Mengapa muncul eror Cloudflare 526: Invalid SSL certificates pada situs saya yang menggunakan Cloudflare? Eror ini muncul karena Cloudflare tidak berhasil memvalidasi sertifikat SSL yang ada di server kamu and pengaturan SSL yang ada di akun Cloudflare kamu yaitu SSL/TLS untuk Full SSL (Strict).

Bagaimana cara memperbaiki eror Cloudflare 526? Berikut ini hal-hal yang bisa kamu lakukan:

1. Gunakan Sertifikat SSL yang Valid

Jika pengaturan di Cloudflare settingannya yaitu Full SSL (Strict) maka wajib untuk situs web kamu menggunakan SSL yang valid, ini bisa menggunakan SSL berbayar atau bisa juga menggunakan letsencrypt.

Kalau tidak salah SSL saat ini yang berbayar, ada yang murah seperti SSL Sectigo yang Domain Validated, itu sekitar seratus ribuan per tahunnya, AlphaSSL, dan RapidSSL juga kalau tidak salah segitu juga.

Baca juga: Cara Memperbaiki Error 525: SSL Handshake Failed Cloudflare

Sedangkan Letsencrypt sendiri sudah tersedia di cPanel, Plesk, dkk. atau opsi lainnya yaitu dengan menggunakan SSL Cloudflare yang Origin Certificates. Namun syaratnya kamu harus menggunakan proxy dari Cloudflare terus.

Masa expired dari sertifikat SSL gratisan untuk origin server dari Cloudflare, itu sekitar 15 tahun. Sedangkan si Letsencrypt perlu diperbaharui per 90 hari. Oke, ini solusi pertama. Solusi berikutnya yaitu mengubah pengaturan SSL Cloudflare.

2. Ubah Pengaturan SSL Cloudflare

Cara Mengubah Pengaturan SSL Cloudflare

Saat sertifikat SSL pada server expired dan tidak kamu perbaharui sebelum tanggal expired, eror 526: invalid SSL certificates ini bisa muncul. Itu terjadi karena pengaturan di Cloudflare kamu set sebagai Full (Strict), ubahlah menjadi Full saja.

Pengaturan Full SSL pada Cloudflare maksudnya adalah server kamu mendukung HTTPS, namun sertifikat yang terpasang tidak sesuai dengan domain atau self-signed.

Baca juga: Cara Memperbaiki Cloudflare Error 522: Connection timed out

Sehingga Cloudflare akan menghubungkan ke server kamu melalui HTTPS, namun tidak akan memvalidasi sertifikat SSL tersebut. Pada pengaturan Full (Strict), bedanya akan melakukan pengecekan dan memvalidasi sertifikat SSL di server kamu.

Dengan cara di atas semoga masalah eror Cloudflare 526: invalid SSL di situs kamu bisa solved ya!

Bagikan tulisan di atas melalui Facebook, Twitter, LinkedIn, WhatsApp, Line, dan Telegram. Semoga bisa bermanfaat untuk yang lainnya. Apabila ada pertanyaan, silahkan kirimkan melalui kotak komentar di bawah artikel ini ya.