Dalam sebuah komputer, firewall adalah fitur yang sangat penting, terutama jika sering terhubung dengan jaringan komputer. Firewall menyerupai sebuah gerbang keamanan.

Tugas utamanya adalah mencegah masuknya konten asing yang berbahaya semisal malware atau virus ke dalam komputer. Firewall Fortinet menjadi salah satu yang paling populer.

Fortinet adalah sebuah perusahaan dan penyedia layanan keamanan jaringan yang berkantor pusat di California, Amerika Serikat.

Lewat produk unggulannya yakni FortiGate, perusahaan ini menawarkan sistem keamanan menyeluruh dalam sebuah paket yang dilengkapi beragam fleksibilitas dan kemudahan. Keunggulan lain, FortiGate tidak mensyaratkan adanya licence per user.

Baca juga : 7 Tips Mengamankan Akun WhatsApp dari Pembajakan Hacker

Karena berbagai kelebihan yang ditawarkan, tak heran banyak perusahaan IT yang besar mempergunakan FortiGate ini. Umumnya, perusahaan-perusahaan tersebut memakai FortiGate untuk melindungi internet dan jaringan komputer mereka dari penyusup.

Selain itu, juga untuk mengawasi, menyaring, mengontrol akses serta lalu lintas data dan mencegah kebocoran data. Mengingat pentingnya firewall pada komputer, bagi Anda yang masih ragu untuk memasang firewall fortinet, ada baiknya meluangkan waktu membaca ulasan ini.

Berikut ini 7 keunggulan FortiGate yang membuatnya menjadi idola:

1. Antarmuka administrasi

Aktivitas manajemen keamanan jaringan biasanya menuntut banyak interaksi dengan software dan hardware dari beberapa vendor yang berbeda.

Saking banyaknya perangkat yang dipakai, sering mengharuskan kita melakukan berbagai pembaruan terhadap masing-masing perangkat. Hal ini tentu saja akan sedikit ribet dan butuh waktu.

Kondisi ini tidak akan diperlukan jika perusahaan IT tersebut memakai FortiGate. Karena FortiGate sudah mencakup semua kontrol yang dibutuhkan.

FortiGate adalah perangkat yang menjamin keamanan jaringan secara menyeluruh, sekaligus sebagai gateaway, router, firewall, hub VPN, antivirus, antispam, anti spyware, traffic shapping, dan proxy.

Sebagai informasi, FortiGate dilengkapi dengan dua antarmuka administratif yang canggih, yakni:

  • Manajer berbasis web, yaitu antarmuka grafis yang dapat dipergunakan melalui browser web.
  • Antarmuka baris perintah, yaitu antarmuka grafis yang lengkap dan user friendly. Ini artinya ada efisiensi baris perintah. Jadi, Anda tidak perlu mengetikkan berbaris-baris perintah seperti saat tidak menggunakan FortiGate.

2. UTM Fortinet

UTM (Unified Threat Management) adalah fasilitas yang dikhususkan untuk menangani masalah keamanan jaringan secara komprehensif. Dalam program ini, FortiGate memiliki beberapa fitur mumpuni seperti firewall, intrusion prevention system (IPS), web filtering, antivirus sekaligus routing dalam satu paket hardware yang super lengkap.

Saat sebuah perusahaan IT mempergunakan FortiGate, maka mereka tidak harus berhadapan dengan aneka protokol yang rumit. Sebab FortiGate menawarkan fitur-fitur canggih, di antaranya:

  • Layanan jaringan meliputi switching dan routing, baik yang bersifat statis maupun dinamis.
  • Layanan keamanan jaringan, meliputi firewall, koneksi VPN yang aman, serta deteksi intrusi dan kemanan endpoint yang mumpuni.
  • Layanan keamanan aplikasi, meliputi kontrol pada spam dan virus, penyaringan web, serta kontrol aplikasi dan mencegah terjadinya kebocoran data. Yang menguntungkan, semua layanan tersebut bisa diaktifkan ataupun dinonaktifkan sesuai permintaan. Artinya pengguna bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.

3. Memiliki fitur virtual domain (VDOMs)

Virtual domain yang ditawarkan oleh Fortinet ini adalah salah satu fitur yang memberi akses menuju beragam perusahaan dengan administrator yang berbeda, namun tetap dengan unit fisik yang sama.

Tujuannya agar masing-masing dapat menjaga konfigurasi yang spesifik, tanpa memberikan dampak berlebihan antara satu dengan yang lain.

4. Memiliki tingkat ketahanan yang tinggi dan high availability

FortiGate sangat fleksibel, karena itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Untuk itu, ada 4 cara berbeda untuk membuat FortiGate ini high available, yakni dengan menggunakan desain cluster berikut ini:

  • Memakai dua atau lebih unit FortiGate Cluster Protocol (FGPC)
  • Memakai load balancer eksternal yakni FortiGate Session Life Support Protocol (FGSP)
  • Mempergunakan solusi ketahanan layar 3, semisal Virtual Router Redundancy Protocol (VRRP)
  • Menggunakan solusi layer 2 yakni Fortinet Redundant UTM Protocol (FRUP)

5. Adanya fasilitas FortiASIC

Lewat fasilitas FortiASIC, Fortinet bisa mendeteksi dan meminimalisir secara real time, ancaman yang terintegrasi. Tak hanya ancaman minor, Fortinet sanggup mengatasi ancaman dalam skala yang lebih kompleks tanpa menurunkan kinerja jaringan. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk meminimalisir ancaman dan gangguan pada perusahaan.

6. Fortinet menghemat beban operasional

Fortinet memungkinkan perusahaan untuk berhemat dengan menekan biaya operasional manajemen keamanan jaringan. Hal ini dikarenakan serangkaian proses manajeman, analisa, basis data dan solusi perlindungan endpoint yang ditawarkan dipandang cukup efisien dan efektif. Benar-benar sebuah penawaran yang menarik ya.

7. FortiGate dilengkapi dengan FortiGuard

FortiGuard yaitu jasa support dalam menyediakan layanan beragam update yang berkelanjutan, untuk menjamin keamanan jaringan komputer.

Fasilitas ini mempunyai database jutaan situs yang kemudian dikategorikan dalam beberapa kelompok, dan diperlakukan secara berbeda.

Beberapa kategori situs yang diolah dalam FortiGuard antara lain general interest, business oriented, controversial, potentially non-productive, proxy avoidance, adult materials dan lain sebagainya.

Biasanya, staf yang bertugas di Unit Kendali Teknis memiliki wewenang penuh atas monitoring maupun pemblokiran situs-situs tersebut.

Baca juga : 7 Situs Tempat Belajarnya Para Hacker Dunia dari yang Pemula Hingga Expert

FortiGuard juga dapat dipergunakan untuk mengontrol pemakaian bandwidth internet, untuk mengatur pemakaian akses internet di luar keperluan kantor, atau disesuaikan dengan kebijakan perusahaan dan terutama untuk mencegah terjadinya kebocoran informasi penting kepada pihak-pihak yang tidak berkompeten.

Melindungi komputer dan jaringan informasi yang sering kali bersifat top secret adalah sebuah keharusan bagi perusahaan, terutama perusahaan-perusahaan IT besar. Oleh karena itu, memasang firewall adalah sesuatu hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Nah, sekarang Anda sudah memiliki informasi dan pengetahuan yang cukup lengkap mengenai firewall fortinet dengan produk unggulannya yakni FortiGate. Semoga informasi ini bisa dijadikan bahan pertimbangan dan perbandingan dengan produk serupa yang ditawarkan oleh penyedia lainnya.