Sebelum kita berbicara mengenai cara memperbaiki error Cloudflare 524: A timeout occurred, mengapa masalah ini bisa muncul? Apa penyebabnya? Yuk kita cari tahu bersama.

Jadi error Cloudflare 524 muncul saat Cloudflare berhasil terhubung ke server kamu melalui sambungan TCP, namun server asal tidak membalas dengan respon HTTP sampai waktu koneksi habis.

Baca juga: Tips Mengatasi Error 521 Web Server Is Down Cloudflare

Biasanya, Cloudflare menunggu 100 detik untuk respon HTTP. Jika server kamu tidak merespons dalam waktu tersebut, Cloudflare menutup koneksi dan kamu akan melihat halaman “error 524: A timeout occurred“.

Lantas bagaimana cara memperbaikinya?

1. Cek Ketersedian CPU dan RAM Server

Masalah ini sering muncul dikarenakan kondisi server yang sedang overload, bisa jadi CPU atau RAM yang penuh. Ada baiknya bagi pemilik website untuk mengecek terlebih dahulu CPU dan RAM saat ini sedang penuh atau tidak.

Misalnya saat dicek sepertinya karena visitor website semakin banyak, kalau kondisi seperti ini sebaiknya server di upgrade speknya untuk mengatasi masalah error 524: A timeout occurred.

Baca juga: Cara Memperbaiki Error 525: SSL Handshake Failed Cloudflare

Atau bisa juga aplikasi lain membebani server, seperti proses scanning antivirus pada server. Solusi temporernya yaitu menghentikan aplikasi yang membebani atau yang menghabiskan resource CPU dan RAM.

2. Firewall Server Apakah Memblokir Koneksi dari Cloudflare?

Nah, bisa juga masalah muncul lantaran koneksi dari Cloudflare diblokir oleh firewall milik server, solusinya adalah IP Address dari Cloudflare dimasukkan ke daftar putih (whitelist dari aplikasi Firewall), biasa error 524: A timeout occurred terjadi di VPS Windows.

3. Matikan Fitur Railgun Cloudflare

Fitur railgun pada Cloudflare dapat dinyalakan melalui addon pada layanan cPanel, Plesk, dan semisalnya untuk optimasi kecepatan situs kamu.

Cara memperbaiki error Cloudflare 524: A timeout occurred, berikutnya yaitu dengan mematikan fitur railgun melalui halaman dasbor Cloudflare kamu.

Dengan cara membuka Dasbor > Speed > Optimization > Railgun, klik tombol berwarna hijau yang bertuliskan On, hingga berubah menjadi berwarna abu-abu bertuliskan Off.

4. Cek Log Error Pada Server 

Kamu bisa mengecek pada metrik kesehatan server seperti CPU dan RAM yang tersedia, apabila menggunakan server database, periksa juga untuk kueri yang berjalan lama.

Baca juga: Cara Memperbaiki Error 1020 “Access Denied” Cloudflare

Periksa log eror atau akses server web kamu yang dapat memberikan informasi lanjut mengenai mengapa permintaan tersebut kehabisan waktu (timeout).

5. Mematikan Proxy Cloudflare

Jika kamu memiliki skrip yang berjalan lebih lama dari 100 detik tanpa mengembalikan data apapun ke browser, opsinya kamu bisa menonaktifkan proxy Cloudflare untuk mengatasi masalah error Cloudflare 524 ini.

Kamu bisa masuk ke dasbor Cloudflare lalu pilih domain yang mengalami eror ini, lalu pilih tab DNS. Pada sub domain yang bermasalah pada bagian proxy status ubah yang tadinya bertuliskan proxied menjadi DNS only.

Saat berubah menjadi DNS Only menandakan pada sub domain tersebut tidak menggunakan proxy dari Cloudflare.

Semoga kelima tips di atas bisa bermanfaat, apabila ada solusi lain yang mungkin belum dibahas pada artikel di atas. Kamu bisa mengirimkan solusi lain melalui kotak komentar di bawah artikel ini.

Jangan lupa untuk membagikan tulisan di atas melalui sosial media Facebook, Twitter, LinkedIn, WhatsApp, dan Telegram. Semoga bisa bermanfaat untuk manteman yang lainnya.

5 1 vote
Bantu berikan rating untuk artikel Ini...