7 Fitur Terbaru WhatsApp yang Jarang Orang Ketahui

WhatsApp merupakan aplikasi yang sangat populer saat ini. Hampir semua kalangan masyarakat banyak yang menggunakannya. Setiap tahunselalu munculberbagai macam fitur terbaru WhatsApp.

Hal ini bertujuan agar para konsumen semakin nyamanketika menggunakannya. Tahukah Anda bahwa WhatsApp digunakan oleh lebih dari 1 milliar orang di dunia? Dengan jumlah penggunayang fantastis ini, tentunya perusahaan akan berusaha semaksimal mungkin untuk membenahi aplikasinya.

Nah, berikut ini akan dibahas beberapa fitur baru WhatsApp yang mungkin belum Anda ketahui dan wajib untuk Anda coba.

1. Menghapus pesan (ikon tempat sampah)

Apakah Andapernah salah mengirim pesan kepada seseorang? Atau mungkin pesantersebut kurang tepat dan Anda ingin membatalkannya atau menghapusnya?

Jika ya, maka fitur terbaru ini dapat membantu Anda untuk melakukannya. Fitur ini bisa membantu Anda untuk menghapus pesan tersebut sebelum dibaca oleh penerima.

Jika Anda ingin menggunakan fitur ini, Anda cukup menekan pesan yang ingin Anda hapus dan jangan melepasnya hingga muncul gambar tempat sampah.

Setelah itu akan keluar dua pilihan,hapus untuk Anda saja atau hapus untuk semua orang. Pilihlah opsi yang sesuai kebutuhan Anda.

2. Mengetahui posisi teman (ikon klip kertas)

Fitur ini akan membantu Anda untuk mengetahui posisi teman Anda. Dengan begitu, orang tersebut tidak akan bisa membohongi Anda karena lokasi teman Anda saat ini otomatis langsung terlacak oleh fitur ini.

Tetapi hal tersebut hanya bisa terjadi jika teman Anda membagikan lokasinya dengan Anda. Berbagi lokasi real time memang bukan sesuatu yang baru.

Sejumlah aplikasi perpesanan lainnya pun juga banyak yang telah menambahkan fitur ini. Namun, adanya fitur ini pada WhatsApp tentunya akan sangat berdampak baik untuk para pengguna.

Cara penggunaan fitur ini pun cukup mudah. Anda cukup meminta teman untuk mengklik ikon klipkertas yang ada diroom chat. Setelah itu, pilih lokasi. Fitur berbagi lokasi ini bisa berlangsung selama 15 menit hingga 8 jam.

Nah, sudah tahu kan bagaimana caranya berbagi lokasi dengan teman? Anda bisa mencobanya bersama teman untuk melihat lokasi mereka. Tetapi, untuk dapat menggunakan fitur ini dengan lancar, tentunya Anda juga harus memiliki koneksi yang memadai.

3. Membuat animasi GIF dari video yang Anda rekam

Video GIF saat ini sedang ramai digunakan di kalangan remaja. Bahkan orang tua pun juga ada yang menggunakannya.

Fitur ini memiliki gambar-gambar yang lucu dan bisa Anda gunakan untuk berperang chat atau sebagai bahan lelucon. Sekarang, Anda bisa membuat video sendiri kemudian merubahnya menjadi GIF dengan fitur ini.

Cara membuatnya cukup simpel. Anda hanya perlu membuat video melalui aplikasi kamera yang ada di WhatsApp dan durasinya bisa Anda atur sesuai dengan kebutuhan. Kemudian ubah formatnya dari video menjadi GIF.

Otomatis video yang sudah Anda buat sekarang menjadi GIF dan siap digunakan.

4. Filter untuk foto dan video

Bagi Anda yangmemiliki hobi fotografi dan kurang puas dengan hasilnya, Anda tidak perlu khawatir lagi akan hal tersebut. Sekarang, WhatsApp sudah menyediakanberbagai macam filter untuk memberikan efek pada foto Anda.

Ada efek Pop, Black and white, Cool, Chrome, dan filter film, sehingga hasil foto akan terlihat lebih menarik. Cara penggunaannyapun sangat mudah, Anda tinggal membuat sebuah foto atau video.

Setelah itu akan muncul beberapa efek yang keren. Pilih efek yang sesuai dengan selera Anda. Kemudian, Anda bisa mengirimnya atau menyimpannya untuk data pribadi.

5. Album foto dan video WhatsApp

Anda bisa menggunakan fitur ini ketika mengirim beberapa foto atau video.Berkat fitur ini, beberapa foto atau video yang anda kirim akan otomatis terkumpul menjadi satu file.

Jika ingin mengunduh beberapa foto pada file tersebut, Anda cukup mengunduh file-nya dan otomatis semua foto yang ada di dalamnya akan terunduh.

Cara untuk menggunakan fitur ini adalah dengan masuk kedalam room chat yang ingin Anda kirimi foto. Setelah itu, klik ikon klip kertas dan pilih galeri. Kemudian, pilih beberapa foto atau video yang akan dikirim.

Setelah selesai memilih, klik kirim. Secara otomatis album foto tersebut akan terbentuk.

6. Reply pesan yang sudah terpendam

Di dalam sebuah grup, fitur ini akan sangat bermanfaat. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memunculkan kembali pesan yang sudah terpendam dari teman Anda lalu menjawab pesannya.

Hal ini tentunya akan membantu teman Anda mengerti maksud dari pesan Anda. Cara penggunaannya juga mudah. Anda tinggal mencari chat mana yang ingin Anda balas.

Kemudian tekan dan tahan sebentar hingga muncul ikon panah ke kiri. Kemudian klik dan ketik balasan Anda. Setelah selesai mengetik, klik kirim. Secara otomatis pesan yang terpendam itu akan muncul bersamaan dengan balasan Anda.

7. Membuat huruf menjadi tebal, cetak miring, dan memberikan coretan

Fitur ini akan sangat bermanfaat ketika Anda ingin mengirim sebuah pengumuman. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk memperjelas bagian-bagian penting dengan menggunakan huruf tebal, cetak miring, maupun coretan.

Jika Anda ingin mempertebal huruf, Anda tinggal menambahkan tanda bintang (*) di depan dan di belakang huruf. Sedangkan untuk cetak miring, Anda tinggal menambahkan tanda underscore (_). Yang terakhir, untuk memberikan coretan, Anda cukup menambahkan tanda tilde (~).

Sekian ulasan tentang 7 fitur terbaru WhatsApp yang mungkin belum Anda ketahui. Fitur-fitur tersebut tentunya akan sangat membantu Anda dalam berbagai masalah.

Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan media dengan cara yang bijak dan positif agar tidak menimbulkan pengaruh buruk bagi pengguna WhatsApp lainnya.