Jika dahulu apabila kita ingin memantau kinerja dari blog ktia perlu memasang kode dari Google Analytics pada themes WordPress. Namun sekarang ini Anda sudah ga perlu lagi pasang kode Google Analytics di WordPress Anda. Kok begitu?

Alasannya sederhana, karena apabila Anda memasang kode Google Analytics pada themes WordPress dan bukan pada child themes. Terkadang ketika themes tersebut di update seringkali skrip atau kode dari Google Analytics hilang/terhapus.

Mungkin untuk menyiasati itu Anda bisa memasangnya melalui widget, panel yang terdapat dari themes, atau Anda juga memasangnya pada child themes. Tetapi sepertinya kegiatan copy-paste tersebut sudah bisa Anda hentikan.

Cara yang paling mudah dalam hal konfigurasinya yaitu menggunakan bantuan dari CloudFlare. Anda hanya perlu mengaktifkan Apps dari CloudFlare untuk Google Analytics. Masukan kode akun Google Analytics Anda saja di sana.

Dan tada… Anda tidak perlu repot-repot edit skrip yang terdapat di themes WordPress Anda. Mudah kan? Bagi yang belum punya akun cloudflare, Anda dapat mendaftarkan diri pada halaman berikut.

Cara lainnya Anda dapat menggunakan beberapa plugin untuk Google Analytics, keunggulan dari cara di atas yaitu Anda tidak perlu melakukan instalasi plugin apapun pada wordpress. Sehingga masalah plugin tidak compatible dengan WordPress terbaru bisa dihindari.

Beberapa plugin terkenal untuk Google Analytics, yaitu Google Analytics Dashboard for WP dan Google Analytics by Yoast.