan suara saat bermain game.

Atur Timer sesuai dengan kebutuhan -> Buka Game yang ingin direkam -> Rekam.

2. Merekam Game dari Layar Android melalui PC dengan Aplikasi MirrorGo Android Recorder

Merekam game dari layar android ternyata dapat dilakukan dengan menggunakan laptop atau komputer lho? Bagaimana caranya?

Nah pertama-tama download aplikasi MirrorGo Android Recorder di https://drfone.wondershare.com/android-mirror.html.

Hubungkan smartphone ke komputer melalui USB atau juga terkoneksi dengan WiFi yang sama -> Aktifkan USB Debugging di smartphone Android.

Tunggu hingga Android terdeteksi di MrrorGo -> pilih opsi Android Recorder untuk merekam layar android -> Tekan Start recording dari notif pop up -> Klik tombol stop jika perekaman sudah selesai.

Sebenarnya terdapat berbagai aplikasi untuk merekam game di layar android selain kedua aplikasi di atas.

Beberapa aplikasi yang dapat digunakan seperti Google Play Game, Telecine, Mobizen Screen Recorder, REC Screen Recorder HD, GameDuck, Screen Recorder 5+, ilos screen recorder, One Shot screen recorder, dan lan sebagainya

Cara Merekam Game yang Berjalan dari Iphone

Bagi Kamu pengguna Iphone, berikut terdapat beberapa cara untuk merekam game yang kamu mainkan dari layar Iphone.

Namun pada kesempatan kali ini penulis hanya aka membagikan cara merekam game dar Iphone dengan menggunakan perekam layar dr.fone –  iOS Screen Recorder.

Fone – iOS Screen Recorder merupakan salah satu alat perekam layar Iphone yang terbaik dengan versi aplikasi maupun versi desktop.

Keunggulan dengan menggunakan aplikasi ini diantaranya adalah dapat melakukan perekaman dengan satu klik atau juga merekam secara nirkabel, dapat merekam di layar Iphone dan PC, dan Mendukung kedua perangkat Jailbroken dan non-Jailbroken.

Cara untuk menggunakan aplikasi ini di Iphone adalah dengan menginstal aplikasi perekam di https://drfone.wondershare.com/isr,

Masuk ke layar perekam -> tekan tombol merah untuk mulai merekam -> buka game -> stop.

Sementara untuk menggunakan aplikasi ini di laptop atau PC adalah dengan membuka aplikasi yang sudah di download.

Masukan iPhone pada komputer yang sudah terhubung jaringan yang sama -> klik iOS Screen Recorder -> Klik pada AirPlay, pilih dr.fone dan mengaktifkan Mirroring.

Klik tombol lingkaran di bagian bawah layar untuk merekam game dari layar iPhone. Selain dengan aplikasi di atas, sebenarnya terdapat berbagai aplikasi untuk merekam game di layar Iphone.

Beberapa aplikasi lain yang dapat digunakan untuk merekam game dari layar Iphone Kamu adalah  seperti Shou, Screen Flow, Elgato, Reflector, Quicktime, dan berbagai aplikasi perekam tampilan lainnya.

Nah, itu di atas adalah beberapa cara yang sangat mudah untuk mengambil screenshot di Laptop dan smarthphone serta beberapa informasi terkait lainnya.

Semoga pembahasan di atas bisa membantu kamu yang masih bingung cara melakukan screenshot dan merekam layar dari laptop maupun smarthphone.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Sampai jumpa di lain kesempatan . ^^