Salah satu cara agar usaha yang kita rintis cepat membesar yaitu dengan cara berkolaborasi dengan banyak orang di suatu komunitas bisnis. Tulisan ini masih ada kaitannya dengan tulisan yang pernah saya buat pada artikel yang berjudul Manfaat Silaturahmi Dalam Dunia Bisnis.
Jika Anda sudah membaca tulisan saya itu, berarti Anda sudah paham betapa pentingnya arti Networking dalam bisnis. Selain itu juga, ternyata seorang pengusaha yang sukses ia selalu berusaha untuk mengasah kapak yang ia miliki dari waktu ke waktu dengan belajar di pelatihan bisnis, seminar, konferensi, dan seterusnya.
Namun ada yang masih bingung, bagaimana ya caranya agar saya bisa mendapatkan informasi-informasi penting dari acara wirausaha agar tidak ketinggalan gerbong kereta? Well, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Android yang bernama Meetup.
Setelah itu Anda dapat subcribe komunitas yang bernama #StartupLokal Community. Proses pendaftarannya ada dua tahap. Pertama, yaitu pendaftaran untuk akun Meetup, Anda bisa pergunakan akun Gmail atau Facebook agar proses pendaftarannya lebih cepat.
Selanjutnya pendaftaran di komunitas StartupLokal-nya sendiri. Jika kesemuanya berhasil dan mendapatkan izin untuk bergabung di komunitas tersebut. InsyaAllah, ada banyak informasi seminar wirausaha yang bisa Anda dapatkan secara teratur melalui smartphone.
Salah satu event yang baru saja diselenggarakan yaitu Marketing to the Middle Class Muslim, adapun pembicaranya yaitu Falah Fakhriyah, GM Hijabenka / Berrybenka.com ; Andreas, CEO dan co-founder PT Badr Interactive ; Pramadita Tasmaya, CEO/Founder dari muslimarket.com. Kece-kece toh? Belum lagi yang moderasiin acara juga kece, yaitu Natali Ardianto, Inisiator #Startuplokal & CTO dari Tiket.com. Event berikutnya jangan sampai ketinggalan ya.

Semoga tips ini bermanfaat, bagikan juga tulisan di atas melalui Facebook, Twitter, atau Sosial Media lainnya yang kamu punya. Siapa tau ada temen Anda yang sedang membutuhkan informasi ini. Itung-itung berbagi kebaikan, siapa tau jadi amal jariyah ya kan? 😀