Seorang Carder Indonesia yang Ternyata Masih Seorang Mahasiswa

Kisah nyata ini saya dapatkan dari salah seorang dosen yang mengajar di sebuah universitas kenamaan di Indonesia. Ini bukan kisah baru, kejadian aslinya sudah lama sekali terjadi. Semoga bisa di ambil hikmah dan pelajarannya.

Carder atau carding pasti pernah mendengar sebelumnya bukan? Salah satu tindak kejahatan yang mengincar nasabah perbankan. Jadi ceritanya carder Indonesia ini ternyata masih seorang mahasiswa aktif di perguruan tinggi di salah satu universitas kenamaan di Indonesia.

Entah bagaimana ceritanya, ia mendapatkan sebuah surat yang dikirimkan ke rumahnya. Surat tersebut ternyata berasal dari FBI. Seperti di film-film ya? Lanjut, isinya tentang peringatan karena ia telah melakukan tindakan carding. Nominalnya tidak besar, tetapi hal tersebut telah melanggar hukum.

Kisaran uangnya mungkin antara 200-300 dollar pada saat itu, mahasiswa ini akhirnya bercerita kepada dosen yang ia percayai. Apakah FBI tersebut akan datang ke Indonesia dan menangkapnya atau bagaimana. Sepertinya ia ketakutan atas apa yang telah ia perbuat.

Setelah bercerita panjang lebar tentang kegiatan carding yang telah ia lakukan. Sang dosen memberikan nasehat bahwa apa yang ia telah lakukan itu salah. Kemungkinan FBI datang ke Indonesia untuk menangkap itu sangat kecil. Terlebih lagi nominal uang hasil kegiatan carding hanya beberapa ratus dollar. Dibandingkan biaya tiket pesawat, akomodasi, dan seterusnya pada saat itu.

Tapi ada satu hal yang mungkin ia akan sesali seumur hidup, yaitu namanya akan masuk daftar hitam di Amerika Serikat. Jika ia ingin mengunjungi negara Amerika Serikat, secara otomatis ia tidak akan mendapatkan persetujuan visa karena telah melakukan tindakan kriminal. Besar kemungkinan juga ketika ia check-in di kantor imigrasi Amerika Serikat ia akan ditangkap karena ketika cek di database namanya menjadi “buronan”.

Kita ketahui bersama bahwa Amerika Serikat merupakan salah satu negara dengan peradaban manusia yang maju. Beberapa tempat di Amerika Serikat merupakan surga bagi para pelajar karena banyak beasiswa yang ditawarkan oleh universitas-universitas yang ada di sana, selain itu juga kesempatan bekerja dan berkolaborasi dengan orang-orang terbaik di dunia juga ada di Amerika Serikat, terutama masalah IT.

Tidak hanya soal sumber daya manusianya, beberapa tempat di Amerika Serikat juga sangat menarik keindahan alamnya. Dan masih banyak lagi. Sayangnya itu semua tidak akan bisa dinikmati oleh mahasiswa yang melakukan kegiatan carding tadi. Itulah nasehat dan penjelasan dari sang dosen.

Saya menyarankan jika Anda memiliki kemampuan dalam melakukan carding atau soal pengamanan terkait IT. Pakailah ilmunya dengan bijak (bisa dipergunakan sebagai pemerhati keamanan, menjadi seorang IT profesional), tidak perlu hingga dipergunakan untuk mengambil atau mencuri harta orang lain. Cerita di atas meskipun bukan baru kejadiannya tetapi semoga tetap bisa di ambil hikmahnya.

Jujur saya sendiri mengakui bahwa anak-anak muda di Indonesia, banyak sekali yang memiliki kemampuan IT di atas rata-rata. Ada juga beberapa kasus di internet yang melibatkan pelajar SMP dan SMA yang melakukan tindakan hacking secara illegal lalu mereka terjerat kasus hukum. Dan hukumannya pun tidak main-main!

Jika Anda suka dengan komunitas hacker baik, silahkan bergabung di The Target Community atau Situstarget.com. Dahulu saya membangun komunitas ini karena ada kegelisahan pada saat belajar IT di SMA. Saya ingat pelajaran IT waktu SMA baru berkutat pada Microsoft Office, Email, dan seterusnya.

Sedangkan waktu SMP kala itu, saya sudah mempelajari pemrograman website. Karena kegelisahan itulah saya membuat komunitas Situstarget.com, atau yang lebih dikenal dengan The Target Community. Komunitas ini dibuat untuk wadah belajar bersama bagi para pecinta IT dari seluruh Indonesia.

Baik ditahap pemula hingga menengah, barangkali ada satu di antara ribuan pembaca tulisan saya yang masuk dalam kategori expert, mahir, dan profesional. Saya dengan sepenuh kerendahan hati mengajak Anda untuk berkolaborasi dalam membangun generasi IT yang lebih baik lagi di Indonesia. Semangat membangun bukan menghancurkan, semangat kebersamaan bukan saling berpecahan, dan semangat saling berbagi satu sama lain.

Anda bisa menjadi kontributor di Situstarget.com dengan cara mengirim tulisan terbaik Anda melalui email saya di [email protected] Segala kontribusi positif Anda semoga memberikan dampak positif bagi generasi muda berikutnya. Aamiin. 🙂

Suka dengan tulisan ini? Bagikan tulisan ini (kisah nyata seorang carder Indonesia yang disurati oleh FBI) di sosial media Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path ke teman-teman Anda yang sesama pecinta TI.

Jika Anda menginginkan artikel terbaik dari The Target Community atau Situstarget.com setiap minggunya, kami akan kirimkan secara cuma-cuma melalui email Anda. Daftarkan email dan nama lengkap Anda di kotak berlangganan yang berada di bawah tulisan ini. Gratis. 🙂