Tak dapat dimungkiri bahwa hidup penuh dengan ketidakpastian. Ada banyak kondisi tidak terduga yang mungkin menimpa tanpa dapat diperkirakan sebelumnya.

Meski saat ini pekerjaan atau usaha kita memberikan penghasilan stabil, bisa saja di luar dugaan dalam waktu sekejap musibah menimpa hingga usaha kita jatuh.

Hal tak terduga di luar pekerjaan pun bisa saja terjadi, misalnya tertimpa musibah kecelakaan dan faktor bencana alam. Situasi-situasi buruk semacam ini tidak diharapkan dan tentunya tidak dapat diperkirakan secara pasti.

Baca juga: Mengenal Good dan Bad Problem

Itulah kenapa Anda sebaiknya mengelola keuangan dengan sebaik-baiknya agar selalu siap menghadapi naik dan turunnya roda kehidupan yang kerap kali penuh kejutan.

Mengelola keuangan tak hanya sebatas memastikan aliran penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun juga mencakup persiapan dana darurat untuk dipergunakan sewaktu-waktu.

Apa Itu Dana Darurat?

Dana darurat merupakan dana yang Anda persiapkan khusus untuk menghadapi kejadian yang tidak diperkiraan. Dana darurat tidak bisa disamakan dengan dana investasi, melainkan sesuatu yang terpisah.

Dana darurat sebaiknya dapat dicairkan sewaktu-waktu tanpa proses yang panjang agar Anda tak mendapat kesulitan ketika mendadak membutuhkannya.

Dana darurat tidak hanya diperlukan untuk keperluan memenuhi kebutuhan finansial, namun juga untuk menghindari hal-hal lainnya yang tidak diinginkan, seperti gangguan kondisi kesehatan, keberlangsungan bisnis, maupun hal-hal yang berkaitan dengan hubungan dengan orang lain.

Mengapa Anda Perlu Mempersiapkan Dana Darurat?

Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu mempersiapkan dana darurat. Berikut di antaranya:

1. Supaya Anda tak perlu terjerat utang

Siapa yang mau terjerat utang? Utang selalu membebani pikiran dan hidup menjadi tak tenang. Namun ketika tertimpa musibah atau membutuhkan dana dalam waktu yang mendesak, pilihan yang ada di tangan Anda hanya ada dua: berutang atau menggunakan dana darurat. Bayangkan jika Anda tidak memiliki dana darurat. Satu-satunya opsi yang tersisa adalah berutang.

Jangan sampai ini terjadi pada Anda. Kejadian tak terduga seperti kehilangan pekerjaan, usaha bangkrut, kecelakaan, atau bencana alam dapat Anda hadapi jika memiliki dana darurat, daripada harus terlibat hutang. Apalagi mengingat adanya bunga bulanan yang semakin menambah nominal utang.

Maka persiapkan dana darurat mulai dari sekarang agar Anda dapat memenuhi kebutuhan mendesak tanpa harus terlibat utang.

2.Berjaga-jaga ketika penghasilan tidak tetap

“Tak perlu berpenghasilan tetap, tetapi yang penting tetap berpenghasilan.” Banyak orang yang menganut prinsip semacam ini dan tak ada yang salah dengan prinsip ini.

Bahkan kini banyak yang berani melepaskan diri dari kerja kantoran dengan penghasilan tetap demi mengejar passion untuk berwirausaha meski penghasilannya tidak tetap.

Baca juga: Porsi Pembagian Antara Nabung dan Investasi

Namun tidak memiliki penghasilan yang tetap berarti Anda tidak tahu persis seberapa pemasukan yang akan Anda dapatkan bulan depan. Apakah pemasukan tersebut akan cukup untuk memenuhi semua kebutuhan Anda?

Bagaimana jika pemasukan berkurang? Bagaimana jika usaha yang Anda rintis tidak berjalan seperti perkiraan? Di saat-saat seperti inilah Anda akan merasa sangat tertolong apabila memiliki dana darurat.

3. Menjaga keharmonisan kehidupan rumah tangga

Tahukah Anda? Masalah finansial kerap menjadi salah satu penyebab percikan konflik rumah tangga. Ketika kebutuhan hidup tak terpenuhi, emosi mudah terpancing.

Keadaan semacam ini tak hanya mengancam stres kepala rumah tangga yang menjadi tulang punggung keluarga, tetapi juga anggota keluarga lainnya. Maka keretakan keluarga rentan terjadi pada keluarga yang kekuatan finansialnya terganggu.

Dengan adanya dana darurat setidaknya dapat mengurangi risiko munculnya konflik yang tidak konstruktif dalam rumah tangga, sehingga keharmonisan akan tetap terjaga.

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, dana darurat dapat menyelamatkan Anda dari kemungkinan terjerat utang, tidak lancarnya usaha, dan konflik rumah tangga.

Baca juga: Kemudahan untuk Mahasiswa Nabung Emas

Maka ketika Anda tidak menyisihkan uang untuk mempersiapkan dana darurat, Anda akan menghadapi risiko yang akan mengganggu kualitas hidup.

Antisipasi agar jangan sampai hal-hal buruk ini jangan sampai terjadi pada Anda. Caranya, persiapkan dana darurat untuk digunakan sewaktu-waktu ketika dibutuhkan.

Persiapan dana darurat tak akan mengganggu pemenuhan kebutuhan Anda sehari-hari apabila dilakukan dengan cerdas. Berikut kami rangkum tips untuk mempersiapkan dana darurat.

Tips Merencanakan Persiapan Dana darurat

1. Sisihkan uang secara rutin

Percayakah Anda pada pepatah ”sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”? Dalam mempersiapkan dana darurat, prinsip ini dapat diterapkan. Sisihkan sejumlah uang secara rutin setiap bulannya.

Banyak orang yang mengakumulasikan dana darurat mereka dari tabungan yang mereka sisihkan selama bertahun-tahun. Jadi tak perlu tergesa-gesa tetapi jangan juga menunggu hingga mendapat penghasilan yang jauh lebih besar untuk menyisihkannya.

Kuncinya, mulailah dari sekarang, dan mulailah dengan menyisihkan sedikit uang berapapun jumlahnya, receh pun tak apa.

2.Memisahkan rekening tabungan

Pada dasarnya, maksud disediakannya dana darurat adalah agar dapat digunakan sewaktu-waktu untuk kebutuhan mendesak yang tidak terduga. Maka jangan sampai Anda tergoda untuk membelanjakannya pada hal-hal lain.

Untuk menghindari hal ini, Anda dapat membuat rekening tabungan baru khusus untuk menyimpan dana darurat. Dana darurat dalam bentuk tabungan lengkap dengan kartu ATM akan memudahkan Anda karena dapat diambil sewaktu-waktu.

Untuk menghindari godaan agar Anda tidak membelanjakan uang di dalam tabungan ini, tinggalkan kartu ATM Anda di rumah ketika hendak bepergian.

3. Investasi dalam bentuk Emas

Apabila dana darurat Anda sudah terkumpul cukup banyak namun belum perlu digunakan, Anda dapat mengalihkannya dalam bentuk investasi emas.

Menyimpan uang dalam bentuk emas akan menjamin nilainya. Sementara itu, emas juga mudah diuangkan ketika dana darurat dibutuhkan segera.

Itulah rangkuman mengenai pentingnya memiliki dana darurat beserta tips untuk mempersiapkan dana darurat. Jika hidup berjalan baik-baik saja tanpa musibah berarti, maka dana darurat ini dapat dianggap sebagai tabungan yang dapat Anda gunakan atau wariskan kelak.

Bagikan tulisan di atas melalui situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path. Caranya mudah klik tombol share, lalu pilih sosmed yang Anda pergunakan untuk sahabat-sahabat Anda di sana.

Tidak ingin ketinggalan tulisan terbaru dari blog.situstarget.com? Daftarkan saja alamat email dan nama lengkap Anda di kotak berlangganan artikel di bawah tulisan ini. Setiap ada tulisan terbaru, Anda akan mendapatkan notifikasi.