Tips Melindungi Gambar di WhatsApp dengan “Gembok”

Lagi mau ke toilet, ninggalin hp sebentar di kosan temen atau di sekolah. Langsung seperti semut yang mengerubungi gula. Pasukan pengintip chat orang pada bergentayangan, ya anak-anak iseng yang kurang kerjaan.

Saking kurang kerjaannya, obrolan-obrolan di aplikasi chat dibaca-bacain. Hadeh. Kadang ada aja kan teman yang kurang kerjaan seperti itu? Ada lagi yang bilangnya mau minta pulsa buat sms, ujung-ujungnya baca chat orang.

Baca juga: Ini Dia yang Harus Orangtua Lakukan Jika Memiliki Anak Seorang Hacker Cilik

Sebagian dari Anda mungkin ada yang pernah bernasib sama dengan saya. Tidak hanya pesan di whatsapp, ada juga yang iseng buka-bukain foto di galeri smartphone.

Mungkin Anda yang hobi selfie, baru bangun tidur masih ada belekan terus ambil hp, lalu jpreet. Foto muka sendiri, sambil bilang dalam hati, “duh gue ganteng juga ya baru bangun”.

Atau foto-foto konyol teman-teman geng Anda, kadang kekoplakan mereka dalam menjaili salah satu sahabat Anda. Mereka share di grup whatsapp, mending kalau sahabat yang difoto di sana, lah kalau Anda sendiri gimana?

Baca juga: Simpan Banyak Password Pakai LastPass Aja

Terus ada orang lain yang melihat? Malu lah ya. Jangan-jangan reputasi Anda sebagai jomblo berkualitas bisa turun kasta menjadi jomblo ngenes. Ya suram kalau udah kayak gitu.

Kali ini saya akan membahas dan memberikan solusi agar para “mahluk kepo” tadi, tidak bisa melihat gambar di whatsapp atau pesan-pesan yang ada di dalam aplikasi tersebut.

Tips Menjaga Privasi Gambar di WhatsApp dan Aplikasi-aplikasi Tertentu dengan “Sebuah Kunci” Tambahan:

1. Unduh dan Pasang Aplikasi yang Bernama 360 Security

Unduh dan pasang aplikasi 360 Security Antivirus di ponsel pintar android Anda via sinyal.co.id

Unduh dan pasang aplikasi 360 Security Antivirus di ponsel pintar android Anda via sinyal.co.id

Aplikasi 360 security antivirus merupakan aplikasi populer yang paling banyak digunakan untuk melindungi ponsel pintar Android dari virus dan malware. Aplikasi ini gratisan tapi dengan fitur premium.

Beberapa aplikasi antivirus menjual secara terpisah antara aplikasi pembersih cache, aplikasi optimasi memory, aplikasi untuk mengunci apps tertentu, dan aplikasi find my phone (ketika ponsel pintar Anda hilang atau dicuri).

Baca juga: Cara Mudah Hacking Ponsel Pintar Fingerprint Sensor dengan Sebuah Printer Inkjet

Jika Anda menggunakan aplikasi 360 security, beberapa fitur di atas sudah include. Anda tidak perlu lagi memasang aplikasi-aplikasi yang saya sebutkan di atas. Tinggal pergunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah Anda berhasil mengunduh dan memasang aplikasi tersebut pada ponsel pintar android Anda. Seperti yang Anda lihat pada gambar, klik menu setting> AppLock>  Buat Sandi Pola/Kode PIN> Lalu pilih aplikasi yang ingin dikunci, yaitu Gallery dan WhatsApp.

2. Gunakan Aplikasi Applock untuk Mengunci Aplikasi Tertentu yang Anda Butuhkan

Gunakan Aplikasi AppLock untuk mengamankan gambar di whatsapp dan aplikasi tertentu via Google Playstore

Gunakan Aplikasi AppLock untuk mengamankan gambar di whatsapp dan aplikasi tertentu via Google Playstore

Aplikasi berikutnya yang dapat membantu Anda untuk mengamankan gambar di whatsapp atau aplikasi-aplikasi lainnya yang tidak ingin orang lain dapat mengaksesnya, yaitu dengan menggunakan aplikasi AppLock.

Setelah proses pemasangan aplikasi pada ponsel pintar android Anda telah dilakukan, beberapa settingan perlu dilakukan di awal, yaitu memasukan sandi password dan alamat email untuk recovery password ketika Anda lupa sandi.

Tahap selanjutnya yaitu Anda perlu menandai Gallery dan WhatsApp atau aplikasi lainnya yang ingin Anda kunci menggunakan AppLock. Secara otomatis, jika ada orang lain yang ingin membuka aplikasi yang Anda kunci, ia perlu memasukan password. Dan tadaa… Ciye ga bisa buka-buka galeri orang lain lagi.  👿  😆

3. Kunci Layar Android Anda Melalui “Aplikasi Bawaan”

Manfaatkan fitur dasar yang ada di posel pintar Android, yaitu Lock Screen

Manfaatkan fitur dasar yang ada di posel pintar Android, yaitu Lock Screen

Jika Anda tidak menginginkan pemasangan dua aplikasi di atas, mungkin Anda dapat memanfaatkan fitur dasar yang tersemat pada ponsel pintar Android Anda, yaitu fitur lock screen.

Cara mengaktifkan fitur ini cukup mudah, yaitu klik settings> device> Lock screen> Screen Lock> Pilih apakah menggunakan pattern, kode PIN, atau password. Level tertinggi untuk mengamankan, yaitu berdasarkan urutan dari terendah ke tertinggi: swipe (tidak ada keamanan), pattern (terendah), PIN (menengah), dan password (tertinggi).

Jangan lupa setting agar dalam waktu tertentu ponsel pintar Anda mengunci secara otomatis melalui settingan pada lock automatically. Saran saya, jangan di bawah satu menit, jangan pula di atas lima menit. Settingan ini akan bekerja dalam hitungan detik/menit yang kita telah setting sebelumnya pada saat layar “mati”.

Beberapa tulisan menarik yang mungkin Anda suka:

  1. Pindahkan Media WhatsApp Ke SDCard
  2. Mengambil nomor 3 three yang hilang
  3. Cara Kirim SMS di Android Melalui PC
  4. Cara Mengetahui Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) Melalui Search Engline Google
  5. Bagaimana Cara Unprotect Worksheet Excel yang di Password

Apakah tulisan di atas bermanfaat untuk Anda? Bantu sebarkan informasi yang bermanfaat pada tulisan yang telah Anda baca ini melalui sosial media seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path.

Tidak ingin ketinggalan tulisan terbaru dari Situstarget.com? Daftarkan alamat email dan nama lengkap Anda melalui kotak berlangganan artikel di bawah tulisan ini.

Setiap minggunya kami akan mengirimkan tulisan terbaru dari tim kami, ke alamat email yang telah Anda daftarkan sebelumnya secara cuma-cuma.