Gagal Registrasi Kartu Prabayar Karena E-ktp Tidak Sesuai dengan Data Kependudukan

Sudah coba daftar kartu prabayar namun sering mendapatkan pesan error seperti berikut ini “Maaf. Data yang Anda masukkan tidak sesuai dgn Data Kependudukan. Pastikan data yg Anda masukkkan benar (sesuai eKTP dan Kartu Keluarga). Silahkan coba lagi”. 

Pesan di atas mungkin akan anda terima saat anda gagal registrasi kartu prabayar Telkomsel, XL, Indosat, dan Tri karena eKTP yang bermasalah. Sebelumnya kita sudah membahas cara mendaftarkan kartu prabayar di artikel tips registrasi kartu simcard.

Sebelum proses registrasi kartu simcard, ada tahapan yang perlu anda lakukan, yaitu memperbaiki data eKTP anda terlebih dahulu. Umumnya eKTP yang bermasalah adalah eKTP yang baru seperti saat anda membuat Kartu Keluarga baru, sedangkan bagi pengguna eKTP lama umumnya lancar-lancar saja saat proses registrasi kartu prabayar.

Nah untuk memperbaiki eKTP ini anda harus menghubungi pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Proses perbaikan data eKTP ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Anda tidak perlu datang ke kantor dukcapil untuk memperbaiki data anda. Cukup lakukan langkah di bawah ini saja.

Cara Memperbaiki Data eKTP untuk Registrasi Sim Card yang Gagal

Cara Memperbaiki Data eKTP untuk Registrasi Sim Card yang Gagal

Registrasi kartu prabayar bisa saja gagal karena hal sepele, seperti anda salah memasukkan nomor (typo) Kartu Keluarga maupun nomor Kartu Tanda Penduduk saat SMS ke 4444. Jika semua sudah sesuai tetapi tetap tidak bisa.

Maka anda bisa lakukan hal berikut ini untuk memperbaiki ketidaksinkronan data KTP dan KK ke Dukcapil.

  1. Kontak Dukcapil melalui email berikut ini [email protected]
  2. Selain itu bisa juga menghubungi Dukcapil melalui pesan SMS atau Whatsapp ke 08118005373 dengan format sebagai berikut ini: #NIK #Nama_Lengkap #Nomor_Kartu_Keluarga #Nomor_Telp #Keluhan.
  3. Tim dukcapil akan melakukan investigasi dan perbaikan database terkait ketidaksinkronan data KTP dan KK anda.
  4. Setelah perbaikan usai, anda akan mendapatkan pemberitahuan dari Tim Dukcapil.
  5. Setelah itu anda bisa melakukan proses pendaftaran ulang kartu Prabayar telkomsel, xl, indosat dan tri anda kembali.