Tips Desain Baju yang Mudah dan Praktis untuk Pemula yang Mau Wirausaha di Bidang Konveksi

Seperti yang kita ketahui bahwa pada dasarnya kebutuhan manusia terdiri dari tiga hal dasar. Tiga hal tersebut adalah kebutuhan akan pangan atau makanan, kebutuhan akan papan atau tempat tinggal, dan kebutuhan akan sandang atau pakaian.

Karena perkembangan zaman yang sangat pesat maka saat ini manusia lebih dimudahkan untuk memenuhi ketiga kebutuhan primer tersebut dan kebutuhan lainnya.

Pada dasarnya hal utama yang paling  dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah materi berupa uang.

Karena semua kebutuhan saat ini sudah tersedia dalam berbagai ragam pilihan dan juga harga. Salah satu hal yang beragam saat ini adalah desain baju yang dapat anda buat dengan mudah.

Tanpa anda sadari bahwa ada satu kebutuhan yang pada dasarnya masih menuntut kreativitas dari manusia jika diinginkan, yakni kebutuhan akan sandang.

Hal tersebut dikarenakan selera setiap orang pasti berbeda-beda dalam hal model pakaian atau baju yang akan dikenakan.

Oleh karena itu saat ini tersedia beragam media yang dapat dengan mudah anda gunakan untuk membuat desain baju yang sesuai dengan diri anda dan juga kesesuaian anda dalam hal fashion.

Saat ini seperti yang kita ketahui bahwa dunia fashion  sedang berkembang dengan sangat pesat karena banyak bermunculan berbagai jenis model baju.

Uniknya lagi model baju ini dapat menyesuaikan dengan musim atau iklim sebuah negara. Bahkan beberapa model baju berkiblat pada budaya tertentu.

Terutama di negara-negara yang sangat heterogen dalam hal keberagaman budanyanya. Tidak hanya bergantung pada budaya dan iklim saja, desain baju juga dapat mengambil insipirasi dari jenis acara yang akan dihadiri.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa membuat sebuah baju membutuhkan tingkat kreativitas yang sangat tinggi dan juga merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan.

Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk anda mencoba membuat sebuah desain baju sesuai dengan keinginan anda.

Jika anda memang tertarik untuk melakukannya maka saat ini sudah tersedia beragam media yang bisa anda gunakan untuk membuat desain sebuah baju yang sangat sesuai dengan keinginan anda sendiri.

Langkah pertama dalam membuat sebuah baju tentunya anda harus memulai dari model baju yang paling sederhana misalnya saja sebuah kaos.

Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa website dan juga aplikasi offline yang dapat anda manfaatkan untuk membuat baju anda sendiri.

Membuat Desain Baju Secara Online

Hal pertama yang akan dibahas pada artikel ini adalah cara mudah untuk membuat desain baju secara online melalui beberapa website.

Mungkin masih banyak yang tidak mengetahui bahwa membuat sebuah baju melalui beberapa website yang diakses secara online dan tanpa biaya sedikitpun.

Namun perlu anda ketahui bahwa ada beberapa website internasional yang mengharuskan anda untuk melakukan pemesanan baju pada website tersebut setelah anda membuat sebuah desain pada website tersebut.

Pada dasarnya membuat desain sebuah baju secara online tidaklah susah karena beberapa design button sudah tersedia dimana anda tinggal menyesuaikan dengan keinginan anda saja.

1. Website yang dapat anda manfaatkan untuk membuat sebuah desain unik secara online adalah Customink

Saat ini, Customink menjadi salah satu website desain yang paling banyak dikunjungi karena kemudahan di dalam penggunaannya.

Langkah pertama untuk membuat desain dari website ini tentunya anda harus mengakses website ini terlebih dahulu.

Selanjutnya pada halaman utama website ini anda akan menemukan sebuah pilihan menu dengan tulisan “ Design Lab “.

Pilihlah menu tersebut karena nantinya anda akan dialihkan pada sebuah halaman khusus.

Selanjutnya sebagai tahapan dasar maka pilih menu “ your item “ untuk memilih warna dasar baju yang anda inginkan.

Satu hal yang perlu anda ingat bahwa website ini merupakan website khusus untuk mendesain sebuah kaos.

Setelah memilih warna dasar maka anda dapat menambahkan tulisan pada kaos anda dengan menggunakan pilihan “ add text “.

Jika anda ingin menambahkan “hiasan” lain pada kaos anda maka anda hanya perlu memilih pilihan yang sesuai dengan fungsinya.

Seperti menambahkan gaya tulisan atau gambar tertentu serta melakukan penyesuaian ukuran pada setiap “hiasan“ tambahan di kaos anda.

Membuat Desain Baju Secara Offline

Selain membuat desain baju secara online, maka anda juga bisa berkreasi secara offline menggunakan aplikasi yang dapat dijalankan di laptop maupun komputer anda.

1. Aplikasi pertama yang sangat diminati adalah Inkscape

Karena kelengkapan fitur yang dimiliki. Pada aplikasi ini anda tidak hanya bisa menambahkan sebuah tulisan atau gambar sederhana.

Namun anda juga bisa membuat sebuah gambar secara menyeluruh sesuai dengan kreativitas anda.

Sehingga jika anda menggunakan aplikasi ini dapat dipastikan kaos anda tidak akan ada yang menyamai.

Sebab pada aplikasi atau software ini anda dapat membuat desain gambar 3D, poligon, clone, star, dan lain-lain.

2. Aplikasi selanjutnya yang biasanya dipergunakan oleh para pemula adalah GrafficPro Studio

Aplikasi ini dikenal karena user friendly dan juga berbagai macam fitur lainnya seperti gambar, teks, dan juga garment template.

Selain itu design button yang tersedia juga memiliki keterangan yang jelas sehingga lebih mudah digunakan.

Perlu anda ingat bahwa jika anda membuat desain baju secara online dengan menggunakan beberapa website yang tersedia maka tentunya hal itu akan lebih mudah.

Karena biasanya pilihan desain yang tersedia sangat jelas dan anda tidak perlu mempelajari masing-masing fungsinya lagi.

Tetapi terkadang membuat sebuah desain secara online juga mengharuskan anda untuk memesan baju pada website tersebut.

Sehingga anda tidak bisa bebas memilih penjahit yang cocok dengan selera anda.

Namun jika anda membuat sebuah desain baju secara offline maka tentunya anda bisa menggunakan jasa penjahit yang cocok dengan selera anda.

Tetapi kekurangan membuat desain secara offline adalah anda membutuhkan beberapa waktu untuk memahami aplikasi desain dan juga fitur-fitur yang terdapat di dalamnya.

Karena biasanya fitur yang disediakan lebih banyak dan lebih rumit. Demikian artikel mengenai mendesain sebuah baju baik secara online maupun offline, semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.