Dua plugin yang telah saya sebutkan di atas merupakan plugin security terbaik untuk menjaga Wordpress dan yang paling banyak memiliki angka download dan rate tertinggi dari pengguna Wordpress.

Sebenarnya untuk mengamankan WordPress itu sendiri lebih baik kita gunakan iThemes Security atau Wordfence Security? Untuk menjawabnya saya punya saran sederhana untuk Anda.

Apabila Anda menggunakan versi gratis dari kedua plugin tersebut. Apabila pertanyaan tersebut ditanyakan kepada saya. Maka saran saya, yaitu gunakan iThemes Security untuk melakukan proteksi yang sifatnya preventif.

Dan selanjutnya Anda bisa menggunakan Wordfence Security apabila sebelumnya WordPress Anda terkena hack. Wordfence Security akan melakukan scanning terhadap script codes yang berbahaya bagi WordPress Anda kedepan.

Keduanya sama-sama baik, akan tetapi menurut saya dalam pemakaiannya bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan WordPress Anda saat ini. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda setuju dengan pendapat saya? Atau Anda memiliki pendapat yang lain?

Tentunya pengamanan dengan menggunakan plugin tambahan seperti iThemes Security dan Wordfence menjadi percuma apabila Anda salah memilih tempat hosting. Baca tulisan saya tentang antara hosting murah atau murahan.

Kombinasi antara pengamanan menggunakan plugin dan dengan menggunakan penyedia layanan hosting terbaik akan membuat WordPress Anda semakin aman. Mohon kirimkan pendapat Anda di kotak komentar di bawah artikel ini ya.

Jangan lupa untuk backup Wordpress Anda secara rutin. Anda bisa menggunakan komputer awan seperti Dropbox untuk Backup WordPress Anda.