Google Maps memiliki fitur yaitu Popular Time, yang di mana kamu bisa mengetahui waktu sibuk dari sebuah tempat, baik itu toko, restoran, mall, tempat wisata, tempat ibadah, dst.

Fitur popular time sangat membantu terutama saat kamu berpergian dengan waktu yang terbatas. Misalnya kamu mau beli jajanan yang terkenal di kota Malang, ada salah satu restoran yang terkenal di sana.

Lihat melalui aplikasi Google Maps, lalu search. Lihat pada bagian populer time. Hindari waktu yang usually busy, cek juga berapa waktu yang dibutuhkan untuk mengantri. Misalnya saja up to 30 min wait seperti gambar di bawah ini.

Ini salah satu jam sibuk yang terdapat di aplikasi Google Maps, hindari datang saat jam sibuk seperti ini

Berarti sebaiknya di hari minggu, hindari berkunjung dari pukul 11.00 – 16.00 untuk menghindari antrian yang begitu panjang. Sebaiknya kamu ke  restoran tersebut di waktu antara jam 08.00 – 09.00 atau di atas jam 18.00.

Contoh rekomendasinya, jika kamu berkunjung pada pukul 09.00 maka antrian hanya sekitar 15 menit saja. Cari jam yang usually not too busy. Perhatikan juga jam operasional buka dan tutupnya.

Pada pukul 08.00 kalau dilihat memang tidak terlalu sibuk atau ramai, tetapi setelah dicek jam operasional bukanya yaitu 08.45. Kalau terlalu pagi yang ada kamu malah nungguin restoran tersebut beres setup buat jualan dulu.

Contoh waktu yang tidak terlalu sibuk di populer time pada aplikasi Google Maps

Kamu bisa cari juga waktu yang ideal, selain hari minggu melalui fitur populer time, grafiknya tentu akan berbeda di hari yang lain. Untuk waktu terkini, bisa kamu lihat dengan grafik berwarna merah bertuliskan Live dan berwarna pink.

Terdapat fitur live juga pada popular time di Google Maps

Tidak semua tempat ada prediksi keramaian seperti ini, karena mungkin beberapa tempat ada yang data di Google-nya masih kurang, karena data tersebut diperoleh dari orang-orang yang menyalakan fitur Google Location History pada smartphone mereka.

Data historis ini mungkin bisa berbeda di saat adanya perayaan atau hari libur tertentu, yang hanya berlaku di kota Malang saja misalnya ada karnaval, pesta budaya, dan event lokal lainnya.

Pada aplikasi Google Maps juga terdapat kontak telepon atau email dari pengelola restoran, tanyakan terlebih dahulu apakah bisa reservasi dan booking tempat atau tidak. Jika bisa, hal ini juga bisa menghemat waktu kamu.

Semoga tips ini bermanfaat!

5 1 vote
Bantu berikan rating untuk artikel Ini...