Dahulu Google Playstore sering bermasalah, mulai tiba-tiba restart sendiri, tidak bisa dibuka, sekalinya bisa dibuka aplikasi malah nge-freeze, dan masih banyak masalah lainnya.

Nah tidak semua masalah di Google Playstore diakibatkan dari bug pada aplikasi seperti misalnya kasus download pending, di mana smartphone kamu tidak bisa memperbaharui aplikasi.

Dalam keadaan normal, biasanya aplikasi saat di klik tulisan update all atau update. Play store akan secara otomatis memperbaharui aplikasi yang pembaharuannya sudah tersedia.

Namun dikasus download pending ini, Google Playstore seperti tidak memperharui aplikasi, sudah ditunggu lama namun tulisan sama. Download pending bisa diartikan unduhan mengalami penundaan.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki masalah ini, yaitu:

1. Bersihkan Cache Pada Aplikasi Play Store

Cache bisa menyebabkan memori internal pada smartphone menjadi cepat penuh. Kalau kamu jarang menghapus cache bisa jadi masalah download pending di Play Store dikarenakan si cache ini.

Cara menghapus cache pada Play Store cukup mudah, pertama yang kamu harus lakukan yaitu mengklik aplikasi Play Store tahan sedikit lama, hingga muncul pilihan menu seperti select alladd to homedisable, dan app info.

Cara Mengatasi Download Pending Di Google Playstore

Setelah muncul menu pilihan seperti gambar di atas, yang berikutnya yaitu klik tulisan app info.

Tampilan di smartphone kamu akan seperti gambar di bawah ini kurang lebih.

Cara membersihkan cache di aplikasi playstore

Klik pada tulisan storage dan tahap berikutnya bisa kamu klik clear cache.

Cara membersihkan cache di Google Playstore

2. Ubah Preferensi Jaringan di Play Store

Jika cara di atas sudah kamu lakukan, namun belum menyelesaikan masalah download pending di Play Store. Kamu bisa mengubah preferensi download di aplikasi Play Store, dengan cara membuka menu Settings.

Ubah pada tulisan App-Download preference menjadi over any network. Pada Auto-update apps jika sebelumnya menggunakan Wi-Fi only, kamu bisa ubah pengaturannya menjadi over any network juga.

Cara Mengubah Preferensi Jaringan di Play Store

3. Memori Internal Kepenuhan

Cara Mengatasi Memori Internal Kepenuhan

Masalah di nomor pertama dan yang ketiga ini ada kaitannya. Ketika kamu jarang menghapus cache atau aplikasi yang jarang digunakan, dan bisa juga aplikasi bawaan hp yang sorry to say “kurang bermanfaat”.

Saat memori internal penuh, secara otomatis Play Store tidak akan bisa memperbaharui aplikasi yang pembaruannya sudah tersedia. Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu bersih-bersih cache.

Cache sudah bersih,  namun karena ruang penyimpanan memori internalnya memang tidak besar. Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan yaitu memindahkan aplikasi ke SD Card.

Perlu kamu ketahui tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ke memori eksternal. Kamu bisa sortir aplikasi yang memakan banyak space di memori internal dan tidak bisa dipindahkan ke memori eksternal.

Aplikasi tersebut jika jarang dipakai sebaiknya di uninstall saja. Misalnya aplikasi Facebook, sebagai gantinya kamu bisa login FB melalui browser saja. Jadi aplikasi Facebook, bisa digantikan dengan browser

Cara seperti ini bisa menghemat memori internal di smartphone. Dari ketiga cara di atas semoga bisa bermanfaat. Jika masalah download pending masih muncul juga. Ada cara lain, seperti uninstall playstore, terus install lagi.

Solusi lainnya coba untuk melakukan restart Android. Jika menggunakan VPN saat download aplikasi, coba matikan aplikasi VPN-nya terlebih dahulu. Gunakan koneksi Wi-Fi atau paket data untuk memperbaharui aplikasi di Play Store.

Semoga berhasil!