Asal Mula Penggunaan Pasfoto

Seperti yang kita ketahui bahwa pas foto sendiri merupakan salah satu persyaratan dokumen yang sangat umum di Indonesia.

Sebab hampir keseluruhan dokumen penting yang wajib kita miliki harus disertai dengan kehadiran pas foto ini sebagai persyaratan kelengkapan dokumen.

Di Indonesia memiliki pas foto tak hanya wajib bagi orang dewasa saja, bahkan balita pun sudah diwajibkan untuk memiliki pas foto.

Pas foto yang akan dipergunakan sebagai persyaratan pembuatan dokumen tertentu seperti misalnya pendaftaran sekolah usia dini atau pembuatan dokumen asuransi.

Selain itu terdapat dua jenis pas foto yang sangat populer yakni pas foto background merah dan pas foto background biru yang kerap kali digunakan.

Oleh karena itu di Indonesia hampir di seluruh wilayah dapat ditemui studio foto baik yang kecil maupun yang besar selalu melayani pembuatan pas foto ini.

Meskipun sudah sangat umum digunakan di Indonesia, namun pada faktanya masih banyak yang tidak mengetahui asal mula penggunaan pas foto sebagai salah satu data diri wajib pada pembuatan setiap dokumen.

Pada faktanya penggunaan pas foto sebagai salah satu dokumen kelengkapan data diri mulai diterapkan pada zaman pemerintahan Belanda di Indonesia.

Dimana zaman tersebut juga dikenal sebagai salah satu masa paling kelam dalam sejarah bangsa Indonesia.

Karena selama 350 tahun rakyat Indonesia harus bertahan dan melawan penjajahan yang terjadi selama berabad-abad.

Meskipun masa tersebut menyisakan duka mendalam dan kenangan yang kelam bagi negeri ini, namun ada segelintir dampak positif yang bisa kita rasakan saat ini seperti misalnya beberapa kata serapan serta sistem pemerintahan dan hukum.

Salah satu kata serapan dalam bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Belanda adalah pasfoto.

Mungkin masih banyak yang tidak mengetahui bahwa kata “pas” pada pas foto merupakan sebuah singkatan dari kata “ paspoort “ dalam bahasa Belanda dimana pada bahasa Indonesia memiliki arti sebagai identitas diri.

Sedangkan di dalam bahasa Inggris pasfoto seringkali disebut dengan passport photo yang juga memiliki arti sebagai identitas diri dalam bentuk foto.

Uniknya lagi pengucapan kata pasfoto sejak zaman dahulu tidak mengalami perubahan sama sekali meskipun merupakan salah satu jenis kata serapan di dalam bahasa Indonesia.

Selain keunikan tersebut penggunaan background merah atau background biru pada pasfoto Indonesia ternyata juga tak dijumpai di negara lain.

Bermacam-macam Ukuran Pasfoto

Seperti yang kita ketahui bahwa pasfoto merupakan salah satu dokumen yang sangat lekat kaitannya dengan identitas diri seseorang.

Pasfoto sendiri juga merupakan salah satu persyaratan umum yang bahkan hampir akan diperlukan diseluruh sektor kegiatan manusia mulai dari pendidikan, perlombaan, pekerjaan, hingga ajang-ajang non formal lainnya.

Oleh karena itu dapat dipastikan setiap orang akan memiliki pasfoto yang berbeda ukuran serta berbeda background yang pada umumnya terdiri dari background merah dan background biru.

Meskipun menjadi sesuatu yang sudah sangat umum di Indonesia, namun beberapa orang terkadang masih belum mengetahui beberapa macam ukuran pasfoto yang kerap kali diminta sebagai persyaratan dokumen tertentu.

Berikut beberapa ukuran pasfoto yang wajib anda ketahui, diantaranya :

  1. Ukuran pasfoto pertama adalah ukuran 2×3 yang merupakan ukuran yang paling kecil dimana akan setara dengan ukuran 2×2.7 cm. Serta penggunaan pasfoto dengan ukuran ini juga tidak terlalu banyak. Pada umumnya pasfoto dengan ukuran 2×3 akan digunakan untuk kebutuhan data diri pada dokumen tertentu seperti misalnya sertifikat perlombaan, kebutuhan data diri pada pemeriksaan laboratorium, dan pendaftaran ajang non formal.
  2. Ukuran pasfoto kedua adalah ukuran 2×3 yang setara dengan ukuran 2.2×3.0 cm dimana memiliki fungsi penggunaan berbeda dengan pas foto di awal tadi. Sebab pada umumnya ukuran pasfoto ini hanya digunakan untuk dokumen berupa KTP atau Kartu Tanda Penduduk. Oleh karena itu ukuran pasfoto dasar yang sama akan memiliki fungsi kegunaan yang berbeda ketika pengkonversian di dalam ukuran cm berbeda.
  3. Ukuran pasfoto ketiga adalah ukuran 3×4 yang merupakan ukuran dasar pasfoto yang paling sering dipergunakan oleh berbagai macam instansi baik pendidikan maupun pemerintahan. Ukuran pasfoto 3×4 ini juga akan setara dengan 2.8×3.8 apabila diubah ke dalam satuan cm. Pada umumnya pasfoto dengan ukuran ini digunakan untuk pembuatan dokumen pendidikan seperti ijazah, dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga, serta dokumen lainnya seperti Surat Pengajuan Pernikahan.
  4. Ukuran pasfoto keempat adalah ukuran 4×6 yang merupakan ukuran yang paling besar yang setara dengan 3.8×5.6 dalam ukuran cm. Biasanya dipergunakan oleh instansi formal seperti kepolisian sebagai salah satu syarat kelengkapan pembuatan dokumen Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau yang biasa dikenal dengan SKCK.
  5. Ukuran pasfoto kelima adalah ukuran 6×9 yang pada umumnya disebut sebagai ukuran foto 2R. Meskipun tidak banyak dipergunakan sebagai salah satu syarat kelengkapan dokumen formal, biasanya ukuran pasfoto 2R diperuntukan sebagai salah satu syarat pendaftaran peserta ajang non formal seperti ajang pencarian bakat.

Meskipun keseluruhan ukuran pasfoto diatas sangat dikenal dan selalu digunakan di Indonesia, namun ukuran-ukuran pasfoto tersebut masuk ke dalam kategori ukuran pasfoto yang hampir punah.

Mungkin tidak banyak yang mengetahui jika Indonesia merupakan salah satu negara yang masih menganut pengukuran lama di dalam penerbitan pasfoto karena ukuran-ukuran tersebut merupakan ukuran pasfoto yang dipergunakan pada zaman perang dunia atau di dalam bahasa Belanda dikenal dengan voor de oorlog.

Pada umumnya saat ini seluruh negara bagian Amerika Serikat dan India telah menggunakan ukuran pasfoto 5×5 cm.

Sedangkan untuk Uni Eropa, Australia, dan Inggris sudah menggunakan ukuran pasfoto 3.5×4.5 cm.

Pada faktanya ukuran pasfoto 4×6 saat ini hanya digunakan oleh tiga negara di dunia yakni Indonesia, Kirgistan, dan Yunani.

Sedangkan ukuran pasfoto 2×3 hanya digunakan oleh Indonesia dan Meksiko.Dan untuk ukuran pasfoto 3×4 hanya Indonesia satu-satunya negara yang masih menggunakannya.

Selain itu pada umumnya pasfoto di negara lain di dunia menggunakan background warna abu-abu yang dipergunakan untuk keseluruhan persyaratan dokumen penting.

Sedangkan Indonesia menggunakan dua warna sebagai background pasfoto yakni background merah dan background biru.

Salah satu hal yang menyebabkan Indonesia khususnya masih menggunakan ukuran pasfoto lama karena pada umumnya pada instansi pemerintahan masih dibutuhkan adanya perbedaan akan status sosial.

Tak dapat dipungkiri jika pada beberapa negara maju lainnya identitas diri yang tergambar pada pasfoto hanya memfokuskan pada daerah wajah saja tanpa sampai pada daerah atas tubuh.

Sedangkan di Indonesia sendiri salah satu ukuran pasfoto yang masih banyak digunakan adalah ukuran 3×4.

Dimana ukuran tersebut sangat umum dipergunakan pada instansi pemerintahan. Pada ukuran pasfoto tersebut tentunya tidak hanya bagian wajah saja yang akan terlihat namun juga bagian atas tubuh.

Sehingga masyarakat Indonesia merasa lebih nyaman demikian karena dengan menggunakan pakaian yang rapi dan formal saat pembuatan pasfoto dirasa dapat menunjang kesegaran wajah.

Selanjutnya di dalam hal background dimana Indonesia menggunakan dua background warna utama yakni background biru dan background merah serta ada background tambahan yakni hitam putih.

Penggunaan latar belakang pasfoto berwarna merah dan biru pada faktanya didasari peraturan pembuatan Kartu Tanda Penduduk.

Dimana jika penduduk memiliki tahun kelahiran genap maka ia diwajibkan untuk menyerahkan pasfoto dengan latar belakang warna biru sebagai persyaratan pembuatan Kartu Tanda Penduduk.

Sedangkan bagi penduduk yang memiliki tahun kelahiran ganjil maka ia diwajibkan untuk menyerahkan pasfoto dengan latar belakang warna merah.

Hal tersebutlah yang mendasari penggunaan latar belakang warna merah dan biru pada pasfoto di Indonesia.

Aplikasi Pengeditan Backgorund Pasfoto

Mungkin sebagian besar masyarakat akan menggunakan jasa foto studio untuk membuat pasfoto atau hanya sekedar mengedit background warna pada soft file pasfoto yang dimiliki.

Namun ternyata dengan perkembangan yang pesat pada dunia teknologi, hal tersebut membaa dampak positif.

Salah satu manfaatnya adalah saat ini sudah banyak sekali tersedia berbagai macam aplikasi atau software personal computer yang dapat kita pergunakan untuk sekedar mengedit atau merubah latar belakang warna pada pasfoto yang kita miliki.

Oleh karena itu sebelum mengetahui bagaimana cara mudah untuk membuat background merah dan background biru pada pasfoto.

Ada baiknya jika anda mengetahui beberapa aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan latar belakang warna pada pasfoto.

Berikut beberapa aplikasi yang dapat dengan mudah dan gratis anda manfaatkan :

  1. Aplikasi pertama yang dapat anda manfaatkan adalah PixBuilder Studio merupakan salah satu aplikasi foto yang memang saat ini makin bayak digunakan. Sebab aplikasi ini tidak hanya berguna untuk mengedit foto saja seperti sekedar menambahkan warna pada bagian latar belakang foto, memperbesar atau memperkecil ukuran foto, dan lain-lain. Namun aplikasi ini juga mampu untuk mengedit gambar pada foto yang kita miliki agar memiliki resolusi yang lebih baik. Sehingga nantinya bagian wajah dan detail lain pada pasfoto akan terlihat lebih jelas. Meskipun keunggulan dan kegunaannya sangat menarik, untuk mendapatkan aplikasi ini anda harus melakukan pembelian agar dapat menggunakan semua fitur desain dan edit yang tersedia di dalamnya.
  2. Aplikasi kedua yang dapat anda manfaatkan adalah Lightroom yang merupakan salah satu aplikasi edit foto yang memang banyak dipergunakan meskipun kalangan profesional lebih memilih menggunakan aplikasi lain. Sebab pada dasarnya aplikasi ini memiliki perbedaan alat atau tools di dalamnya dalam hal pengeditan foto sehingga kerapkali penggunaannya dirasa lebih sulit dibandingkan dengan aplikasi yang lain. Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa aplikasi ini juga dapat bermanfaat untuk memberikan warna pada bagian latar belakang pasfoto. Selain itu aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur menarik lainnya seperti menambahkan tulisan, efek foto, dan juga frame atau bingkai foto.
  3. Aplikasi ketiga yang dapat anda manfaatkan adalah Photo Pos Pro dimana aplikasi ini memiliki keunggulan tersendiri yang tidak banyak dimiliki oleh aplikasi edit foto lainnya. Sebab anda bisa langsung mengedit foto yang anda miliki pada website resmi aplikasi photo pos pro. Sehingga anda tidak perlu mendownload dan menginstal aplikasi ini pada personal computer Fitur-fitur edit foto pada aplikasi ini juga sangat lengkap dimana anda bisa memperhalus detail gambar pada foto anda.
  4. Aplikasi keempat yang dapat anda manfaatkan adalah PhotoScape yang merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak diminati baik oleh kalangan pemula maupun kalangan profesional. Sebab salah satu hal yang sangat disukai dari aplikasi ini adalah penggunaan fitur-fitur edit foto yang terbilang sangat mudah dan sederhana. Selain itu anda juga tetap bisa menggunakan beberapa fitur penting dalam hal pengeditan foto seperti penambahan warna latar belakang, pengaturan ukuran foto, dan penambahan bingkai foto, tetap dapat anda pergunakan meskipun anda tidak sepenuhnya melakukan pembelian aplikasi ini.
  5. Aplikasi kelima yang dapat anda manafaatkan adalah Adobe Photoshop yang sampai saat ini masih mempertahankan gelarnya sebagai aplikasi pengeditan foto yang paling disukai dan paling banyak digunakan terutama oleh kalangan profesional. Namun pada faktanya aplikasi ini juga dipergunakan oleh beberapa sekolah sebagai salah satu media untuk mengajarkan materi pada pembelajaran mengenai teknologi. Meskipun banyak dipergunakan oleh kalangan profesional, aplikasi ini juga bisa digunakan oleh pemula sebab fitur-fitur pengeditannya sangat mudah untuk dipahami. Pada artikel kali ini juga akan dibahas mengenai cara membuat latar belakang warna pada pasfoto dengan menggunakan aplikasi ini karena pada umumnya bisa didownload dan diinstal secara gratis.

Membuat Latar Belakang Warna Pada Pasfoto

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pembuatan background biru dan background merah pada pasfoto dengan menggunakan aplikasi Adobe PhotoShop dengan beberapa langkah mudah sebagai berikut :

1. Membuat foto lebih realistis

Merupakan tahapan pertama di dalam penambahan warna pada bagian latar belakang foto.

Tahapan ini bertujuan agar foto nantinya tidak terlihat tumpang tindih dengan background warna yang ditambahkan.

Cara memperhalus visual foto sangatlah mudah dimana anda hanya perlu klik Menu Select lalu piluh feature Smooth.

Kemudian akan muncul kolom Smooth Selection dimana anda perlu mengisikan angka 2 sampai dengan 4 sesuai dengan keinginan anda pada kolom Sample Radius.

Kemudian tahapan selanjutnya adalah memperhalus detail pada foto anda dimana anda hanya perlu mengklik Menu Select lalu pilih feature Feather.

Kemudian akan muncul kolom Feather Selection dimana anda hanya perlu mengisikan angka 1 sampai dengan 1.5 sesuai dengan kebutuhan anda pada kolom Feather Radius.

2. Membuat background pasfoto

Sangatlah mudah dimana anda hanya perlu menekan kombinasi tombol CTRL + D yang berfungsi untuk menghilangkan garis putus-putus disekeliling foto anda setelah background dasar foto dihilangkan atau dihapus dengan menekan tombol Delete pada keyboard anda.

Tahapan pertama di dalam membuat background warna pada foto adalah terlebih dahulu anda harus menduplikat layer pada foto.

Langkah pertama yaitu klik kanan Layer 0 pada jendela panel di kanan layar anda kemudian pilih menu Duplicate Layer.

Sehingga nantinya akan terbentuk layer tambahan dengan nama Layer Copy 0. Kemudian langkah selanjutnya adalah anda perlu untuk mengubah layer yang aktif yang akan ditambahkan warna latar belakang menjadi Layer 0.

Selanjutnya klik menu Tool Box maka akan muncul berbagai macam feature pengeditan dasar foto.

Lalu pilih menu Color Picker dimana selanjutnya akan muncul tab Background Color. Sampai pada tahap ini anda hanya perlu memilih warna sesuai dengan kebutuhan anda, apakah background merah atau background biru yang akan anda gunakan.

Kemudian anda hanya perlu menekan tombol kombinasi CTRL+ D agar warna latar yang anda pilih bisa terpasang pada foto.

Dengan demikian artikel mengenai cara membuat background merah dan background biru pada pasfoto yang anda miliki.

Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba.