Manfaat Emulator Android Dalam Bermain Game

 Bagi sebagian orang, bermain game adalah salah satu cara untuk mengisi waktu luangnya.

Selain menyenangkan, bermain game juga dipercaya dapat memberikan rangsangan yang baik ke otak karena di dalam bermain game kita dituntut untuk memecahkan masalah pada tingkat level yang berbeda.

Hal itu menyebabkan logika dan cara berpikir kita semakin terasah dan dapat meningkatkan IQ kita.

Dari hal tersebut juga, kita dapat meningkatkan kreativitas kita dan juga kemampuan kita untuk memecahkan masalah (problem solving) akan lebih luas.

Dan bermain game juga dipercaya dapat meningkatkan semangat kita dalam melewati masalah karena dalam bermain game kita tentu akan menemukan rintangan dalam menyelesaikan game tersebut.

Tapi karena dibuat sedemikian rupa sehingga tanpa sadar kita melakukannya dengan senang hati dalam mencari penyelesaiannya.

Usaha tersebut merupakan salah satu bentuk dari semangat yang positif. Tentu akan berpengaruh juga di aspek kehidupan diluar dari game anda.

Dan dengan kemajuan teknologi yang kita miliki sekarang, bermain game sekarang bisa dimana saja dengan adanya, bahkan di smartphone android anda karena tersedia emulator android. 

Perkembangan Game Saat Ini

Di jaman sekarang ini, dimana teknologi sudah mencapai banyak kemajuan di dalam berbagai bidang, bermain game tidak hanya bisa dilakukan dengan melalui konsol ataupun komputer di rumah anda.

Saat ini, anda dapat bermain game dengan kualitas yang hampir mirip dengan game yang dimainkan di konsol atau komputer hanya dengan bermodalkan sebuah smartphone saja. Keren kan?

Karena banyak sekali developer atau pengembang game yang memanfaatkan emulator android yang mulai melirik pasar game mobile di android.

Game mobile pun mulai bervariasi dan lebih baik dibandingkan sebelumnya. Sebut saja beberapa game besar di jamannya seperti Clash of Clan, Clash Royale, Fruit Ninja, Angry Birds dan lain-lain.

Dari segi mode permainan, kebanyakan game mobile jaman dulu hanyalah game arcade yang hanya menyajikan model game kasual saja.

Tidak banyak yang bisa dilakukan. Sedangkan di perkembangannya, game mobile bahkan sudah masuk ke dalam ranah yang tadinya tidak dikira oleh sebagian besar pemain game, yaitu ranah E-Sports (Electronic Sports).

Karena tadinya E-Sports itu identik dengan judul game dari PC atau konsol. Misalnya saja Dota 2, game besutan Valve ini adalah game dengan genre MOBA (Massive Online Battle Arena) yang begitu besar peminatnya di seluruh penjuru dunia.

Bahkan game ini memiliki sejarah sebagai game dengan pemain terbanyak dalam satu waktu.

Dan game ini banyak memiliki kejuaraan kelas dunia, yang paling besar di namakan The Internasional.

The Internasional sendiri sudah memasuki tahun ke 8 di tahun ini, dan pada sejarahnya The Internasional terus menorehkan rekor sebagai turnamen game dengan total hadiah terbesar.

Pada tahun 2017 kemarin saja The Internasional memiliki total hadiah sebesar 24,7 juta dollar! Bayangkan, 24,7 juta dollar itu setara dengan 344 milyar rupiah, jumlah yang fantastis bukan?

Nah saat ini, untuk bermain game MOBA tidak harus di depan layar komputer anda. Anda dapat memainkannya di android.

Sudah banyak judul game yang rilis di pasaran dengan genre tersebut, contoh saja Mobile Legends dan Arena Of Valor.

Dengan konsep permainan yang sama, yaitu 5 lawan 5 dalam sebuah arena besar yang memiliki tujuan untuk menghancurkan banteng lawan.

Tim yang lebih unggul/cepat dalam menghancurkan banteng lawan maka merekalah pemenangnya.

Selain moba masih banyak lagi genre game yang sekarang bisa dimainkan di smartphone anda karena kecanggihan teknologi serta perkembangan emulator android yang ditanamkan di dalamnya.

Dan tahukah anda bahwa anda dapat memainkan game yang terdapat di smartphone anda dengan menggunakan komputer?

Memang terlihat aneh, memainkan game android di komputer karena awalnya kita memainkan game di HP karena ingin dapat bermain game dimana saja dan kapan saja, cepat dan mudah.

Namun bagi sebagian orang, terutama orang-orang yang pekerjaannya lebih sering di depan komputer atau laptopnya, dapat memainkan game kesayangan mereka yang ada di dalam HP mereka tanpa harus mengeluarkan gadgetnya.

Hal tersebut amat membantu. Apalagi apabila anda memerlukan HP anda untuk komunikasi dengan bos ataupun keluarga di rumah.

Dengan menggunakan ‘emulator’, anda dapat memainkan game mobile kesayangan anda dengan menggunakan komputer atau laptop anda.

Emulator sendiri adalah sebuah software yang dibuat untuk meng-emulasi suatu aplikasi maupun game agar dapat berjalan di sistem operasi lain.

Nah, dibawah ini adalah beberapa pilihan emulator android yang terbaik untuk dijalankan di PC atau laptop anda.

1. Bluestack

Di pilihan pertama ada Bluestack. Sebuah emulator android untuk PC terbaik yang umum digunakan oleh banyak orang.

Selain cepat dan stabil, emulator android ini memiliki interface yang mudah untuk digunakan, sehingga untuk para pemakai yang baru pertama kali tidak akan kerepotan dalam menggunakan software ini.

Selain ini bluestack sendiri sudah mendukung sistem android terbaru dan selalu update.

Dan bahkan di versi terbarunya, bluestack juga memiliki fitur untuk pengaturan lokasi, sehingga anda dapat mendownload dan memainkan game di region yang berbeda, Playstore North America misalnya.

Namun, untuk menggunakan bluestack PC atau laptop anda minimal memiliki RAM sebesar 2GB agar lancar menggunakannya.

Selain RAM, anda juga harus memiliki spesifikasi yang cukup baik agar tidak terjadi masalah apabila anda memilih menggunakan bluestack.

Software ini memang termasuk paling berat diantara software emulator lainnya. Namun itu semua terbayarkan dengan performanya yang sangat baik.

Dan bagian terbaiknya, bluestack dapat kamu download secara gratis di website resmi mereka.

2. Bluestack 3

Ini dia versi terbaru dari emulator android paling populer. Bluestack 3 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya dan tentunya menawarkan keunggulan lebih dibandingkan versi sebelumnya.

Dengan performa yang di klaim sebagai emulator android terbaik untuk PC, bluestack 3 jauh lebih cepat dan baik dalam memberikan anda pengalaman bermain game mobile di PC ataupun laptop anda.

Selain dengan user-interface yang mudah untuk dipahami, bluestack 3 juga menawarkan pusat aplikasi. Pusat aplikasi menyediakan game terbaru dan terpopuler yang dimainkan oleh para pemain lain.

Dan saat anda mengklik sebuah game, akan muncul berbagai macam informasi seperti misalnya ulasan mengenai game tersebut, gambar-gambar, ringkasan, serta hal lain yang diperlukan untuk mengetahui tentang game tersebut.

Game apa saja. Selain itu, bluestack 3 juga memiliki pusat hadiah. Anda bisa mendapatkan berbagai macam hadiah seperti misalnya kostum special, karakter, emas, permata, dan lainnya untuk berbagai macam game.

Dan apabila anda memainkan game anda di Bluestack 3, maka anda akan mendapatkan konten khusus yang tidak bisa anda dapatkan ketika anda memainkan game kesayangan anda di ponsel anda seperti misalnya item eksklusif atau hadiah-hadiah spesial.

Bluestack 3 juga memiliki fitur yang bernama Multi-Instansi yang memungkinkan anda untuk membuka beberapa game dan aplikasi secara bersamaan.

Itu artinya anda dapat memainkan lebih dari satu akun di game-game kesayangan anda dalam sekali waktu. Tentu akan menghemat waktu anda seandainya anda memiliki beberapa akun sekaligus, tanpa harus bergantian membukanya.

Dan sebagaimana versi sebelumnya, bluestack 3 juga dapat di unduh secara gratis di website official mereka.

3. Andy

Bukan, ini bukan nama orang ataupun nama pengembang dari software yang akan kita bahas.

Andy merupakan sebuah software emulator android yang dapat kita nikmati secara gratis.

Ukuran yang termasuk ringan untuk software sekelas ini, Andy juga menawarkan kamu keleluasaan dalam mengeksplorasi berbagai fitur yang ada di ponsel kamu di dalam aplikasi ini.

Mulai dari game, aplikasi, launcher dan bahkan instalasi akses root sekalipun, Selain itu Andy juga memiliki fitur support Windows maupun Mac.

Sehingga anda para penggemar perusahaan besar berlogo buah tergigit itu tidak perlu khawatir tidak kebagian.

Dibandingkan dengan beberapa emulator pesaingnya, Andy terbilang memiliki fitur yang lengkap dan user interface yang menyerupai sebuah ponsel. Sehingga anda tidak akan kesulitan dalam pengoperasiannya.

4. KoPlayer

Merupakan salah satu pemain baru di dalam dunia emulator untuk PC. Meskipun demikian, kualitas yang dihadirkan oleh software ini tidaklah main-main.

Bagimana tidak, KoPlayer adalah emulator android yang berdasarkan pada arsitektur x68 yang memiliki fitur-fitur canggih seperti mendukung OpenGL serta akselerasi hadware anda.

Sehingga membuatnya bekerja lebih cepat, stabil, dan kompatibel dibandingkan emulator lain.

Selain itu, KoPlayer juga mendukung multi akun, sehingga anda dapat menggunakan sebanyak apapun akun anda untuk game kesayangan anda.

Dan jangan lupa, KoPlayer dilengkapi dengan perekaman video, gamepad, dan serta control keyboard yang membuat anda leluasa untuk menyetel tombol-tombol pada keyboard anda guna bermain game.

Selain itu KoPlayer juga memiliki fitur penempatan GPS, yang dapat membuat anda memasukkan kordinat secara manual untuk menetapkan ‘lokasi’ anda.

Dan yang tidak kalah pentingnya, KoPlayer juga memiliki banyak pilihan bahasa, dari bahasa Inggris, Vietnam, Thailand, dan tidak lupa juga bahasa Indonesia.

Sehingga bagi anda yang merasa tidak pede dengan kemampuan bahasa Inggris anda tidak perlu khawatir lagi dengan hal tersebut.

Dengan semua itu, rasanya sayang apabila anda melewatkan untuk mencoba emulator KoPlayer, walau saja memang masih ada beberapa bug di dalamnya, tapi update akan terus dilakukan oleh pihak pengembang dari software ini.

5. Manymo

Mungkin ini menjadi salah satu pilihan yang paling menarik di list ini. Mengapa? Karena software emulator android untuk PC ini tidak memerlukan download agar anda dapat menggunakannya.

Anda hanya perlu untuk meng-aksesnya secara online sehingga anda tidak perlu menghabiskan sisa memory di PC anda untuknya.

Namun sayang, manymo tidak dapat diakses secara gratis alias bayar. Dan harganya pun relatif cukup mahal sehingga membuatnya jarang digunakan oleh orang meski dengan performa yang baik.

6. Nox

Nox merupakan salah satu pemain lama di jajaran emulator android untuk PC dan salah satu yang terbaik.

Mengapa demikian? Karena Nox memberikan banyak sekali fitur yang mungkin tidak akan anda dapatkan di beberapa emulator lainnya.

Salah satunya adalah fitur yang dapat membuat anda menggunakan keyboard, mouse dan bahkan joystick untuk memainkan game mobile kesayangan anda di PC selayaknya sebuah game PC. Keren!

Selain itu, Nox juga sudah dilengkapi dengan x87/AMD sehingga anda dapat memainkan game anda dengan performa yang cepat dan lancar serta didukung FPS yang tinggi.

7. Jar of Beans

Sebuah emulator android unik yang didesain hanya untuk mendukung sistem Android Jelly Beans. Yap seperti namanya!

Walau begitu, performa yang disuguhkan oleh software ini begitu baik dan lagi anda tidak perlu melakukan instalasi sama sekali ke dalam PC anda.

Karena Jar of Beans ini berformat portable sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk meng-installnya. Keren kan!

8. MEmu

MEmu merupakan salah satu emulator android untuk PC yang sudah mendukung berbagai versi dari sistem Android mulai dari Jelly Bean, Kit Kat, hingga Lolipop.

MEmu juga didukung dengan fitur Multi Instances dimana anda dapat menggunakan berbagai akun untuk game yang sama atau bahkan memainkan berbagai macam game dengan akun yang sama dalam satu waktu bersamaan.

Selain itu, MEmu juga memiliki fitur dukungan untuk chipset Intel dan AMD, sehingga anda tidak perlu khawatir mengenai chipset yang dimiliki oleh komputer anda.

MEmu juga terkenal sebagai emulator yang ringan dan lancar dalam menjalankan aplikasi serta game,

9. XePlayer

Mungkin sebagian dari anda para pengguna emulator jarang mendengar nama XePlayer.

Wajar karena emulator android untuk PC ini memiliki persyaratan spesifikasi yang tinggi untuk dapat menjalankannya dengan performa terbaiknya sehingga tidak banyak yang menggunakannya.

Namun apabila anda memiliki spesifikasi komputer yang cukup, maka XePlayer merupakan salah satu emulator terbaik.

Salah satu fitur yang ditawarkan adalah adanya dukungan sistem operasi dari Windows XP hingga Windows 10.

Selain itu, XePlayer juga compatible dengan hampir semua aplikasi dan game android.

Selain itu dengan user-interface yang mudah dioperasikan, menjadikannya sebagai emulator yang ramah bagi pengguna pemula.

10. YouWave

Bukan YouTube ya, ini YouWave, merupakan salah satu emulator Android tertua yang ada di list ini.

YouWave memiliki dua versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar. Untuk yang versi gratisnya, anda hanya akan mendapatkan versi sistem Ice Cream Sandwitch dan untuk versi berbayarnya, dimana anda akan dikenakan sekitar 29 dollar atau sekitar 400 ribuan.

Anda mendapatkan versi dukungan untuk Lollipop. Dan kebalikannya dari XePlayer, YouWave adalah emulator yang ramah bagi anda para pemilik PC dengan spesifikasi yang cukup rendah.

11. ARChon

Emulator ini hanya membutuhkan Google Chrome untuk menjalankan aplikasinya. Keren kan?

Emulator Android ini juga kompatibel dengan sistem operasi Mac, Windows dan bahkan Linux.

Hanya saja proses instalasinya terkenal cukup sulit sehingga menjadikannya salah satu emulator yang jarang diminati oleh orang.

12. LeapDroid

LeapDroid adalah emulator Android pendatang baru dan bisa dibilang performanya cukup baik mengingat hal tersebut.

Dan uniknya lagi, LeapDroid juga memiliki fitur untuk menjalankan game side-by-side sehingga anda dapat menjalankan dua game yang berbeda secara bersamaan dalam satu tampilan layar. Keren kan!

13. Droid4X

Dan yang terakhir ada Droid4X, yang merupakan emulator Android yang memiliki kelebihan yang unik, yaitu adanya fitur add-ons, yang memungkinkan anda untuk mengkontrol game di layar PC anda dengan menggunakan smartphone.

Misalnya anda memainkan sebuah game balap dan menjadikan smartphone anda sebagai kontrolnya, selama smartphone anda memiliki fitur accelerometer.

Itulah list-list dari emulator Android terbaik saat ini untuk PC kesayangan anda. Memang bermain game di ponsel ataupun PC anda sangatlah menyenangkan, tapi ingatlah untuk membatasinya agar kesehatan anda tetap terjaga.

Dan imbangilah kegiatan tersebut dengan kegiatan diluar ruangan agar mata juga tetap sehat dan tidak rusak akibat radiasi dari layar ponsel maupun PC anda.