Plugin Site Kit adalah plugin resmi untuk WordPress dari Google yang berfungsi untuk optimasi blog WordPress dengan mengintegrasikan beberapa tools seperti Google Search Console, Google Analytics, Google Adsense, PageSpeed Insight, Tag Manager, dan Google Optimize.

Plugin ini terbilang masih baru namun telah diinstal oleh 80.000 blogger dari seluruh penjuru dunia. Kamu tidak perlu membuka satu per satu website Google untuk mendapatkan informasi penting mengenai blog WordPress kamu.

Dengan menggunakan plugin ini semua informasi tersedia pada dasbor WordPress.

Cara Memasang Plugin Site Kit di Blog WordPress

Karena masih baru, plugin ini pun kerap eror saat dibuka. Eror plugin Site Kit yang paling sering adalah blank atau menampilkan laman kosong. Padahal sudah berhasil diaktifkan dan dihubungkan ke layanan Google.

Eror plugin Site Kit yang ditemukan saat ini karena belum kompatibel dengan plugin keamanan seperti WordFence, iThemes Security, dst. Banyak saran di forum WordPress untuk menonaktifkan plugin keamanan terlebih dahulu.

Eror Plugin Site Kit Karena Tidak Kompetibel dengan Plugin Security

Setidaknya saya menemukan plugin Site Kit untuk sekarang ini belum kompatibel dengan plugin iThemes Security. Adapun solusinya kamu bisa melakukan penyesuaian dengan plugin iThemes Security.

1. Matikan Fitur WordPress Tweaks

Kompatibel plugin site kit dengan plugin ithemes security

Agar plugin Site Kit bisa berjalan dengan baik di blog WordPress, setidaknya fitur di plugin iThemes Security beberapa ada yang perlu dimatikan seperti WordPress Tweaks.

Jika kamu ingin tetap mengaktifkan fitur WordPress Tweaks, pada REST API WordPress mohon jangan diubah menjadi Restricted Access, namun biarkan settingannya pada Default Access.

2. Matikan Fitur System Tweaks

Cara Memperbaiki Kesalahan Plugin Site Kit yang Menampilkan Halaman Kosong

Berikutnya yaitu pada fitur System Tweaks, ada beberapa item yang perlu dinonaktifkan seperti Filter Request Methods, Filter Suspicious Query Strings in the URL, Filter Non-English Characters, dan Filter Long URL Strings.

Setelah keempat fitur tersebut berhasil dinonaktifkan, sekarang pilih menu Site Kit > Settings > Admin Settings > Reset Site Kit. Login kembali menggunakan GMail dan beri akses kembali untuk plugin Site Kit.

Atau bisa juga dengan cara menghapus plugin Site Kit, lalu download kembali, dan aktifkan plugin Site Kit. Login kembali via Gmail dan beri akses untuk plugin Site Kit.

Semoga dua cara di atas bisa menyelesaikan masalah eror plugin Site Kit yang menampilkan laman blank saat diakses pada dasbor WordPress kamu. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, kamu bisa diskusikan melalui Forum Situstarget ya.

Klik tombol share untuk membagikan tulisan di atas melalui Facebook, Twitter, WhatsApp, Line, dan Telegram. Suka dengan artikel di atas? Kamu bisa beri rating 5 bintang untuk tulisan ini juga lho.