Internet banking atau yang lebih sering kita sebut dengan e-banking) adalah sebuah layanan perbankan yang memanfaatkan tekonologi internet dan perangkat komunikasi seperti ponsel dan komputer atau laptop.
Baca juga: Cara Beli Emas di Kantor Pegadaian
Pengguna e-banking dapat melakukan aktivitas perbakan seperti biasanya tanpa perlu datang ke kantor cabang bank atau ATM. Cukup dengan koneksi internet dan ponsel atau komputer, pengguna dapat bertransaksi dari mana saja dan kapan saja.

Bagaimana Cara Mendapatkan Layanan E-Banking?

Syarat utamanya adalah tentu Anda harus menjadi nasabah dari bank yang memberikan layanan e-banking tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mendapatkan layanan e-banking dari beberapa bank.

Daftar E-banking dari Bank BNI

Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan layanan e-banking BNI, yakni melalui ATM BNI atau datang langsung ke kantor BNI terdekat.
a. Daftar Layanan E-banking Melalui ATM

  1. Pilih menu Registrasi E-Channel dan buat PIN dengan enam digit.
  2. Lakukan aktivasi dengan mengakses Layanan BNI Internet Banking di www.bni.co.id.
  3. Ikuti panduan dengan mengklik kata ‘klik di sini’.
  4. Masukkan nomor kartu BNI Anda dan PIN registrasi e-banking yang baru Anda buat.
  5. Baca syarat dan ketentuan, lalu berikan tanda centang pada kotak tanda persetujuan.
  6. Buat user ID dan password sesuai format.

Sampai di tahapan ini, Anda sudah dapat menikmati layanan e-banking BNI untuk transaksi nonfinansial seperti informasi saldo dan mutasi rekening. Jika Anda ingin melakukan transaksi finansial, Anda harus memiliki BNI eSecure.
Untuk mendapatkan eSecure, lakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Pilih menu Administrasi dan lanjutkan Registrasi BNI eSecure pada layar aplikasi BNI Internet Banking. Catat nomor pemesanan BNI eSecure.
  2. Pilih area dan kantor cabang yang akan menjadi tujuan Anda mengambil eSecure.
  3. Dengan membawa buku tabungan BNI, kartu identitas, dan nomor pemesanan BNI eSecure, Anda dapat mendatangi kantor cabang yang sudah dipilih untuk mengambil BNI eSecure dengan jarak sepuluh hari kerja sejak registrasi BNI eSecure.
  4. Lakukan aktivasi sesuai dengan petunjuk.

b. Daftar Internet Banking Melalui Kantor Cabang

  1. Bawalah buku tabungan BNI dan kartu identitas Anda yang asli dan sah.
  2. Proses registrasi dan aktivasi akan dibantu oleh petugas.
  3. Setelah selesai, User ID, password, dan BNI eSecure dapat segera Anda bawa pulang.

2. Daftar Internet Banking di Bank BRI

Untuk mendapatkan layanan e-banking, Anda harus melakukan registrasi di ATM dan kantor BRI. Pertama, lakukan registrasi di ATM BRI menggunakan kartu BRI untuk mendapatkan user ID dan password.
Baca juga: Kelemahan Emas Sebagai Instrumen Investasi
Kemudian, Anda perlu datang ke kantor cabang atau kantor cabang pembantu BRI terdekat untuk mengisi dan menandatangani formulir Aplikasi Internet Banking dengan menunjukkan bukti identitas diri yang asli dan sah serta bukti kepemilikan pemegang rekening.
Pastikan Anda memiliki e-mail dan ponsel beserta nomor dari operator yang bekerja sama dengan BRI (Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL, Smartfren).

3. Daftar Internet Banking di Bank Mandiri

Anda dapat melakukan pendaftaran di ATM atau datang langsung ke kantor cabang terdekat sebelum melakukan aktivasi.
Untuk pendaftaran di ATM, pilih registrasi e-banking dan ikuti petunjuk yang tertera untuk membuat Access Code, smeentara nomor Access ID adalah 16 digit kartu Mandiri Debit Anda.
Setelah itu, Anda bisa mendapatkan token dengan mengisi formulir Penggunaan Token di kantor Mandiri terdekat dan ikuti sesuai petunjuk.
Baca juga: Tips Membuat Kesan Pertama yang Tidak Terlupakan
Untuk aktivasi, buka www.bankmandiri.co.id dan klik tombol ‘aktivasi’. Masukkan Access ID dan Access Code, lalu buat user ID dan PIN. Untuk mengaktifkan token, pilih menu Administasi dan Aktivasi Token PIN Mandiri setelah log in pada situs yang sama.
Untuk informasi layanan e-banking dari bank yang lain, Anda dapat mengunjungi kantor cabang terdekat atau buka situs resmi bank yang diinginkan.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Layanan E-Banking?

A. Kelebihan Layanan E-Banking

1. Hemat Waktu

Anda tidak harus membuang waktu untuk pergi ke ATM atau kantor cabang dan mengantre. Anda dapat mengalokasikan waktu untuk kegiatan lainnya.
Baca juga: Jangan Sampai Pelanggan Kabur Karena Masalah Ini

2. Praktis

Selama koneksi internet baik, Anda tidak perlu berpindah lokasi untuk melakukan transaksi perbankan.
Pembayaran tagihan dan pembelian tiket, reservasi hotel, barang, dan lain-lain sekarang menjadi lebih efisien hanya dengan beberapa langkah mudah.
Selain itu, di sisi bank, layanan Internet Banking juga menguntungkan karena dapat mengurangi biaya operasional.

Kekurangan Layanan E-banking

1. Rawan Pembobolan dan Target Cyber Crime

Cyber crime kerap mengincar pengguna layanan e-banking. Semakin hari, para cracker semakin kreatif dan pandai dalam mencari celah situs-situs tertentu untuk melakukan pencurian data atau merusaknya.

2. Bergantung pada Koneksi Internet

Jika Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan cepat, tentu hal ini sama sekali bukan menjadi masalah. Namun jika koneksi internet di lokasi Anda kurang mendukung, layanan e-banking bisa jadi tidak senyaman dan semenyenangkan yang diharapkan.
Baca juga: Seberapa Penting Reputasi Online Bagi Pebisnis?

Tips Menggunakan Layanan E-Banking

Agar penggunaan layanan e-banking menjadi nyaman, beberapa tips berikut ini dapat Anda lakukan.

  1. Jangan pernah membagikan informasi mengenai akun e-banking Anda kepada siapa pun, termasuk user ID, password, alamat e-mail, nomor token, dan lain-lain.
  2. Amankan perangkat Anda dengan antivirus yang baik.
  3. Ganti password secara berlaka.
  4. Jangan mudah percaya pada informasi yang diberikan kepada Anda melalui e-mail, SMS, telepon dengan berpura-pura sebagai pegawai bank, dan lain-lain yang meminta Anda untuk memberikan informasi pribadi e-banking Anda. Tindakan pencurian informasi seperti ini dikenal dengan istilah phishing. Jika Anda mendapat informasi yang mencurigakan, segera hubungi pihak bank. Termasuk ketika Anda lupa password dan datang ke bank, jangan pernah memberitahui PIN Anda karena pegawai bank tidak dibenarkan melakukan tindakan demikian.

Itulah informasi seputar layanan e-banking. Pada dasarnya, baik transaksi secara konvensional atau e-banking, Anda tetap harus bijak dalam melakukannya. Semoga bermanfaaat!

Iklan