Bagi kamu yang ingin memiliki email dengan nama domain sendiri. Jika dahulu kita masih bisa menggunakan Live atau Googel Apps. Sekarang kedua layanan tersebut sudah berbayar. Bisakah pakai custom email untuk domain yang gratis? Anda memiliki dua opsi yaitu menggunakan email yang terdapat pada hosting Anda biasanya sudah terdapat di Cpanel hosting Anda.

Atau Anda menggunakan layanan email dari Zoho Mail. Zoho Mail secara fitur mirip dengan Live Custom Email dan Google Apps versi dulu yang masih gratis. Layanan Zoho Mail gratis custom email domain 5GB. Jadi ada dua versi yaitu versi gratis dan berbayar. Alamat website zoho dapat diakses melalui www.zoho.com. Layanan Zoho tidak hanya untuk kegiatan email saja tetapi mencakup juga Sales & Marketing, Help Desk, Finance, Human Resources, Business Process, dan Email & Collaboration.

Namun pada artikel kali ini kita tidak membahas semua layanan yang disediakan oleh Zoho. Kita hanya akan membahas pada Email & Collaboration saja. Adapun dari versi gratis dan berbayar dibedakan dari segi fitur dan layanannya dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini:

Layanan gratis dan berbayar dari Zoho Mail

Layanan gratis dan berbayar dari Zoho Mail

Untuk menggunakan layanan email ini cukup sederhana sekali. Jika Anda sudah memiliki domain maka ketika proses pendaftaran yang perlu Anda lakukan adalah memverifikasi kepemilikan domain Anda. Jika sudah berhasil memverifikasi maka tahap selanjutnya adalah mengarahkan mx record domain Anda ke mx record milik Zoho Mail. Sejauh ini dibandingkan dengan Google Apps dan Live Custom Email memang tidak sebaik mereka berdua.

Namun layanan ini gratis dan Anda tidak perlu membayar apapun Anda bisa mendapatkan 5GB/user. Itu lumayan! Hehe. Klo dari tampilan emailnya jika sudah login dan masuk ke halaman kotak masuk Email jika Anda adalah pengguna layanan dari Google, Yahoo, MSN, dan seterusnya maka akan sedikit kurang familiar. Email provider yang saya sebutkan tadi untuk tampilannya lebih mudah pengoperasiannya dibandingkan Zoho.

Terlepas dari segi kekurangan pada tampilan. Menurut saya layanan email dari Zoho Mail ini cukup bagus untuk dijadikan custom email untuk domain yang Anda miliki. Alasan mengapa saya memilih membedakan server yang dipakai email dan hosting. Karena ketika misalnya server dari hosting bermasalah, maka jalur komunikasi tidak terhambat. Tapi gimana klo server email zoho yang bermasalah? Itu nasib. 😛 namanya juga gratisan hehe. 😀 Tapi sejauh ini saya tidak memiliki masalah yang cukup besar selama menggunakan layanan dari Zoho. Bagaimana menurut Anda?