CV kreatif untuk para fresh graduate itu sangat penting!

Memiliki karir yang baik pastinya menjadi salah satu tujuan yang harus tercapai ketika anda telah menyelesaikan jenjang pendidikan di perguruan tinggi.

Tak dapat dipungkiri jika saat ini karir yang baik dianggap sebagai salah satu simbol kesuksesan seseorang dari segi finansial atau materi. Sehingga tak heran jika banyak para lulusan sarjana rajin untuk mengikuti berbagai pameran lowongan kerja agar bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Selain itu proses pendaftaran lowongan kerja yang tidak mudah juga semakin meningkatkan daya saing diantara lulusan perguruan tinggi.
Proses seleksi administrasi yang ketat membuat sebagian besar lulusan mudah gugur di tahap seleksi yang paling awal ini.

Baca juga : Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online

Biasanya hal tersebut dikarenakan tampilan CV atau Curriculum Vitae yang kurang menarik. Sehingga sangat penting bagi anda untuk mengetahui cara tepat membuat CV kreatif sehingga menarik minat perekrut / HRD.

Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pentingnya sebuah CV atau Curriculum Vitae dan beberapa website yang bisa anda manfaatkan secara gratis untuk membuat cv unik.

Pentingnya Trik Membuat Curriculum Vitae yang Kreatif dan Menarik untuk Memukau HRD

Daftar riwayat hidup atau yang lebih dikenal dengan nama Curriculum Vitae merupakan salah satu dokumen yang pasti ada di dalam persyaratan pendaftaran lowongan suatu pekerjaan.

Hal tersebut dikarenakan fungsi utama dari Curriculum Vitae itu sendiri yakni sebagai media perusahaan untuk mengetahui diri anda dan pengalaman yang pernah anda dapatkan.

Tak jarang format CV yang kurang menarik menjadi salah satu penyebab kegagalan seseorang dalam mendaftar pekerjaan. Oleh karena itu sangat penting untuk anda dapat menguasai trik-trik pembuatan CV kreatif yang bisa memperbesar peluang anda untuk diterima dalam sebuah pekerjaan.

Fungsi CV yang sangat penting tersebut tentunya memotivasi anda untuk segera mengetahui cara penyusunan CV kreatif yang baik dan benar. Sehingga anda bisa dengan mudah melewati tahap seleksi administrasi untuk bisa melanjutkan ke tahap seleksi selanjutnya.

Pada mulanya untuk membuat sebuah CV yang menarik maka anda harus mengeluarkan modal lebih. Sebab dahulu perusahaan hanya menerima CV yang sudah dicetak atau dalam bentuk hardcpy.

Tetapi dengan pengaruh perkembangan era digital yang sangat pesat, maka saat ini hampir seluruh perusahaan menerima CV dalam bentuk digital yang biasanya dikirimkan via e-mail.

Sehingga anda bisa lebih leluasa untuk mendesain Cv pribadi anda sedemikian rupa agar terlihat rapih dan nyaman untuk dibaca. Berikut beberapa cara mudah yang bisa anda terapkan untuk membuat CV kreatif yang menarik, diantaranya :

1. Tata cara penulisan yang baik

Saat menulis sebuah dokumen resmi kesalahan penulisan kata seperti ejaan yang tidak benar, penyusunan kalimat yang tidak enak dibaca, atau penggunaan tanda baca yang salah tentunya dapat berpengaruh pada kualitas sebuah dokumen.

Ketika anda menulis CV untuk perusahaan di Indonesia, maka pastikan untuk mengecek ulang CV sebelum dikirimkan. Sehingga anda bisa meminimalisir kesalahan penulisan. Selanjutnya, pastikan juga rangkaian kalimat yang anda gunakan sesuai dengan pedoman Bahasa Indonesia yang benar.

2. Pemilihan font

Font atau gaya penulisan menjadi sebuah pilihan penting ketika anda menginginkan sebuah CV kreatif dan unik. Pada umumnya ada beberapa perusahaan yang memang mengharuskan penggunaan font tertentu agar terlihat lebih formal.

Tetapi ketika tidak ada ketentuan tersebut, anda bisa berkesperimen dengan penggunaan font agar CV anda terkesan lebih santai tetapi tetap nyaman untuk dibaca.

Tetapi selalu pilih desain font yang tidak berbelit-belit dan dengan huruf yang jelas. Beberapa jenis font yang bisa anda gunakan adalah Times New Roman, Arial, Calibri, dan masih banyak lagi.

3. Hindari kalimat yang panjang 

Pada dasarnya CV merupakan sebuah daftar riwayat hidup anda yang berisi informasi-informasi penting yang berkaitan dengan kemampuan yang anda miliki, keunggulan dan kelemahan anda, pengalaman yang anda miliki, dan jenjang pendidikan yang pernah anda tempuh.

Oleh karena itu penggunaan kalimat yang terlalu panjang hanya akan membuat orang atau bagian HRD suatu perusahaan malas untuk membaca CV anda.

Sehingga pastikan untuk membuat daftar yang berisikan poin-poin penting tanpa harus penjelasan lebih lanjut. Seperti misalnya anda memiliki kemampuan dalam bidang desain maka sertakan protofolio hasil karya anda atau cantumkan prestasi yang pernah anda raih dalam bidang tersebut.

Selain itu berikan keunggulan anda dalam bentuk poin-poin yang berkaitan dengan posisi pekerjaan yang anda inginkan di perusahaan tersebut. Dengan menggunakan cara ini maka CV anda akan terkesan lebih rapi tetapi tetap mengedepankan konsep CV kreatif yang ingin anda terapkan.

4. Terapkan batasan dalam penulisan 

Saat ini sebagian besar calon karyawan gagal dalam tahap pertama proses seleksi dan rekrutmen yakni seleksi administrasi. Biasanya hal tersebut dikarenakan persyaratan yang tidak sesuai atau justru karena CV yang tidak terbaca dan enggan dibaca oleh bagian HRD suatu perusahaan.

Hal tersebut lumrah terjadi dalam dunia kerja, sebab hingga saat ini masih banyak calon karyawan yang tidak mengetahui cara membuat CV kreatif yang praktis dan nyaman untuk dibaca.

Kesalahan yang sering dilakukan adalah calon karyawan tidak menerapkan batasan dalam membuat daftar pengalaman yang pernah dimiliki. Sebagai contoh, ketika anda sudah lulus perguruan tinggi maka sebenarnya anda tidak perlu lagi mencantumkan daftar riwayat pendidikan mulai dari Taman Kanak-kanak atau SD.

Anda hanya perlu mencantumkan riwayat pendidikan SMA dan Perguruan Tinggi saja. Dengan begitu, bagian HRD akan mengetahui spesialisasi atau kemampuan yang anda miliki.

5. Sertakan special skill yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan 

Hingga saat ini masih banyak sekali calon karyawan yang salah dalam mengatur strategi sebuah daftar riwayat hidup agar dipandang memiliki kemampuan yang baik.

Sebagian besar calon karyawan pada umumnya akan mencantumkan seluruh kemampuan dan pengalaman yang dimiliki. Meskipun hal tersebut tidak berhubungan dengan posisi pekerjaan yang sedang diinginkan. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor penggugur anda pada tahap seleksi administrasi.

Menuliskan seluruh kemampuan dan pengalaman yang tidak sesuai justru akan memberikan kesan bahwa anda seseorang yang besar kepala bagi HRD.

Sehingga sangat disarankan untuk menulis poin-poin kemampuan yang benar-benar berhubungan dengan pekerjaan yang anda lamar. Seperti misalnya anda melamar pekerjaan pada posisi administrasi, maka anda bisa mencantumkan kemampuan seperti bisa menggunakan Microsoft office dengan baik, memiliki kemampuan akuntansi, dan lain-lain.

Sedangkan kemampuan dan pengalaman lainnya tidak perlu disertakan.

6. Meminta saran dari ahli 

Dalam pembuatan CV kreatif memang terkadang tidak dapat anda kerjakan sendiri sehingga diperlukan pendapat orang lain. Seringkali calon karyawan merasa daftar riwayat hidup yang dibuat telah sesuai karena hal itu merupakan pendapat yang sangat subjektif.

Ketika anda ingin melamar pekerjaan di perusahaan skala besar baik nasional maupun internasional, maka anda harus meminta saran dari orang lain.

Saran-saran tersebut bisa dari mantan atasan anda di tempat kerja sebelumnya, rekan kerja, atau pembimbing anda dalam hal ini dosen di perguruan tinggi.

Beberapa Website Untuk Membuat CV Kreatif

Setelah mengetahui fungsi utama sebuah Curriculum Vitae dan cara mudah membuat CV kreatif, maka hal selanjutnya yang wajib untuk anda ketahui adalah media untuk membuat CV dengan lebih mudah.

Di era modern yang dikuasai oleh dunia digital seperti saat ini, anda dapat dengan mudah membuat CV yang unik hanya dalam waktu yang singkat. Dimana anda bisa memanfaatkan beberapa website desain yang menyajikan berbagai macam format dan konsep CV yang bisa anda terapkan.

Baca juga : Beberapa Alasan Mengapa Karyawan Terbaik Keluar dari Pekerjaan Mereka

Selain itu, penggunaan website-website ini juga bisa anda manfaatkan tanpa biaya apapun. Sehingga keberadaan website-website ini sangat membantu anda yang butuh CV dalam waktu cepat tetapi tetap menginginkan kesan yang unik.

Berikut beberapa website yang bisa anda coba untuk membuat CV sesuai dengan keinginan anda, diantaranya :

1. Canva – Pembuat Resume Online Gratis: Merancang Kustomisasi Resume

Merupakan salah satu website penyedia desain grafis yang sangat terkenal di Indonesia terutama di kalangan Pelajar dan Mahasiswa. Sebab pada website ini anda akan menemukan beragam template design yang menarik dan unik.

Anda dapat membuat beragam hal seperti background facebook, profil picture instagram, poster, curriculum vitae, dan masih banyak lagi.
Website ini menjadi website yang paling disukai karena ribuan item dan fitur dapat digunakan secara gratis.

Watermark yang terdapat pada hasil desain anda juga tidak akan terlihat dengan jelas meskipun anda menggunakan layanan gratis. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menggunakan Canva apabila anda ingin membuat CV kreatif dengan mudah dan cepat.

2. My Perfect Resume – Pembuat CV Online Gratis 

My Perfect Resume merupakan salah satu website pembuatan CV kreatif yang cukup unik. Dimana ketika anda log in ke halaman website ini, maka website ini secara otomatis mengajukan beberapa pertanyaan.

Jawaban dari pertanyaan yang anda berikan nantinya akan menentukan desain dan template Curriculum vitae yang sesuai dengan kebutuhan anda. Sehingga anda tidak perlu repot-repot lagi memilih ratusan bahkan ribuan desain yang tersedia.

Sebab hal tersebut hanya akan membuang waktu anda. Keunikan inilah yang membuat website My Perfect Resume ini banyak diminati terutama bagi pekerja yang memang memiliki intensitas kesibukan yang tinggi.

Hingga saat ini, keunikan website ini mendapat respon yang baik dari para penggunanya terbukti dari banyaknya review positif yang diberikan.

3. CVMKR – Buat resume profesional online secara gratis

Merupakan salah satu website pembuatan CV kreatif dengan template CV terbanyak di dunia. Jika anda mengakses website ini, maka anda bisa menggunakan lebih dari 2 juta template Curriculum Vitae yang tersedia secara gratis.

Untuk dapat memanfaatkan hal tersebut, maka anda dapat dengan mudah log in ke website ini dengan memanfaatkan akun facebook yang anda miliki. Hingga saat ini CV Maker menjadi salah satu website pilihan ketika hendak membiat CV yang menarik dan beda dari yang lainnya.

4. Kick Resume – Resume sempurna dan surat lamaran hanya dengan sekali klik

Bagi anda pekerja yang memiliki waktu terbatas untuk terbebas dari pekerjaan, maka anda dapat memanfaatkan website Kick Resume jika ingin membuat CV kreatif dengan mudah dan cepat.

Sebab ketika anda mengakses website ini, maka anda hanya perlu mengisi data-data dasar yang harus ada dalam daftar riwayat hidup. Setelah selesai mengisi data sesuai dengan kebutuhan, maka selanjutnya anda hanya perlu menunggu beberapa menit dan anda bisa langsung mendapatkan CV tanpa perlu repot mendesain.

5. ResumUp – Perbaiki Visualisasi CV dan Anda akan lebih terlihat

Website ResumeUp ini terkenal dengan ragam template dan desainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan CV anda baik CV yang bersifat formal atau CV yang bersifat lebih santai.

Selain itu website ini juga menyediakan berbagai macam fitur yang menarik seperti ikon grafik dan rating yang dapat dipergunakan untuk menggambarkan presentasi kemampuan yang anda miliki.

Anda bisa mememanfaatkan seluruh kemudahan tersebut untuk membuat CV kreatif hanya dalam waktu yang singkat dan tanpa dipungut biaya sedikit pun.

6. VisualCV – Pembuat CV Online dan CV Resume Profesional

Jika anda termasuk seseorang yang menyukai sesuatu yang sederhana maka anda dapat memanfaatkan website VisualCV untuk membuat CV kreatif. Sebab website ini menyediakan beragam desain CV yang terkesan modern tetapi memiliki konsep yang minimalis.

Baca juga : 9 Tips Membangun Bisnis Meskipun Sambil Bekerja

Oleh karena itu hingga saat ini VisualCV memegang predikat sebagai website pembuat CV yang sangat user-friendly. Selain itu anda tidak perlu menulis ulang riwayat hidup anda sebab situs ini dapat mengambil data anda dari akun Linkedln jika anda memilikinya.

7. Easel.Ly – Buat dan bagikan ide-ide visual menggunakan infografis

Memiliki CV yang sepenuhnya dijelaskan dalam bentuk kata-kata tentunya sangat membosankan bagi anda. Terutama bagi HRD yang nantinya melihat CV anda ketika anda melamar pekerjaan di sebuah perusahaan.

Oleh karena itu membuat CV kreatif sepertinya sudah menjadi keharusan di zaman ini. Anda bisa memanfaatkan situs Easel.Ly yang menyediakan fitur infografik yang dapat membuat CV anda menjadi unik dan menarik.

Sehingga anda dapat dengan mudah membuat CV kreatif dalam waktu singkat.

8. Resumonk – Pembuat resume, template CV, dan Pembuat CV

Bagi anda yang ingin membuat CV kreatif dan rapi dalam waktu yang singkat maka anda dapat memanfaatkan situs Resumeonk. Dimana ketika anda mengakses website ini, maka anda akan ditawarkan dengan empat pilihan desain CV yang bisa anda pergunakan dengan gratis. Sehingga anda hany perlu mengisi data diri dan mengupload foto pribadi yang terbaru.
Nantinya anda akan mendapatkan CV hasil desain anda dengan format PDF.

9. Kinzaa – Resume infografis dan postingan pekerjaan yang memukau secara visual

Bagi anda yang menyukai hal-hal yang berbeda dibandingkan yang lainnya, maka anda dapat menggunakan situs Kinzaa untuk membuat CV kreatif anda.

Sebab Kinzaa memiliki fitur yang memberikan anda keleluasaan dalam menuliskan kemampuan dan karakteristik anda. Sebagian fitur yang tersedia di website ini dapat anda manfaatkan secara gratis.

10. Resume.io – Buat resume pekerjaan Anda

Merupakan website pembuat CV kreatif yang sangat menarik sebab nantinya CV anda bisa dilihat oleh setiap orang yang log in ke website ini. Selain itu, template untuk CV yang tersedia di Resume.io memiliki konsep sederhana yang dipadukan dengan gaya desain klasik.

Selain itu di situs ini, CV anda dapat dilihat oleh para pencari calon karyawan dari berbagai macam perusahaan. Sehingga ketika ada yang tertarik dengan kemampuan anda yang tertera pada CV yang anda buat, maka anda bisa langsung dihubungi untuk tawaran pekerjaan yang baru.

11. ConnectCV – CV / Manajer Karier

Keunikan website ini adalah menyediakan beragam contoh CV kreatif yang pernah dibuat oleh pengguna lainnya. Sehingga anda akan mendapatkan referensi dalam hal template CV yang akan anda pergunakan.

Dengan demikian artikel yang membahas mengenai beragam website pembuatan CV kreatif ini, semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.