Tips Convert File Skripsi Menjadi PDF dari File Dokumen Microsoft Office

Pernah ga si pas mau print file skripsi yang jumlahnya terbilang cukup banyak, ternyata hasilnya berantakan karena file dokumen ketika dibuka di komputer rumah dengan komputer tempat lain hasilnya ternyata beda?

Cara menyiasatinya yaitu dengan mengubah file dokumen bisa langsung dari Microsoft Office dengan cara save ke file PDF atau bisa juga dengan mengubah file skripsi tersebut di-convert melalui online.

Baca juga : 7 Manfaat Google Docs Bagi Mahasiswa

Jika Anda ingin mengubah file dokumen menjadi pdf dengan meng-convert-nya secara online. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

  1. Jangan membuka file doc yang hendak di-convert sebelumnya dengan aplikasi kantor apapun.
  2. Pastikan koneksi untuk proses upload dan download kecepatannya memadai dan tidak ada gangguan.
  3. Gunakan browser terbaik dan dalam keadaan up-to-date.

Sekarang tinggal Anda buka saja url berikut freepdfconvert.com. Cari file skripsi yang akan diubah menjadi pdf. Lampiran yang berupa file excel juga bisa diubah menjadi pdf lho.

Setelah itu upload, tunggu proses convert-nya usai dalam beberapa detik hingga muncul tulisan download. Anda bisa memilih untuk menyimpan file tersebut secara offline maupun disimpan di Google Docs.

Baca juga: Cara Scan Dokumen Melalui Aplikasi Google Drive

Jangan lupa pada saat print dalam jumlah copy yang sama lebih dari satu. Anda menggunakan tips berikut ini: Cara print dokumen dari halaman terakhir ke depan agar tidak perlu repot menyusun ulang.

Backup juga file skripsi menggunakan layanan seperti Dropbox, Google Drive, atau One Drive. Jadi pas komputer kebetulan lagi rusak, flashdisk ilang atau lupa naro, masih ada backup-an filenya.

Semoga tips di atas bermanfaat. Jangan lupa bagikan tulisan di atas melalui jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path ya untuk teman-teman Anda yang lagi garap skripsi bareng.

Daftarkan juga alamat email dan nama lengkap Anda di kotak berlangganan artikel di bawah tulisan ini. Setiap ada tulisan terbaru dari blog, Anda yang akan pertama kali mendapatkannya. 🙂