Dalam hidup pasti semua orang pernah mengalami yang namanya kegagalan. Bahkan ternyata faktanya setiap orang terlahir bersama dengan kesuksesan dan kegagalan. Artinya dua hal ini tidak dapat dipisahkan dari hidup manusia.

Sebagian orang yang sukses. Mereka adalah orang-orang gagal yang mampu mengevaluasi dirinya sehingga setiap hari dan dalam setiap hal yang dilakukan mengalami progresitas dari waktu ke waktu. Dan maukah Anda menjadi sebagian orang yang sukses tersebut?

Jika Anda mau maka lanjutkan bacaan Anda ini hingga selesai. Sebenarnya ketika kita gagal melakukan sesuatu apa sih yang bisa kita evaluasi? Nah bagi Anda yang belum mengetahui apa yang harus dievaluasi ketika gagal. Saya ada beberapa tips bagaimana seharusnya Anda mengevaluasi diri Anda sendiri sehingga Anda dapat belajar dari pengalaman sebelumnya.

Ada 3 hal yang dapat dievaluasi ketika Anda gagal. Pertama, yaitu pada tiga bulan sebelumnya hal apakah yang Anda lakukan? Coba evaluasi baik-baik kegiatan yang Anda lakukan dalam tiga bulan terakhir. Apakah kegiatan yang Anda lakukan sudah produktif atau belum, sudah Anda lakukan secara efektif atau belum, dan seterusnya

Kedua adalah tanyakan kepada diri Anda. Pada tiga bulan terakhir apa buku yang Anda baca? Ini sangat berkaitan sekali dengan pola pikir. Kadang semangat kita naik turun, dengan membaca buku semangat kita bisa ke-charge lagi. Lalu, ketika ada masalah dalam kehidupanpun bisa tercerahkan dengan membaca buku, dan seterusnya ada banyak sekali manfaat dari membaca. Maka tanyakan kepada diri Anda. Buku apa yang sudah Anda baca akhir-akhir ini?

Ketiga, berapa banyak orang sukses yang Anda temui pada tiga bulan terakhir? Ini ada kaitannya dengan EPOS(Energi Positif). Ketika Anda berkumpul dengan orang yang lebih sukses. Secara sadar atau tidak Anda sedang menyerap energi positif yang dikeluarkan oleh mereka. Oleh karena itu ada yang namanya Mentoring Bisnis, Coaching, dan seterusnya baik yang secara individu maupun kelompok. Salah satu tujuannya adalah Anda bisa menembukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi saat ini, ataupun Anda bisa menemukan peluang-peluang baru untuk Anda jadikan solusi dari permasalahan Anda.

Tiga hal tersebut patut kita evaluasi ketika terjadi kegagalan. Kata kuncinya cuma tiga yaitu Evaluasi yang Anda kerjakan, Evaluasi buku bacaan Anda, Evaluasi pertemuan Anda dengan orang yang lebih sukses. Mudahkan? Terakhir dari saya, Mari sama-sama kita saling mendoakan agar kita selalu diselimuti keberuntungan dan kasih sayang dari-Nya. Dijaga dari lilitan hutang, kemurungan, dan kesedihan. Jika pembaca mempunyai tips lain. Silahkan di share di kotak komentar di bawah artikel ini. 🙂