Pertunangan dan pernikahan adalah dua hal yang sakral dan diharapkan hanya terjadi masing-masing sekali seumur hidup.
Adakah yang lebih diinginkan sepasang kekasih yang saling mencintai selain menjalani sisa hidup bersama selamanya?

Oleh karena itu, kedua peristiwa ini—pertunangan dan pernikahan—begitu istimewa dan memerlukan persiapan yang matang, termasuk dalam hal mempersiapkan cincin tunangan.

Baca juga: Wajib Anda Baca Mengenai Serba-serbi Investasi Perak

Cincin tunangan lebih dari sekadar perhiasan, tetapi sesuatu yang mengikat dua manusia dan menandakan kesiapan keduanya untuk segera menikah dan menjalani hidup bersama.

Untuk itu, memilih cincin tunangan tak bisa hanya asal comot sembarang cincin di toko perhiasan. Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan untuk memilih cincin tunangan yang istimewa.

Berikut kami rangkum beberapa tips memilih cincin tunangan.

Cari Tahu Selera Si Dia

Ada ungkapan yang mengatakan: diamond is a girl’s best friend. Ungkapan ini mengindikasikan bahwa wanita menyukai berlian, yang gemerlapan dan mewah, yang sayangnya berbanding lurus dengan harga yang mahal tak terkira.

Namun, tak semua wanita memiliki selera yang sama. Tak percaya? Bisa kita lihat, tak semua wanita suka berpakaian glamor, bukan? Karena setiap orang memiliki karakter dan selera yang berbeda.

Begitu juga dalam hal perhiasan, tak semua wanita menyukai perhiasan yang mencolok dan berkilauan, seperti juga halnya cincin tunangan.

Artinya, jika Anda ingin mengejutkan kekasih Anda dengan cincin tunangan, hal pertama yang harus Anda cari tahu adalah seleranya.

Anda dapat mengetahui selera seseorang dari fashion dan jenis perhiasan yang dia kenakan. Jika Anda masih kurang yakin, Anda bisa menanyakan pendapat pada saudara atau teman terdekatnya.

Sesuaikan dengan Budget Anda

Mungkin ini adalah yang paling penting dalam tips memilih cincin tunangan. Untuk sesuatu yang sangat istimewa seperti cincin tunangan, tentu Anda ingin memberikan sesuatu yang luar biasa kepada pasangan.

Tetapi perlu diingat, ini bukan berarti Anda harus memaksakan diri untuk membeli sesuatu yang di luar jangkauan. Sebelum pergi ke toko perhiasan, pastikan Anda telah membuat kalkulasi dan mempersiapkan budget yang pantas.

Baca juga: Tips Jitu Mengelola Keuangan untuk Pemula

Apalagi jika Anda ingin menambahkan detail dan keunikan tertentu pada cincin tunangan, seperti ukiran atau desain tertentu sesuai keinginan.

Perlu diingat bahwa memodifikasi cincin sesuai dengan selera akan memakan biaya lebih banyak. Jadi, kalkulasikan budget Anda dengan matang sebelum pergi ke toko perhiasan.

Sesuaikan dengan Gaya Hidup si Dia

Anda pun harus mempertimbangkan gaya hidup yang dia jalani. Tak hanya soal keanggunan cincin tunangan, tetapi juga pertimbangan apakah nantinya cincin itu akan nyaman dipakai ketika menjalani aktivitas sehari-hari.

Anda tak perlu membuang-buang uang untuk membeli cincin yang cantik dan berharga mahal tapi tidak nyaman dikenakan atau harus sering dilepas karena tuntutan aktivitas.

Karena cincin tunangan itu akan dipakai setiap hari, pilihlah cincin yang dapat menjadi bagian dari gaya hidup. Jika pasangan Anda sering melakukan pekerjaan tangan dengan menggunakan alat-alat, seperti memasak atau menjahit, pilihan model cincin yang ramping dengan sisi-sisi yang membulat bisa jadi pilihan tepat.

Baca juga: 5 Tips Memilih Toko Perhiasan Tepercaya

Hiasan batu permata atau pahatan rumit justru tidak akan nyaman dipakai ketika mengerjakan sesuatu yang selalu menggunakan tangan.

Jika pasangan Anda menyukai kegiatan outdoor atau pun olahraga ekstrem seperti panjat tebing dan kegiatan lainnya yang berisiko menimbulkan goresan pada cincin, sebaiknya pilihlah logam yang tahan terhadap goresan.

Jika ingin menambahkan batu permata pada cincin tersebut, pastikan batu permata tersebut disematkan cukup dalam agar tidak mudah lepas meski dipakai dalam aktivitas fisik yang berat.

Ajak Orang Lain Ketika Memilih Cincin Tunangan

Ajaklah teman yang mengerti tentang harga batu mulia, sehingga Anda mendapat masukan dari orang yang dapat dipercaya untuk memilih batu permata yang memenuhi kriteria 4 C: cut, colour, clarity, carat.

Jangan lupa juga untuk meminta sertifikat keaslian batu mulia, untuk menjamin keaslian dan kualitasnya. Second opinion juga selalu bermanfaat, terutama jika Anda ingin membeli cincin tunangan untuk memberi kejutan.

Ajaklah teman perempuan atau teman yang mengenal kekasih Anda dengan baik. Dia akan mampu memberi masukan dan pendapat untuk membantu Anda memilih cincin tunangan yang sesuai dengan selera kekasih Anda.

Jangan Terburu-buru

Untuk mendapatkan sesuatu yang istimewa, Anda harus sanggup menginvestasikan banyak waktu demi pilihan yang tepat.
Luangkan waktu untuk memilih. Anda tidak harus membeli cincin tunangan di toko perhiasan pertama yang Anda singgahi.

Untuk menemukan pilihan yang paling sesuai, perluas cakupan pilihan Anda. Kunjungi beberapa toko perhiasan dan bandingkanlah hingga Anda menemukan cincin tunangan yang paling tepat untuk si dia.

Baca juga: Tata Cara Gadai Emas di Bank Syariah Mandiri (BSM)

Terlebih jika Anda berniat untuk memesan cincin dengan desain tertentu. Ingatlah bahwa pengrajin cincin tunangan akan butuh waktu untuk menyelesaikan pesanan Anda.

Untuk pesanan tertentu dengan detail yang rumit, pengrajin cincin mungkin akan memerlukan waktu berminggu-minggu, bahkan sampai hitungan bulan. Jadi bersabarlah. Because good things take time.

Memadukan Cincin Tunangan dengan Cincin Pernikahan

Sebagian orang menganggap cincin tunangan dan pernikahan bermakna simbolik, dan menggunakan cincin tunangan sekaligus untuk cincin pernikahan.

Namun jika Anda ingin membeli dua cincin yang berbeda untuk tunangan dan pernikahan, ada baiknya menyesuaikan model dan gaya cincin tunangan dengan cincin pernikahan.

Baca juga: Tips Membuat Kesan Pertama yang Tidak Terlupakan

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membeli cincin tunangan dan cincin nikah sekaligus.
Itulah beberapa tips memilih cincin tunangan. Semoga bermanfaat untuk Anda dan pasangan, dan selamat berbelanja.

Suka dengan artikel di atas? Bagikan tulisan tersebut melalui sosial media Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path untuk temanAnda yang sedang bersiap untuk menikah, bisa di-mention ke orangnya sekalian. Hehe.  😀

Gabung dengan ribuan pembaca blog.situstarget.com lainnya melalui form subscribe di bawah tulisan ini. Cukup daftarkan nama lengkap dan alamat email aktif Anda, lakukan konfirmasi pendaftaran, cek email Anda usai pendaftaran.