DNS Cloudflare vs VPN Gratisan

Bagi anda yang mengenal dunia online, pasti pernah mendengar istilah VPN dan juga DNS. Namun, tidak semuanya mengerti bahwa kedua hal ini begitu penting untuk menjaga data diri anda agar tidak mudah tersebar begitu saja secara di dunia maya.

Mengetahui pentingnya penggunaan DNS Cloudfare atau VPN gratis menjadi salah satu hal yang wajib anda pahami di era digital ini. Menggunakan jaringan internet yang berbasis online tentunya mempermudah orang lain untuk bisa mengakses data diri anda dengan mudah.

Hal tersebut bisa dilakukan melalui akun-akun media sosial yang anda miliki atau jejak dokumen yang pernah anda terbitkan dalam jaringan internet ini. Untuk mengantisipasi penggunaan data pribadi yang tidak diinginkan, maka anda dapat menggunakan aplikasi atau software pengaman yang dapat melindungi seluruh data anda di jaringan internet.

Jika anda ingin memulai pengamanan data anda secara menyeluruh, maka anda dapat memanfaatkan DNS Cloudfare. Cloudfare sendiri merupakan sebuah fitur digital yang menggunakan teknologi CDN atau Content Delivery Network.

Layanan Cloudflare Memang Gratis Meskipun Demikian Tetap Powerful untuk Digunakan

Teknologi tersebut terbukti sangat penting untuk digunakan sebab dapat melindungi data anda di dunia digital dari serangan DDoS atau Distributed Denial of Servife attacks yang mampu menghabiskan sumber daya yang anda gunakan pada komputer untuk mengakses jaringan internet.

Selain itu penggunaan Cloudfare ini juga mampu membuat waktu pemuatan sebuah halaman website menjadi lebih cepat. Fitur utama yang membuat penggunaan Cloudfare menjadi begitu penting adalah karena mampu menyembunyikan IP address yang kita gunakan dari web hosting.

Sehingga hal tersebut akan menyulitkan hacker untuk melakukan tindakan criminal terhadap data-data diri seseorang di dunia maya. Oleh karena itu pada artikel kali ini akan kita bahas lebih jauh mengenai DNS dan juga VPN.

Apa Itu DNS ?

Perlu anda ketahui bahwa di dunia dengan era digital saat ini ternyata komputer di seluruh dunia dapat melakukan komunikasi dengan komputer lainnya dengan hanya terhubung melalui IP address yang digunakan.

Proses komunikasi antar komputer disini seperti kegiatan bertukar data, bertukar informasi, dan melakukan komunikasi jarak jauh secara langsung. Sehingga tidak menutup kemungkinan seluruh komputer yang pernah terhubung dengan perangkat anda bisa saja melihat data-data diri anda yang ada di dunia digital.

Sehingga anda perlu menggunakan DNS yang merupakan singkatan dari Domain Name Server agar perlindungan lebih mudah untuk dilakukan. Pemahaman mengenai hal ini menjadi sangat krusial sebab saat ini masih banyak pengguna dunia digital yang tidak mengerti betapa pentingnya melindungi data-data yang dapat dengan mudah diakses oleh orang lain.

DNS Cloudflare bisa Meningkatkan Keamanan Anda Selama Berselancar di Dunia Maya

Perlu anda ingat bahwa seiring dengan semakin canggihnya teknologi yang tersedia, maka akan semakin banyak orang yang memanfaatkannya untuk hal-hal yang tidak baik dan mengacu pada arah kejahatan digital yang lebih sulit untuk dilacak.

DNS sendiri merupakan sebuah sistem dalam jaringan komputer yang bertindak sebagai sebuah buku telepon jika dianalogikan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Sehingga DNS dapat mengenal seluruh alamat IP address yang pernah terjangkau dan menyimpan alamat tersebut pada hosting yang anda gunakan. Selain itu, DNS juga mampu menyimpan seluruh alamat website atau situs dan data yang pernah anda unggah pada hosting Internet Service Provider yang anda gunakan.

Para pelaku kejahatan digital dengan mudah dapat meretas semua IP address yang tersimpan dalam satu tempat tanpa pengamanan. Oleh karena itu DNS Cloudfare mengeluarkan sebuah software baru yang di klaim mampu untuk memberikan sebuah area aman dan tertutup bagi IP address anda. Serta mampu untuk membuat kinerja pemuatan laman menjadi lebih baik dan semakin cepat.

Keunggulan DNS Cloudfare 1.1.1.1

Selain memilih Internet Service Provider atau ISP yang baik untuk mengakses internet, maka anda juga perlu memberikan tambahan perlindungan terhadap semua situs yang anda akses dan data yang anda masukkan ke dalam dunia digital.

Sebab saat ini sudah banyak sekali tindak kriminal yang berawal dari mudahnya mendapatkan data pribadi seseorang melalui kegiatan penjelajahan internet sehari-hari. Salah satu solusi yang ditawarkan sebelumnya adalah dengan memanfaatkan fitur DNS Cloudfare yang mampu memberikan perlindungan dengan berbagai cara.

Pada tanggal 1 April kemarin, DNS Cloudfare 1.1.1.1 baru saja dirilis dan menjadi salah satu fitur keamanan yang paling banyak disukai. Seperti yang anda ketahui bahwa DNS atau Domain Name Server bertindak sebagai sebuah buku pencatatan seluruh kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan IP address pribadi anda.

Dengan menggunakan DNS Cloudfare 1.1.1.1 ini keseluruhan hal yang tercatat di dalam DNS akan ditata lebih rapi lagi. Selain itu, berbagai alamat situs atau website yang anda kunjungi juga akan dipetakan dalam rute yang lebih baik.

Kemampuan fitur ini untuk melakukan penataan perjalanan penjelajahan internet, terbukti mampu untuk meningkatkan kecepatan kinerja komputer anda. Menurut situs web yang mencatat kecepatan kinerja sebuah komputer, kinerja terbukti mengalami peningkatan sebanyak 28% daripada sebelum penggunaan fitur ini.

Selain itu ketika anda mencari sebuah laman maka alamat laman yang anda tuju tidak akan disimpan dengan format lengkap di dalam DNS. Sebagai contoh ketika anda menjelajahi situs teknologi dengan alamat www.situstarget.com maka yang akan disimpan di dalam DNS hanya situstarget.com. Sehingga kegiatan penjelajahan internet anda akan semakin menyenangkan karena waktu pemuatan laman yang lebih cepat dari biasanya.

Tingkat Keamanan dengan DNS Cloudflare 1.1.1.1

Satu hal yang perlu anda pahami mengenai bagaimana sistem pengaman DNS Cloudfare 1.1.1.1 ini bekerja. Pada dasarnya, ketika anda mencari sebuah alamat laman dan masuk ke dalam halaman laman tersebut, maka sewajarnya seluruh data yang anda akses secara otomatis akan tercatat pada IP address anda yang tersimpan dengan baik pada DNS.

Saat hal tersebut tidak memiliki pengaman atau penjaga jalur lalu lintas data, maka dengan mudah aktivitas dan data yang anda akses, dapat dilihat oleh orang lain. Bahkan saat ini data yang tidak diamankan tersebut dapat dengan mudah digunakan untuk hal yang tidak baik oleh pengguna jaringan internet yang tidak bertanggung jawab.

Tetapi dengan menggunakan sistem pengamanan seperti Cloudfare 1.1.1.1 maka hal tersebut dapat diminimalisir bahkan dicegah dengan sistem penyembunyian data.

Pada dasarnya, sistem keamanan ini bekerja dengan mengalihkan tempat atau media penyimpanan lalu lintas penjelajahan anda. Pada umumnya data akan disimpan pada DNS di masing-masing web hosting yang anda gunakan.

Dimana seperti yang anda ketahui bahwa web hosting tersebut dipergunakan bersama-sama atau yang biasa dikenal dengan istilah shared hosting. Sehingga data dapat terlihat dengan jelas tanpa ada pengamanan sedikit pun agar bisa diakses oleh seluruh pengguna server pada hosting tersebut.

Tips Meningkatkan Keamanan dengan DNS Cloudflare

Cloudfare 1.1.1.1 akan mengganti media penyimpanan data yang langsung menuju ke penyimpanan Cloudfare Resolver berupa data DNS anonim.

Sehingga ketika anda menggunakan pengamanan ini, maka satu-satunya hal yang harus anda lakukan adalah mempercayai sistem yang digunakan oleh Cloudfare.

Anda tidak perlu khawatir akan hal itu, sebab Cloudfare telah berkomitmen untuk menjaga semua data yang masuk. Justru data-data tersebut digunakan untuk melakukan pengembangan secara berkala terhadap sistem agar mudah untuk mengantisipasi permasalahan yang diakibatkan oleh DDoS. Sehingga sistem DNS Cloudfare 1.1.1.1 dapat terus menyesuaikan perkembangan dunia digital.

Perbedaan Cloudfare 1.1.1.1 dan VPN

Menggunakan DNS Cloudfare 1.1.1.1 untuk mengamankan penjelajahan digital anda memang sangat menarik karena fitur atau sistem yang digunakan juga berbasis pada kecanggihan teknologi yang ada.

Untuk menikmati fasilitas yang mumpuni tersebut tentunya anda harus rela mengeluarkan biaya secara berkala. Oleh karena itu masih banyak yang tidak menggunakan sistem pengamanan tersebut karena berbayar.

Namun jika anda masih ingin menerapkan pengamanan pada data-data anda yang terdapat pada dunia digital, maka anda bisa memanfaatkan layanan VPN gratis yang saat ini banyak tersedia.

Bahkan seiring dengan berkembangnya zaman, VPN saat ini sudah bisa digunakan hampir di semua perangkat seperti smartphone, laptop, komputer, dan lain-lain.

Selain mudah digunakan di berbagai perangkat yang ada saat ini, VPN jenis ini juga sangat mudah dalam hal pemanfaatannya karena tidak diperlukan adanya konfigurasi pada perangkat.

Sehingga cukup klik salah satu tombol pengaktifan VPN, maka VPN akan langsung mengamankan lalu lintas penjelajahan anda. VPN sendiri merupakan singkatan dari Virtual Private Network yakni sebuah sistem yang berperan sebagai perantara antara pengguna komputer ataupun gadget lainnya yang terhubung melalui internet melalui sebuah server yang dijalankan oleh penyedia VPN itu.

Sejauh Ini Memang Lebih Aman VPN Dibandingkan DNS Cloudflare 1.1.1.1

VPN mengenkripsi semua lalu lintas yang mengalir melaluinya, termasuk HTTP dan HTTPS. Dan dengan VPN, anda dapat menyembunyikan atau bahkan memalsukan posisi anda yang sebenarnya sehingga anda dapat menjelajahi internet dengan aman dan dengan hal tersebut juga anda dapat mengakses laman website tertentu yang biasanya hanya di khususkan untuk dapat di akses oleh negara-negara tertentu saja.

Dalam hal ini Cloudfare DNS 1.1.1.1 tidak dapat melakukan hal yang sama. Namun apabila mengenai kecepatan akses, Cloudfare DNS 1.1.1.1 akan lebih unggul dibandingkan dengan VPN.

Hal ini tentu berhubungan dengan enkripsi yang digunakan oleh server VPN serta jarang koneksi antara server dan pengguna akan mempengaruhi hal tersebut.

Namun, di beberapa penyedia VPN yang baik, hal tersebut tidak berpengaruh banyak dan perbedaan kecepatan antara 1.1.1.1 dan VPN tidak akan signifikan.

DNS Cloudfare 1.1.1 vs VPN

Apabila anda mencari kecepatan koneksi dalam mengakses suatu laman website tertentu dengan gratis, 1.1.1.1 menjadi pilihan utama anda. DNS 1.1.1.1 juga memberikan anda akses sekuritas data anda jauh lebih baik.

Namun apabila anda menginginkan untuk menjadi tidak terlacak serta bersedia untuk membayar lebih untuk kenyamanan berselancar anda, maka menggunakan VPN adalah pilihan anda.

Dengan VPN anda juga mendapatkan benefit untuk ‘memindahkan’ lokasi anda secara dunia maya ke lokasi lain, apabila anda menginginkan untuk mengakses website tertentu yang di blok secara wilayah, seperti misalnya Netflix. Anda bisa menggunakan VPN anda dapat mengaksesnya.

Baik Cloudfare DNS 1.1.1 dan VPN memiliki keuntungannya masing-masing, semua tergantung dengan kebutuhan anda.

Berlanggan Artikel

Daftarkan email kamu melalui kotak subscribe di bawah ini.