Server DNS menerjemahkan nama domain yang telah kamu masukkan dalam Browser, misalnya seperti Situstarget.com. Diperlukan perangkat agar bisa berkomunikasi secara langsung dengan situs tersebut.

Ketika kamu sudah terhubung dengan internet, maka ISP akan secara otomatis menetapkan server DNS. sedangkan kamu tidak diharuskan untuk menggunakannya.

Public DNS Service Gratis dan Terbaik

Salah satu hal yang menjadi alasan kamu ketika ingin mengubah server DNS yaitu apabila kamu merasa ada masalah yang kamu gunakan sekarang. Kamu bisa mengetik alamat IP situs web ketika ingin mengujinya.

Untuk mencegah penebangan aktivitas pada web menggunakan server DNS merupakan cara yang paling tepat. Hal ini pun juga berguna agar terhindar dari pemblokiran situs web tertentu.

Server DNS gratis tidak akan memberikan kamu akses internet gratis. Namun kamu masih bisa menggunakan ISP supaya terhubung ke Access.

Berikut Ini Daftar Publik DNS service gratis dan terbaik:

1. Cloudflare DNS Sebagai Public DNS Service Gratis Powerful

Public DNS Server gratis terbaik yaitu dari Cloudflare 1.1.1.1

Cloudflare DNS merupakan perusahaan terbaik di dunia yang bekerja dalam bidang domain keamanan maupun web. DNS yang ditawarkan gratis dan dapat digunakan secara publik.

DNS server baru dari perusahaan teratas ini yaitu “ 1.1.1 1”. DNS tersebut termasuk salah satu server tercepat dan privasi pertama yang ada dalam web.

Perusahaan Cloudflare tidak akan mencatat alamat IP kamu. Sedangkan ISP kamu digunakan sebagai pelacak kebiasaan internet kamu.

Bahkan perusahaan sudah memperkerjakan KPMG untuk mengedit pada sistem setiap tahunnya. Hal ini membuktikan bahwa perusahaan ini dapat memenuhi janji-janji dari privasi penggunanya.

Kelebihan Cloudflare DNS:

  • Dapat digunakan secara gratis
  • Tidak pernah log data pada penelusuran pengguna
  • Server DNS jauh lebih cepat dari biasanya

Kekurangan Cloudflare DNS:

  • Tidak ada kekurangan yang saya temukan

2. Open DNS

Tingkatkan proteksi keluarga saat berselancar di dunia maya dengan open DNS

Open DNS merupakan layanan umum secara gratis sebagai raksasa dalam jaringan. Open DNS dapat digunakan untuk mengakses internet lebih aman dan cepat.

Selain itu Open DNS juga dapat mencegah serangan situs web klon yang dipalsukan atau buruk. DNS ini menggunakan perutean anycase sebagai pengarah koneksi ke server DNS terdekat.

Open DNS dapat memblokir situs-situs phishing bersamaan dengan situs-situs yang sudah diketahui mengandung malware. Sehingga aman untuk dibuka oleh penggunanya.

Sudah dilengkapi dengan teknologi penyembuhan diri melalui server yang sudah tersebar di ketiga benua. Layanan Open DNS tidak akan pernah mengecewakan penggunanya.

Alamat IP Open DNS adalah 208.67.222.222 – 208.67.220.220.

Kelebihan:

  • Dapat digunakan secara gratis
  • Dapat membawa peningkatan kecepatan
  • Dapat melindungi serangan malware, phising maupun situs web kloning

Kekurangan:

  • Harus mencatat lalu lintas DNS yang telah diterimanya

3. Google Publik DNS

Google Public DNS 8.8.8.8 dan 8.8.4.4

Google Public DNS memiliki tujuan sebagai pembuat internet yang jauh lebih aman dan handal. Server ini melindungi penggunanya agar terhindar dari serangan phising.

Terlebih lagi bagi pengguna yang menggunakan perangkat keras dalam mengakses internet. Maka jaringan yang lemot tidak akan lagi kamu dapatkan.

Jika kamu ingin menggunakan DNS publik Google, maka kamu harus mengkonfigurasi pengaturan jaringan. Alamat IP DNS publik Google yaitu 8.8.8.8 dan juga 8.8.4.4.

Google Public DNS tengah mendukung alamat IPv6. Bagi siapapun yang hendak mencoba server DNS pihak ketiga, Google public DNS dapat dijadikan sebagai opsi.

Kelebihan Google publik DNS:

  • Memiliki keamanan yang dapat ditingkatkan
  • Memiliki kecepatan yang optimal
  • Dapat digunakan secara gratis
  • Dapat melindungi dari serangan DDoS maupun serangan PC

Kekurangan:

  • Google publik DNS akan mencatat setiap penelusuran kamu

4. Comodo Secure DNS – Public DNS Service Gratis yang Aman

Comodo Secure DNS - Public DNS Service Gratis yang Aman

Comodo secure DNS merupakan pelayanan resolusi pada nama domain dengan menyelesaikan permintaan DNS. Pelayanan ini dapat memberikan pengalaman dalam menyusun internet.

Server ini tidak membutuhkan instalasi perangkat keras maupun perangkat lunak. Infrastruktur yang dimiliki dapat menjangkau 15 lokasi maupun lima benua yang ada di dunia.

Hal ini membuktikan server DNS comodo secure dapat menghasilkan kecepatan internet yang lebih cepat. Sedangkan untuk keamanannya pun sudah terjaminkan.

Kamu bisa menjelajahi web tanpa harus takut akan bahaya yang sedang mengintai. DNS ini akan memblokir situs dengan konten yang mengandung potensi ancaman siber.

Alamat IP DNS Comodo yaitu 8.26.56.26 – 8.20.247.20.

Kelebihan comodo secure DNS:

  • Dapat digunakan secara gratis
  • Sudah mencakup hingga 5 benua
  • Melindungi serangan situs malware, phishing maupun situs spyware

Kekurangan comodo secure DNS:

  • Tidak bisa diandalkan seperti pada ketiga jenis DNS di atas

5. DNS Watch

DNS Watch, DNS srver yang gratis, cepat, dan tanpa sensor

DNS watch merupakan DNS yang dapat menjelajah internet pada konten yang dibatasi. Server ini tidak membutuhkan instalasi apapun dan gratis untuk digunakan.

Server ini secara penuh mendedikasi dirinya untuk mencapai tujuannya. sehingga mampu memberikan pengalaman terbaik untuk kamu saat mengakses internet dengan cepat.

Selain itu, perusahaan juga tidak mencatat permintaan DNS yang telah dikirim pada perangkat kamu. Karena DNS watch telah mempercayai privasi para penggunanya.

Karena tidak dilakukan pencatatan data, maka data akan aman disembunyikan dari agensi iklan. Ketika kamu menggunakan server ini kamu harus menjaga diri dari malware maupun phishing.

Alamat IP DNS Watch yaitu: 84.200.69.80 – 84.200.70.40.

Kelebihan DNS watch:

  • Dapat digunakan secara gratis
  • DNS neutrality
  • Tidak melakukan pencatatan kueri
  • Tidak menjual atau membagikan data pengguna

Kekurangan DNS watch:

  • Tidak mendapatkan perlindungan sehingga terancam serangan situs web phising, malware, dst

6. Verisign DNS

DNS Publik Versign, resolusi DNS gratis yang bisa meningkatkan privasi pengguna internet

Server DNS Versign terbuka secara publik yang menjanjikan keamanan, stabilitas dan privasi. Stabilitas akan memastikan bahwa kamu selalu terhubung pada server DNS yang sedang digunakan

Keamanan internet juga sudah terjaminkan. Karena perusahaan ini tidak akan menjual permintaan DNS kamu, kebagian perusahaan permanen pada data pihak ketiga.

Layanan ini tidak dilengkapi dengan iklan jenis apapun dan benar-benar gratis. Untuk kamu yang sedang mencari pelayanan DNS, maka Verisign dapat dijadikan sebagai solusinya

Kamu dapat mengunjungi alamat IP DNS dari verisign di 64.6.64.6 atau atau 64.6.65.6. Sebagai bahan pertimbangannya simak kelebihan dan kekurangan berikut ini:

Kelebihan Verisign:

  • Dapat digunakan secara gratis
  • Tidak melakukan pencatatan
  • Memberikan perlindungan pada kelemahan keamanan pengguna
  • Tidak menjual maupun membagikan data pengguna

Kekurangan Verisign:

  • Bukan menjadi server yang tercepat

7. Quad9

Mudahnya meningkatkan privasi di internet menggunakan Publik DNS Quad9

Quad9 merupakan penyedia DNS yang masih tergolong baru. Akan tetapi pelayanan yang diberikan sudah terbukti secara nyata.

Pelayanan yang diberikan dapat digunakan secara gratis dan cepat. Melalui server ini kamu dapat memblokir domain yang berbahaya.

Kamu dapat menggunakannya tanpa perlu membayar. Meskipun gratis, Quote 9 tetap memberikan pelayanan yang sangat baik dengan kecepatan yang memuaskan.

Untuk primary yang digunakan yaitu 9.9.9.9. Sedangkan untuk secondary nya yaitu 149.112.112. 112.

Ketika kamu melakukan setting atau memperbaiki bagian koneksi internet yang mengalami masalah, kamu membutuhkan pengaturan DNS. Supaya internet dapat kembali terhubung.

Pada umumnya DNS sudah diatur secara default oleh ISP jika sudah terhubung dengan internet. Namun sayangnya terkadang settingan default menjadikan internet lebih lemot.

Hal ini mengharuskan kamu untuk mengganti server DNS, sehingga pengalaman internet lebih baik.

Ketujuh Publik DNS service di atas dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Selamat mencoba!